Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pengguna Twitter Blue Kini Bisa Download Video Lebih Mudah

Kompas.com - 27/07/2023, 10:00 WIB
Lely Maulida,
Wahyunanda Kusuma Pertiwi

Tim Redaksi

Sumber The Verge

KOMPAS.com - Twitter menambahkan benefit baru bagi pengguna yang berlangganan Twitter berbayar alias Twitter Blue, yang kini berganti menjadi XBlue atau Blue Subscription.

Kini pengguna Twitter Blue bisa mengunduh (download) video dengan lebih mudah. Dukungan ini diumumkan perusahaan melalui situs web Pusat Bantuan Twitter berjudul "Cara berbagi dan menonton video di Twitter".

"Pengguna terverifikasi bisa mengunduh video dari Tweet tertentu untuk dilihat secara offline, atau untuk berkreasi dan menggabungkan ulang video itu dan membuat konten baru," demikian keterangan Twitter di situs resminya.

Menurut keterangan perusahaan, pengguna bisa mengunduh semua video baru yang ada di Twitter Blue. Kecuali, pengunggah video mengatur agar videonya tidak bisa diunduh oleh pengguna Twitter Blue yang lain.

Baca juga: Akun Resmi @Twitter Tidak Ada Lagi, Kini Jadi @X

Dukungan unduh video menjadi benefit tambahan bagi pelanggan Twitter Blue dibanding pengguna Twitter gratisan. Pasalnya, semula Twitter tak menyediakan opsi download video bagi pengguna Twitter Blue. Alternatifnya yaitu dengan memakai layanan pihak ketiga.

Nah, dengan hadirnya dukungan unduh video, pengguna Twitter Blue bisa lebih mudah men-download konten yang ada di mikroblog itu tanpa perlu layanan pihak ketiga.

Perlu dicatat bahwa dukungan unduh video berlaku untuk pengguna berusia 18 tahun ke atas. Jadi, pengguna yang memiliki akun Twitter dan berusia di bawah 18 tahun tidak akan kebagian fitur unduh video, meskipun ia memakai Twitter Blue.

Selain itu, video yang bisa diunduh adalah video yang diposting setelah dukungan download video dirilis Twitter, atau setelah 25 Juli 2023. Singkatnya, video sebelum tanggal tersebut tidak bisa diunduh atau disimpan untuk ditonton ulang secara offline.

Sejauh ini belum ada batasan berapa video atau ukuran video yang bisa diunduh pengguna, sebagaimana dihimpun KompasTekno dari The Verge, Kamis (27/7/2023). Twitter sendiri mengizinkan pengguna Twitter Blue untuk mengunggah video berdurasi dua jam dan sampai ukuran 8 GB.

Baca juga: Siasat Elon Musk “Paksa” Pengguna Langganan Twitter Blue...

Kelebihan Twitter Blue dibanding Twitter gratisan

Selain unduh video dan unggah video berdurasi panjang, Twitter Blue juga menawarkan benefit lainnya antara lain melihat lebih banyak postingan twit, akses TweetDeck, bikin twit panjang dan akunnya lebih aman.

  • Bisa "nulis cerpen"

Twitter memungkinkan pengguna Twitter Blue untuk mengirimkan cuitan yang lebih panjang. Twit yang dikirimkan maksimal sepanjang 25.000 karakter dari sebelumnya 10.000 karakter.

Jumlah karakter yang ditingkatkan memungkinkan pengguna Twitter Blue menulis cerita pendek (cerpen) dalam satu unggahan. Sementara itu, pengguna reguler hanya dimungkinkan “ngetwit” sebanyak 280 karakter saja.

Selain itu, Twitter Blue juga memungkinkan pengguna menambah efek tulisan yang ditebalkan (bold) atau dimiringkan (italic). Jadi, bentuk tulisan yang diunggah bisa lebih bervariasi, ada efek penekanan juga dibanding sebelumnya.

  • Upload video 2 jam

Pada Maret lalu, pengguna yang berlangganan Twitter Blue dapat mengunggah video berdurasi 120 menit atau 2 jam dengan maksimal ukuran file 8 GB (gigabyte). Penambahan durasi tersebut naik dua kali lipat, sedangkan ukuran file videonya naik empat kali lipat.

Sebelumnya, pengguna Twitter hanya dapat mengunggah video berdurasi 60 menit (1 jam) dengan file berukuran 2 GB. Video berdurasi lebih panjang ini dianggap dapat membantu kreator yang gemar membuat podcast (siniar), film indie, dan sebagainya untuk memamerkan karya mereka di Twitter.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com