Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Telkomsel One Meluncur, IndiHome dan Orbit "Tidak ke Mana-mana"

Kompas.com - 21/07/2023, 20:33 WIB
Bill Clinten,
Yudha Pratomo

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Telkomsel resmi meluncurkan produk Fixed Mobile Convergence (FMC) Telkomsel One pada Jumat (21/7/2023).

Sederhananya, Telkomsel One merupakan paket bundling internet fixed broadband IndiHome dengan internet seluler Telkomsel dalam satu tagihan.

Seperti diketahui, Telkomsel sendiri saat ini memiliki layanan internet bervariasi seperti IndiHome dan Orbit. Lantas, dengan hadirnya Telkomsel One ini bagaimana nasib layanan internet tersebut?

Dedi Suherman, Vice President Home Broadband and FMC Consumer Marketing Telkomsel mengatakan bahwa layanan internet IndiHome biasa yang terpisah dengan Telkomsel One masih akan berjalan seperti normal. Pelanggan pun tidak ditinggalkan atau dialihkan ke Telkomsel One.

Baca juga: Telkomsel Luncurkan Telkomsel One, Internet Rumah IndiHome dan Seluler dalam Satu Paket

Dedi Suherman, Vice President Home Broadband and FMC Consumer Marketing Telkomsel, di sela acara peluncuran Telkomsel One di Beach City International Stadium, Ancol, Jakarta Utara, Jumat (21/7/2023).KOMPAS.com/Bill Clinten Dedi Suherman, Vice President Home Broadband and FMC Consumer Marketing Telkomsel, di sela acara peluncuran Telkomsel One di Beach City International Stadium, Ancol, Jakarta Utara, Jumat (21/7/2023).

"IndiHome tidak ke mana-mana. Sebab, IndiHome merupakan layanan terbaik untuk fixed broadband di Indonesia, sehingga layanan ini tetap ada seperti biasa," kata Dedi kepada KompasTekno di sela acara peluncuran Telkomsel One di Beach City International Stadium, Ancol, Jakarta Utara, Jumat (21/7/2023).

Pelanggan IndiHome korporat dan indvidu tidak berubah

Dengan kata lain, pelanggan IndiHome, baik itu korporat atau individual (rumahan) tak perlu khawatir dengan adanya Telkomsel One.

Pasalnya, Telkomsel One hanya merupakan paket bundling saja yang lahir dari peleburan IndiHome dengan Telkomsel per 1 Juli 2023 lalu, bukan menggantikan IndiHome.

Sama dengan IndiHome, Dedi juga mengatakan bahwa pengguna yang memakai layanan internet Orbit juga tak peru khawatir.

"Orbit juga tidak ke mana-mana atau dihilangkan. Pasalnya layanan ini digunakan untuk melebarkan portofolio produk layanan internet kami, jadi tidak IndiHome dan Telkomsel seluler 'reguler' saja," imbuh Dedi.

Dedi melanjutkan bahwa Orbit sendiri sejatinya merupakan layanan internet Telkomsel yang unik. Sebab, produk ini bisa menggabungkan segmentasi pasar pelanggan internet fixed dan mobile broadband.

Baca juga: Daftar Harga Telkomsel One, Paket Internet IndiHome dan HP Sekaligus

"Bahkan dengan adanya Telkomsel One, modem Orbit bisa jadi backup jika internet IndiHome pelanggan error. Sehingga, koneksi internet akan tetap berjalan tanpa ada kata internet putus," jelas Dedi.

Namun untuk menikmati benefit ini, pelanggan harus membeli paket internet Telkomsel One tertentu yang dilabeli dengan "Internet Pasti".

Adapun paket Telkomsel One yang berlabel ini adalah paket Telkomsel One Dynamic 1 Gbps dengan banderol Rp 1,5 juta, dan Dynamic 2 Gbps dengan banderol Rp 2,5 juta.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com