Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Tidak Ada Lagi Burung Biru, Logo Aplikasi Twitter Android Berubah Jadi X

Kompas.com - 28/07/2023, 09:58 WIB
Lely Maulida,
Yudha Pratomo

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Logo baru Twitter, yaitu X, mulai terlihat di aplikasi Twitter versi Android. Tidak hanya logo, nama aplikasinya juga berubah, dari Twitter menjadi hanya X.

Perubahan ini akan terlihat saat pengguna melakukan pembaruan aplikasi Twitter. Bila pengguna mengatur setiap aplikasi diperbarui otomatis, maka logo aplikasi Twitter versi mobile juga akan berubah otomatis.

Ketika aplikasi itu dibuka, pengguna akan mendapati laman tunggu (loading screen) berlatar hitam dengan huruf X berkelir putih di tengahnya. Tampilan utama Twitter mobile juga dihias dengan logo baru X, tepat di tengah atas.

Di Play Store, nama Twitter juga sudah berubah menjadi X. Kendati begitu, aplikasi ini masih akan muncul teratas bila pengguna mencari aplikasi dengan kata kunci "Twitter". Aplikasi ini juga akan muncul bila dicari dengan kata kunci "X" saja, meskipun tidak berada di daftar teratas.

Baca juga: Sempat Terblokir, Situs X.com Twitter Kini Bisa Diakses dari Indonesia

Pantauan KompasTekno, Jumat (28/7/2023) perubahan itu baru terlihat di Twitter mobile Android. Adapun di iOS, logonya masih berupa burung biru. Twitter versi iOS juga belum mendapat pembaruan.

Perubahan di Twitter versi Android ini menandai keberlanjutan transisi logo burung biru yang selama ini melekat di Twitter ke X.

Pemilik Twitter, Elon Musk belum lama ini memang mengubah logo perusahaan dari semula burung biru alias Larry Bird menjadi X. Perubahan ini awalnya diterapkan di gambar profil perusahaan di Twitter pada Senin, (24/7/2023).

Seiring waktu, semua logo burung biru khas Twitter itu diganti jadi X, termasuk di Twitter versi web. Situs Twitter juga kini bisa diakses dari X.com, sebagai alternatif Twitter.com.

Perubahan logo Twitter sendiri merupakan tindak lanjut dari keputusan Musk mengubah nama perusahaan dari Twitter inc menjadi X Corp pada Oktober 2022 atau setelah ia membeli Twitter seharga 44 miliar dollar (Rp 643 triliun).

Nama X Corp kini bisa dilihat ketika pengguna menginstal aplikasi Twitter di toko aplikasi Google Play Store atau Apple App Store.

Logo X di kantor pusat Twitter

Selain di aplikasi dan situsnya, elemen logo burung biru Twitter juga tampaknya bakal dipasang di kantor pusat perusahaan.

Twitter diketahui berkantor pusat di 1355 Market Street di San Francisco, California, Amerika Serikat. Di depan kantor itu terpampang papan nama "Twitter" lengkap dengan logo Larry Bird.

Pada 25 Juli 2023, tanda "Twitter" itu dipereteli dan dicopot dari dinding kantor pusat dengan melibatkan truk crane dan penutupan jalan di sekitar gedung. Namun, proses pencabutan belum selesai, kantor pusat Twitter keburu didatangi oleh polisi.

Mulanya, Twitter disebut tidak mengantongi izin untuk menutup jalan dan menggunakan truk crane. Alhasil, saat itu, baru sebagian huruf Twitter yang dicabut.

Belakangan, pihak kepolisian San Francisco mengonfirmasi bahwa penghentian pencopotan papan nama Twitter dikarenakan kesalahpahaman.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com