Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Cara Mencari Contoh Skripsi dengan Bing AI dan Model Perintahnya

Kompas.com - 19/07/2023, 16:15 WIB
Zulfikar Hardiansyah

Penulis

KOMPAS.com - Skripsi atau karya ilmiah akhir pada pendidikan sarjana terdiri dari beberapa proses, salah satunya, misal pada tahap awal, pengguna bakal mencari contoh skripsi yang sudah dikerjakan oleh peneliti terdahulu.

Contoh skripsi atau skripsi terdahulu biasanya dipakai sebagai sumber inspirasi untuk menyusun skripsi. Lewat skripsi terdahulu, pengguna bisa mengetahui pola penelitian yang perlu dilakukan dalam skripsinya.

Baca juga: 9 Hal yang Bisa Dilakukan dengan Bing AI, Termasuk Bikin Gambar dari Teks

Untuk bisa mengakses contoh skripsi, cara yang cukup umum dilakukan adalah dengan mengunjungi perpustakaan dan mencari skripsi-skripsi terdahulu yang memiliki beberapa kesamaan dengan skripsi yang hendak dikerjakan.

Kesamaan itu seperti teori yang digunakan, pola masalah yang diteliti, metode penelitian yang dipakai, dan masih banyak lagi. Dengan melihat contoh skripsi, pengguna bisa terbantu untuk menjalankan penelitian.

Selain dengan mengunjungi perpustakaan, pengguna sejatinya juga bisa mencari contoh skripsi dengan berbagai cara, misalnya menggunakan bantuan dari Bing AI atau biasa disebut juga Bing Chat.

Untuk diketahui, Bing Chat atau Bing AI adalah program chatbot Artificial Intelligence (AI) berbasis Language Model buatan Microsoft. Bing AI punya kemampuan untuk menanggapi berbagai pertanyaan dan perintah pengguna.

Selain itu, lantaran terintegrasi dengan search engine Bing, program chatbot AI ini juga bisa berfungsi sebagai mesin pencari. Bing AI dapat mengolah informasi terkini dari website yang tersedia di internet.

Dengan kemampuan itu, pengguna bisa meminta Bing AI buat mencari contoh skripsi dengan konteks tertentu yang tersedia di internet. Lantas, bagaimana cara menggunakan Bing AI untuk mencari contoh skripsi?

Cara menggunakan Bing AI untuk mencari contoh skripsi itu cukup mudah. Pengguna hanya perlu memasukkan perintah dan Bing AI bakal otomatis menyajikan contoh skripsinya. Bila tertarik menggunakannya, berikut adalah cara mencari contoh skripsi dengan Bing AI.

Cara mencari contoh skripsi dengan Bing AI

  • Buka aplikasi Microsoft Edge terbaru di desktop dan pastikan telah login akun.
  • Klik ikon Bing yang terdapat di pojok kanan atas halaman aplikasi Microsoft Edge.
  • Setelah itu, bakal muncul jendela interaksi dengan Bing AI.
  • Pada jendela tersebut, pilih opsi “Chat”.
  • Ketik teks perintah atau prompt pada Bing AI untuk mencari contoh skripsi yang sesuai dengan keinginan.
  • Setelah itu, kirim prompt tersebut dan tunggu beberapa saat hingga Bing AI menyajikan beberapa contoh skripsi terkait.
  • Bing AI bakal menyertakan pula tautan dokumen contoh skripsi tersebut. Pengguna bisa membuka dokumen contoh skripsi lewat tautan itu.

Ilustrasi cara mencari contoh skripis dengan Bing AI.KOMPAS.com/Zulfikar Hardiansyah Ilustrasi cara mencari contoh skripis dengan Bing AI.

Cukup mudah bukan cara mencari contoh skripsi dengan Bing AI? Perlu diketahui, untuk bisa menghasilkan tanggapan yang tepat, pengguna perlu memasukan prompt Bing AI dengan jelas dan detail.

Prompt yang detail bakal mempermudah Bing AI mencerna perintah. Adapun beberapa model atau contoh prompt Bing AI yang bisa dipakai buat mencari contoh skripsi adalah sebagai berikut.

Prompt Bing AI buat mencari contoh skripsi

  • Sajikan beberapa contoh skripsi yang membahas tentang “ABCD”. Skripsi tersebut harus bisa dibuka secara gratis.
  • Tolong carikan beberapa contoh skripsi untuk jurusan “A” yang membahas mengenai “ABCD” dan bisa dibuka secara publik.
  • Sajikan beberapa contoh skripsi keluaran lima tahun terakhir untuk jurusan “A” dengan topik seputar “ABCD” dan bisa diakses secara publik.

Itulah beberapa contoh prompt Bing AI yang dapat dipakai buat mencari contoh skripsi
Contoh prompt Bing AI tersebut tak harus diikuti sama persis. Pengguna bisa menyusun kata-kata prompt Bing AI sendiri, asalkan perintahnya jelas dan detail.

Dengan Bing AI, proses pencarian contoh skripsi bisa menjadi lebih mudah. Akan tetapi, meski lebih mudah, Bing AI sejatinya masih punya keterbatasan dalam menjawab.

Penting dicatat, Bing AI masih memiliki potensi menyajikan jawaban atau tanggapan yang kurang akurat. Oleh karena itu, pengguna sebaiknya tidak langsung menerima begitu saja informasi yang disajikan Bing Chat.

Baca juga: Cara Menggunakan Bing AI di HP dan Laptop buat Jawab Aneka Pertanyaan

Pengguna hendaknya senantiasa melakukan verifikasi berulang pada informasi yang disajikan Bing AI. Demikianlah penjelasan mengenai cara mencari contoh skripsi dengan Bing AI, semoga bermanfaat.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com