Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Intip Spesifikasi Xiaomi Redmi 12, Masuk Indonesia 1 Agustus

Kompas.com - 26/07/2023, 16:00 WIB
Mikhaangelo Fabialdi Nurhapy,
Reska K. Nistanto

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Xiaomi akhirnya telah mengumumkan tanggal peluncuran ponsel entry-level terbarunya, Redmi 12.

Smartphone ini dikonfirmasi bakal menyambangi pasar Tanah Air pada 1 Agustus nanti, setelah sebelumnya mengantongi sertifikasi Tingkat Komponen Dalam Negeri (TKDN) Kementerian Perindustrian (Kemenperin).

Xiaomi belum mengumbar spesifikasi lengkap Redmi 12 beserta harganya. Namun menjanjikan spesifikasi yang "naik level.

"Redmi 12 akan menghadirkan sejumlah fitur yang 'naik level' di kelasnya, seperti desain premium, kamera tajam, chipset tangguh, layar berkualitas, hingga kapasitas RAM dan memori internal besar," tulis Xiaomi dalam keterangan yang diterima KompasTekno, Rabu (26/7/2023).

Baca juga: Cara Mengatasi HP Xiaomi Stuck di Logo Terus Menerus

"Dengan kombinasi rangkaian fitur dan harga yang agresif, Redmi 12 membawa pengalaman 'naik level' untuk para pengguna," imbuhnya.

Namun Xiaomi sebenarnya telah merilis Redmi 12 di Thailand pada Juni lalu. Menilik spesifikasinya, perangkat ini mengandalkan fitur kamera utama 50 MP dengan bukaan f/1.8.

Kamera tersebut ditemani oleh kamera ultrawide 8 MP (f/2.2) dengan bidang pandang 120 derajat dan lensa makro 2 MP (f/2.40).

Ketiga kamera diposisikan secara zig-zag ala iPhone 11, dan dibenamkan langsung ke cangkang ponsel, tanpa disertai modul kamera. Ada pula LED flash yang membantu pencahayaan di malam hari atau kondisi minim cahaya.

Sementara itu, kamera selfie Redmi 12 memiliki resolusi 8 MP (f/2.1). Kamera ini diletakkan dalam lubang (punch hole) di tengah atas layar smartphone.

Bicara soal layar, HP ini memiliki layar LCD 6,79 inci dengan resolusi Full HD Plus (2.460 x 1.080 piksel). Layar ini juga mendukung refresh rate hingga 90 Hz, tingkat kecerahan (brightness) maksimum 550 nits, dan kerapatan piksel 396 PPI.

Baca juga: Xiaomi Redmi 12 Resmi dengan Kamera 50 MP, Segera Masuk Indonesia

Untuk jeroan, Redmi 12 mengandalkan SoC MediaTek Helio G88 dengan fabrikasi 12 nm. Chipset ini mencakup dua unit CPU Cortex-A75 (clockspeed 2 GHz) dan enam CPU Cortex-A55 (clockspeed 1.8 GHz). Sementara itu, unit pengolah grafis (GPU) yang digunakan adalah Mali-G52 MC2.

Chipset besutan MediaTek tersebut kemudian dipadukan dengan tiga opsi kombinasi RAM dan media penyimpanan (storage), yakni 4/128 GB, 8/128 GB, dan 8/256 GB.

Baterai Xiaomi Redmi 12 yang disertakan berkapasitas 5.000 mAh dengan dukungan pengisian cepat (fast charging) berdaya 18 Watt.

Beralih ke software, Redmi 12 menjalankan sistem operasi (OS) Android 13 yang dipoles dengan tampilan antarmuka (UI) MIUI 14.

Fitur pendukung lainnya mencakup pemindai sidik jari (fingerprint) samping (side-mounted), pemindai wajah (face unlock) berteknologi AI, slot kartu SIM, microSD, Bluetooth 5.3, Wi-Fi 2,5 GHz, radio FM, konektivitas 4G, jack audio 3,5 mm, dan sertifikasi tahan air dan debu IP53.

Di Thailand, Redmi 12 dapat dibeli dalam varian warna Midnight Black, Sky Blue, dan Polar Silver. Ponsel ini pun dibanderol seharga 5.299 baht (sekitar Rp 2,3 juta) untuk varian 8/128 GB.

Tidak diketahui apakah spesifikasi Redmi 12 di Indonesia akan sama dengan di Thailand. Oleh karena itu, mari kita tunggu saja informasi selanjutnya pada 1 Agustus.

Pada tanggal tersebut, Xiaomi juga akan memperkenalkan produk AIoT wearables (Artificial Intelligence Internet of Things) baru. Adapun AIoT wearables merujuk pada produk elektronik yang mengandalkan kecerdasan buatan, seperti smartwatch dan smartband.

Selain itu, Xiaomi bakal menghadirkan produk lainnya pada Agustus, meski mereka tidak merincikan produk apa yang dimaksud.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com