Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Update Threads Permudah Lihat Posting-an Akun yang Di-follow

Kompas.com - 26/07/2023, 12:01 WIB
Reska K. Nistanto

Editor

KOMPAS.com - Di tengah Twitter yang berubah identitasnya menjadi X, platform pesaingnya, Threads terus berbenah diri dengan merilis fitur-fitur baru yang semakin mirip Twitter, agar pengguna betah.

Fitur-fitur baru Threads di atas dikonfirmasi oleh CEO Meta, Mark Zuckerberg melalui broadcast-nya di akun Instagram pribadinya, sembari menjanjikan banyak fitur lagi yang akan hadir.

"Threads mulai meluncurkan opsi menampilkan feed secara kronologis dari orang yang Anda ikuti, dan menambahkan terjemahan juga. Lebih banyak lagi yang akan datang!" kata Zuckerberg di saluran Instagram.

Baca juga: Threads Kehilangan Separuh Pengguna Harian sejak Pertama Dirilis

Update Threads kali ini memberikan fitur yang banyak diminta, dan diharapkan bisa menarik pengguna beralih dari Twitter, atau kini yang bernama X.

Misalnya, Threads di Android kini menampilkan aliran postingan (feed) secara kronologis. Fitur ini hadir dalam tab For You di halaman utama aplikasi.

Selain itu, Threads juga kini menampilkan postingan-postingan dari akun yang di-follow, dengan fitur tab Following yang baru, juga bagi pengguna Android.

Update lain, Threads kini juga menyediakan fitur terjemahan (translation) untuk setiap postingan di timeline.

Ketiga fitur tersebut di atas sudah lama ada di Twitter, dan banyak diminta oleh pengguna baru Threads, terlebih algoritma yang menampilkan postingan dari akun-akun yang di-follow saja.

Sementara Adam Mosseri selaku CEO Instagram, mengumumkan fitur kemudahan lain dalam update ini, seperti filter notifikasi di Activity, tombol Follow yang lebih mudah untuk follow back, dan cara mudah menyetujui permintaan follow jika akun pengguna adalah privat.

Fitur baru Threads itu baru tersedia di Android. Belum diketahui kapan pengguna Threads di iOS mendapatkan fitur serupa.

Meta meluncurkan pesaing Twitter, Threads pada 5 Juli 2023. Platform ini bertujuan untuk memungkinkan pengguna berbagi update dalam bentuk teks dan bergabung dalam percakapan publik.

Pengguna Threads dapat memposting hingga 500 karakter, dan menyertakan tautan, foto, dan video hingga 5 menit.

Baca juga: Pengguna Aktif Mingguan Threads Seperlima Twitter

Threads mengalami pertumbuhan yang fenomenal, menarik lebih dari 100 juta pengguna dalam waktu satu bulan setelah diluncurkan.

Keberhasilan ini dapat dikaitkan dengan platform yang terhubung dengan Instagram, sehingga memudahkan pengguna untuk mendaftar melalui ID Instagram mereka.

Namun, dikutip KompasTekno dari Trusted Reviews, Rabu (26/6/2023), euforia awal dan ketertarikan terhadap platform baru ini telah memudar, mengakibatkan penurunan tajam dalam penggunaan harian hingga 70 persen.

Dengan fitur baru yang semakin mirip Twitter ini, Threads berharap penggunanya semakin betah berlama-lama berinteraksi di platformnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com