Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

[POPULER TEKNO] - Sempat Diblokir, Situs X.com Twitter Kini Sudah Bisa Diakses di Indonesia | Samsung Galaxy Z Fold 5 Edisi Nusantara Langsung Ludes Terjual

Kompas.com - 28/07/2023, 07:00 WIB
Wahyunanda Kusuma Pertiwi

Penulis

KOMPAS.com - Selain mengubah logo menjadi "X", Twitter juga membuat alamat situs baru untuk mengakses halaman depan. Alamat situs tersebut adalah x.com, menggantikan URL twitter.com.

Akan tetapi, alamat X.com sempat tidak bisa diakses di Indonesia beberapa waktu lalu. Kini, alamat tersebut sudah bisa diakses secara normal. Berita ini menjadi salah satu berita teknologi populer di KompasTekno.

Artikel lain yang juga menarik perhatian adalah soal Facebook yang masih populer, meski sudah mulai ditinggal Gen-Z. Dalam laporan keuangan terbaru, Meta, induk perusahaan Facebook, WhatsApp, dan Instagram, sesumbar bahwa pengguna aktif bulanan Facebook kini mencapai 3 miliar.

Berita lain yang juga populer adalah Samsung Galaxy Z Fold 5 yang tersedia dalam edisi khusus Nusantara. Tak butuh waktu lama, Samsung Z Fold 5 edisi Nusantara, langsung ludes terjual.

Selengkapnya, berikut rangkuman berita teknologi terpopuler di KompasTekno.

Baca juga: [POPULER TEKNO] - Harga Samsung Galaxy Z Fold 5 dan Flip 5, Sudah Bisa Dipesan di Indonesia | Akun Resmi Twitter Kini Jadi @X

Situs X.com Twitter sudah bisa diakses di Indonesia

Setelah sempat diblokir, domain X.com kini bisa diakses dari Indonesia. URL X.com dijadikan alamat alternatif Twitter sejak awal pekan ini. Hal ini merupakan bagian dari langkah rebranding Twitter menjadi serba "X".

Pantauan KompasTekno pada Kamis (27/7/2023), ketika mengakses X.com lewat WiFi dan internet seluler (mobile), pengguna akan otomatis dialihkan (redirect) menuju halaman depan Twitter, baik ke halaman login atau timeline.

Sebelumnya, domain X.com tidak bisa langsung diakses oleh warga Twitter di Tanah Air. Pengguna internet di Indonesia yang mengakses X.com di browser dialihkan ke jendela "Not secure" (tidak aman) dan "This site can't be reached" (situs ini tidak bisa dijangkau).

Ketika mengakses link X.com lewat internet mobilet, pengguna dibawa ke jendela internet positif yang artinya link X.com diblokir oleh pemerintah.

Selengkapnya bisa disimak di artikel "Sempat Terblokir, Situs X.com Twitter Kini Bisa Diakses dari Indonesia".

Jumlah pengguna Facebook tembus 3 miliar

Facebook kini memiliki tiga miliar pengguna aktif. Setidaknya begitu menurut laporan keuangan terbaru Meta, perusahaan induk Facebook hingga Instagram untuk kuartal II-2023.

Selain pengguna aktif bulanan, jumlah pengguna aktif harian Facebook juga bertambah dari 2,037 miliar menjadi 2,064 miliar. Jumlah itu terbilang mengejutkan karena popularitas Facebook di antara kalangan muda menurun.

Hal ini didasarkan pada sebuah studi yang dilakukan Pew Research Center di Amerika Serikat (AS) pada tahun 2022. Menurut studi tersebut, hanya 32 persen remaja AS berusia 13-17 tahun yang memakai Facebook.

Angka ini menurun tajam dibanding survei yang dilakukan tahun 2014-2015 yang menghasilkan persentase penggunaan Facebook di kalangan remaja sampai 71 persen.

Laporan selengkapnya bisa disimak di artikel "Jumlah Pengguna Facebook Tembus 3 Miliar walau Ditinggal Gen Z".

Halaman Berikutnya
Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com