Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

6 Kelebihan Samsung Galaxy Z Flip 5 Dibanding Z Flip 4, Salah Satunya Lebih Rapat

Kompas.com - 29/07/2023, 11:00 WIB
Galuh Putri Riyanto,
Yudha Pratomo

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Samsung Galaxy Z Flip 5 meluncur global pada Rabu (26/7/2023). Ponsel ini merupakan suksesor dari Galaxy Z Flip 4 yang dirilis tahun lalu.

Sebagai model terbaru, Samsung Z Flip 5 membawa peningkatan di berbagai aspek dari pendahulunya. Seperti layar cover screen, engsel baru, bodi lebih ringkas, serta chipset mumpuni.

Berikut ini KompasTekno rangkumkan enam peningkatan Samsung Galaxy Z Flip 5 dibandingkan Galaxy Z Flip 4.

1. Desain baru, cover screen lebih besar

(Kiri-kanan) Perbandingan ukuran layar sekunder Samsung Galaxy Z Flip 4 dengan Galaxy Z Flip 5KOMPAS.com/Caroline Saskia Tanoto (Kiri-kanan) Perbandingan ukuran layar sekunder Samsung Galaxy Z Flip 4 dengan Galaxy Z Flip 5
Salah satu peningkatan besar-besaran yang dibawa Samsung Z Flip 5 adalah di bagian layar sekunder alias cover screen yang kini berukuran 3,4 inci.

Layar cover screen Samsung Z Flip 5 lebih besar 1,5 inci dibandingkan cover screen Samsung Z Flip 4 yang berukuran 1,9 inci.

Baca juga: Cara Pre-order Samsung Z Flip 5 dan Z Fold 5, Berikut Harga serta Bonusnya

Dengan ukuran 3,9 inci, cover screen Samsung Galaxy Z Flip 5 menempati hampir setengah bagian belakang ponsel ketika dalam keadaan terlipat.

Selain ukuran yang makin besar, Samsung juga merombak penyusunan kamera belakangnya. Di Galaxy Z Flip 4, dua kamera belakang serta lampu flash LED di susun vertikal ke bawah.

Sekarang, dua kamera belakang dan lampu flash LED pada Galaxy Z Flip 5 disusun secara horizontal.

2. Cover screen bisa buka Netflix, Google Maps, dll

Layar sekunder Galaxy Z Flip 5 yang dapat dipakai untuk membalas pesan teks ataupun WhatsAppSamsung Indonesia Layar sekunder Galaxy Z Flip 5 yang dapat dipakai untuk membalas pesan teks ataupun WhatsApp
Dengan ukuran yang besar, kemampuan cover screen Samsung Z Flip 5 juga meningkat.

Kini, pengguna bisa menonton film di Netflix, membuka peta di Google Maps, hingga membalas pesan WhatsApp, serta menelepon langsung dari cover screen. Hal ini tidak bisa dilakukan pada cover screen Galaxy Z Flip 4.

Fungsi cover screen yang sudah ada sebelumnya juga tetap dipertahankan. Misalnya, membuka widget kalendar, cuaca, mengakses kamera untuk foto dan video, dan lainnya.

3. Aksesori casing dengan kartu ajaib

Aksesoris baru Galaxy Z Flip 5 bernama Flip Suitcase yang dapat dipersonalisasi sesuai selera penggunaKOMPAS.com/Caroline Saskia Tanoto Aksesoris baru Galaxy Z Flip 5 bernama Flip Suitcase yang dapat dipersonalisasi sesuai selera pengguna
Terobosan lain yang dibawa Samsung untuk meningkatkan desain Galaxy Z Flip 5 adalah menghadirkan casing Flipsuit Case.

Aksesori Flipsuit Case berisi satu casing bening atau clear case yang mendukung NFC dan sebuah kartu khusus bernama Suit Card.

Ketika Suit Card itu disisipkan ke dalam clear case, layar sekunder Samsung Z Flip 5 bakal berubah menampilkan foto latar (wallpaper) di lock screen yang sesuai dengan tema kartu tersebut.

Misalnya, seperti gambar di atas, Suit Card bertema siluet anggota grup band BTS disertai tulisan “Dynamite” dimasukkan ke dalam clear case.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com