Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Harga Samsung Galaxy Z Fold 5 di Indonesia Semua Model

Kompas.com - 26/07/2023, 18:15 WIB
Bill Clinten,
Yudha Pratomo

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Samsung resmi memperkenalkan ponsel lipat terbarunya, salah satunya adalah Galaxy Z Fold 5 dalam ajang "Galaxy Unpacked" di Seoul, Korea Selatan pada Rabu (26/7/2023), pukul 18.00 WIB.

Seperti namanya, ponsel ini merupakan penerus dari Galaxy Z Fold 4 yang sudah dirilis lebih dulu pada Agustus 2022 lalu. Sebagai suksesor, Galaxy Z Fold 5 tentunya hadir dengan sejumlah peningkatan.

Salah satu fitur unggulan yang ditonjolkan adalah mengadopsi konstruksi engsel yang berbeda dibanding sebelumnya. Desain engsel yang baru ini diklaim lebih rata sehingga saat Samsung Z Fold 5 dalam kondisi terlipat.

Perubahan engsel ini juga membuat perangkat lebih ringan dan juga ringkas. Samsung Galaxy Z Fold 5 memiliki bobot 10 gram lebih ringan, dari 263 gram menjadi 253 gram. Adapun ketebalannya turun dari 15,8 mm menjadi 13,4 mm dalam kondisi terlipat.

Baca juga: Bikin Video Liburan Sinematik Pakai Samsung Galaxy S23 Ultra 5G, Ini 5 Tipnya

Nah, di Indonesia, Samsung Z Fold 5 akan hadir dalam beberapa varian RAM dan media penyimpanan (storage). Varian terendah Galaxy Z Fold adalah 12 GB/256 GB, dan varian ini dijual dengan harga Rp 25 juta. 

Untuk varian warna, Galaxy Z Fold 5 tersedia dalam warna Icy Blue, Phantom Black, dan Cream. Tambahan warna yang tersedia di pemesanan online adalah Blue dan Grey. Untuk banderol harganya, berikut adalah rinciannya.

Harga Samsung Galaxy Z Fold 5 di Indonesia

  • Samsung Galaxy Z Fold 5 (12 GB/256 GB): Rp 25 juta
  • Samsung Galaxy Z Fold 5 (12 GB/512 GB): Rp 27 juta
  • Samsung Galaxy Z Fold 5 (12 GB/1 TB): Rp 30 juta

Pengguna yang tertarik meminang Galaxy Z Fold 5 sudah bisa melakukan pemesanan di ajang pre-order yang sudah dibuka per hari ini melalui laman resmi Samsung Indonesia. Keran pre-order ini akan dibuka hingga 17 Agustus 2023 mendatang. 

Sejumlah benefit yang bakal diterima di ajang pre-order ini adalah benefit gratis penggantian screen protector selama dua tahun, mendapatkan Galaxy Z Fold 5 dengan storage yang lebih besar (dua kali lipat) dari pilihan awal, dan masih banyak lagi.

Ada pula cashback hingga Rp 1 juta, serta cicilan nol persen selama 36 bulan untuk seluruh mitra bank Samsung. 

Spesifikasi Samsung Galaxy Z Fold 5 di Indonesia

Perbedaan modul kamera belakang Galaxy Z Fold 4 (kiri) dan Galaxy Z Fold 5 (kanan)KOMPAS.com/Caroline Saskia Tanoto Perbedaan modul kamera belakang Galaxy Z Fold 4 (kiri) dan Galaxy Z Fold 5 (kanan)

Samsung Galaxy Z Fold 5 mengusung panel Dynamic AMOLED 2x seluas 7,6 inci dengan resolusi layar QXGA Plus (2.716x1.812 piksel) untuk layar utama. Perangkat memiliki tingkat kerapatan piksel 374 PPI, refresh rate 120 Hz, dan tingkat kecerahan maksimal 1.750 nits.

Sementara itu, layar depannya sebesar 6,2 inci dan dibekali panel yang sama dengan layar utama. Resolusi yang ditawarkan adalah HD Plus (2.315x904 piksel) dengan refresh rate 120 Hz, dan tingkat kerapatan layar 402 PPI.

Pada aspek performa, Galaxy Z Fold 5 ditenagai dengan chipset khusus dari Qualcomm untuk Samsung, yaitu Snapdragon 8 Gen 2 for Galaxy, sama seperti chipset yang ada di Galaxy S23 Series. 

Beralih ke sektor kamera, Samsung Z Fold 5 dilengkapi konfigurasi yang masih serupa dengan pendahulunya. Pada bagian belakang, terdapat tiga kamera yang bisa dipakai pengguna.

Ketiga kamera ini masing-masing memiliki sensor 50 MP (f/1.8) sebagai kamera utama dan sudah mendukung mode Nightography, kamera telefoto 10 MP (f/2.4) dengan zoom optik 3x dan zoom detail sebanyak tiga kali, dan kamera ultra wide 12 MP (f/2.2).

Baca juga: Samsung Galaxy S21 FE 5G, Smartphone Premium Harga Terjangkau

Kemudian, untuk kamera selfie yang terletak pada layar utama dan layar cover screen perangkat, Galaxy Z Fold 4 mengusung resousi kamera yang sama dengan pendahulunya, yakni 4 MP (f/1.8) di bagian layar dalam dan 10 MP (f/2.2) untuk layar depan.

Kapasitas baterai Galaxy Z Fold 5 masih sama dengan pendahulunya. yakni kompak ditopang baterai berkapasitas 4.400mAh dan mendukung pengisian daya cepat (fast charging) 25 watt.

Di sektor software, Samsung Galaxy Z Fold 5 menjalankan sistem operasi Android 13 yang dipoles dengan tampilan antarmuka OneUI 5.1.1.

Ponsel lipat ini sudah mendukung jaringan 5G, Wi-Fi 6E, Bluetooth 5.3, mengantongi sertifikasi tahan air dan debu (IPX8), port USB-C, slot nano-SIM, dan pemindai sidik jari yang teintegrasi dengan tombol daya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com