Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

5 Cara Cek Nomor Telkomsel Sendiri yang Lupa, Mudah dan Praktis

Kompas.com - 31/07/2023, 10:15 WIB
Zulfikar Hardiansyah

Penulis

KOMPAS.com - Pengguna atau pelanggan perlu mengetahui panduan dasar untuk mengakses beberapa layanan Telkomsel. Salah satunya seperti mengetahui cara cek nomor Telkomsel milik sendiri yang digunakan.

Cara tersebut perlu diketahui sebab cek nomor Telkomsel biasanya dibutuhkan ketika pengguna lupa komposisinya. Lupa komposisi nomor Telkomsel dapat disebabkan oleh beberapa kemungkinan.

Baca juga: Apa Itu Telkomsel One? Layanan Internet IndiHome dan Seluler dalam Satu Paket

Pengguna bisa saja lupa nomor Telkomsel miliknya sendiri karena nomor tersebut baru diaktifkan, sehingga belum sempat diingat. Kemudian, pengguna bisa lupa pula karena jarang menggunakan nomor Telkomsel terkait.

Bila sudah lupa, salah satu solusi yang bisa dilakukan adalah memeriksa nomor Telkomsel kembali. Oleh karena itu, artikel ini bakal menjelaskan mengenai cara cek nomor Telkomsel milik sendiri yang lupa.

Lantas, bagaimana cara mengetahui nomor Telkomsel sendiri? Terdapat beberapa cara cek nomor Telkomsel sendiri yang dapat dilakukan pengguna. Untuk lebih lengkapnya, berikut adalah penjelasan mengenai cara cek nomor Telkomsel.

Cara cek nomor Telkomsel

1. Cek nomor Telkomsel via kode UMB

Cara cek nomor Telkomsel sendiri yang pertama adalah melalui kode UMB. Lantas, berapa nomor cek nomor Telkomsel? Untuk cek nomor Telkomsel via kode UMB, pengguna bisa melakukan panggilan ke nomor *808# dengan cara sebagai berikut:

  • Buka aplikasi panggilan di ponsel.
  • Pada aplikasi panggilan, ketik nomor *808#.
  • Setelah itu, klik “Call/OK”.
  • Selanjutnya, bakal muncul menu yang memuat informasi mengenai nomor Telkomsel pelanggan.

Dikutip dari laman resmi Telkomsel, layanan cek nomor Telkomsel via kode UMB bakal dikenakan tarif sebesar Rp 100 setiap permintaan. Jadi, sebelum melakukan cara ini, pastikan telah memiliki pulsa yang mencukupi.

Baca juga: Ini Kelebihan Telkomsel One, Salah Satunya Teknologi Backup Koneksi Jika Error

2. Cek nomor Telkomsel via Call Center 188

Kedua, pengguna juga bisa cek nomor Telkomsel melalui layanan pelanggan atau Call Center di nomor 188. Cara cek nomor Telkomsel via Call Center 188 adalah sebagai berikut:

  • Buka aplikasi panggilan di ponsel.
  • Pada aplikasi panggilan, ketik nomor 188.
  • Setelah itu, klik “Call/Panggil”.
  • Jika sudah tersambung dengan petugas layanan pelanggan Telkomsel, silakan sampaikan permohonan untuk memeriksa nomor Telkomsel pribadi yang lupa.

Cek nomor Telkomsel lewat Call Center 188 juga bakal dikenakan biaya. Adapun biayanya adalah sebesar Rp 300 setiap pengguna berhasil terhubung dengan petugas layanan pelanggan Telkomsel.

3. Cek nomor Telkomsel dengan SMS

Cara cek nomor Telkomsel yang ketiga adalah pengguna bisa mengirim SMS ke kontak atau pengguna lain. Setelah SMS diterima kontak lain, pengguna bisa meminta informasi nomor Telkomsel miliknya. Cara ini membutuhkan biaya untuk kirim SMS.

4. Cek nomor Telkomsel via aplikasi MyTelkomsel

Bila ketiga cara di atas membutuhkan biaya tambahan, pelanggan bisa menggunakan cara lain untuk cek nomor Telkomsel secara gratis, yaitu menggunakan aplikasi MyTelkomsel. Cara cek nomor Telkomsel via aplikasi MyTelkomsel adalah sebagai berikut:

  • Buka aplikasi MyTelkomsel yang telah terinstal di ponsel. Pastikan telah login akun di aplikasi MyTelkomsel itu.
  • Setelah aplikasi terbuka, pelanggan bakal langsung bisa melihat nomor Telkomsel pribadinya.
  • Informasi nomor Telkomsel milik pelanggan bakal langsung terpampang pada halaman awal aplikasi MyTelkomsel.

Cek nomor Telkomsel via aplikasi MyTelkomsel hanya bisa dilakukan apabila pengguna telah login akun sebelumnya. Perlu diketahui, login akun pada aplikasi MyTelkomsel dilakukan dengan menggunakan nomor Telkomsel pengguna.

5. Cek nomor Telkomsel dengan missed call

Terakhir, pengguna bisa cek nomor Telkomsel miliknya yang lupa dengan cara melakukan panggilan tak terjawab atau missed call pada kontak lain. Saat panggilan sudah diterima kontak lain, pengguna bisa meminta informasi nomor Telkomsel miliknya.

Cara yang kelima ini tidak memerlukan biaya pula. Akan tetapi, untuk bisa melakukan panggilan, pengguna perlu memastikan bahwa nomor Telkomsel yang digunakan masih berada dalam masa aktif.

Baca juga: Pelanggan Lama IndiHome, Apakah Bisa Daftar Telkomsel One? Begini Penjelasannya

Cukup mudah bukan cara cek nomor Telkomsel sendiri yang lupa? Dengan cara di atas, pengguna tak perlu bingung lagi ketika lupa nomor Telkomsel sendiri. Demikianlah penjelasan mengenai cara cek nomor Telkomsel dengan mudah dan praktis.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com