Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Game "Ratchet and Clank: Rift Apart" Juga Butuh SSD di PC

Kompas.com - 31/07/2023, 18:16 WIB
Oik Yusuf,
Reska K. Nistanto

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Ketika pertama kali dirilis di PlayStation 5 pada 2020, game Ratchet and Clank: Rift Apart menjadi salah satu contoh betapa kencangnya media penyimpanan solid-state drive (SSD) di konsol game tersebut.

Rift Apart sudah dirilis di PC pada pekan lalu. Kebutuhan sistemnya terbilang relatif bersahabat, termasuk dalam urusan storage yang disebut bisa menggunakan hard disk untuk setting minimum.

Namun benarkah game ini bisa dijalankan dari hard disk di PC? Jawabannya antara "ya" dan "tidak", seperti yang ditemukan oleh Digital Foundry dalam sebuah eksperimen. Digital Foundry menjalankan Rift Apart di komputer dengan spesifikasi minimum dan hard disk PS4.

Baca juga: Festival Game Hoyo Fest 2023 Resmi Dibuka di Jakarta, Gratis!

Hasilnya, game memang bisa benar-benar berjalan, namun jauh dari mulus karena mengalami stuttering parah saat berganti level. Tampilan game pun menjadi sangat terpatah-patah dan tidak bisa dimainkan.

Ketika Digital Foundry mengunggah video hasil eksperimennya ke Twitter, James Stevenson, community chief Insomniac Games selaku pengembang seri game Ratchet and Clank, memberi tanggapan singkat.

"Seperti yang kami katakan," ujarnya, sebagaimana dihimpun KompasTekno dari IGN Southeast Asia, Senin (31/7/2023).

Sebelumnya, ketika pertama dirilis tiga tahun lalu, Insomniac sempat mengatakan bahwa Rift Apart hanya dapat terwujud dengan SSD PS5, meski klaim tersebut tidak sepenuhnya akurat karena game itu terbukti bisa berjalan lancar dengan SSD lain.

Baca juga: Diablo IV Jadi Game Blizzard dengan Penjualan Tercepat

Beda halnya dengan hard disk, yang tak sanggup memenuhi permintaan streaming data berjumlah besar dari Rift Apart sehingga berujung pada permainan yang terpatah-patah.

Perlu ditambahkan bahwa daftar kebutuhan sistem PC untuk setting yang lebih tinggi dari Rift Apart semuanya mensyaratkan SSD. Hanya setting "minimum" yang disebut bisa jalan dengan hard disk, itu pun tetap direkomendasikan agar memakai SSD saja.

Daftar kebutuhan sistem untuk semua setting di game Ratchet and Clank: Rift Apart versi PCInsomniac Games Daftar kebutuhan sistem untuk semua setting di game Ratchet and Clank: Rift Apart versi PC

Rift Apart sendiri diklaim sebagai game pertama yang dibekali teknologi DirectStrorage 1.2 dari Microsoft, sehingga memungkinkan buffering data dari hard disk, bukan hanya SSD.

Namun, hal tersebut rupanya tetap tidak bisa mengatasi masalah bottleneck akibat kecepatan hard disk yang memang sudah mentok.

Baca juga: Spesifikasi Minimum PC untuk Game Starfield, Wajib Pakai SSD

Game PC mulai menunjukkan kecenderungan mensyaratkan SSD karena jumlah data yang kian besar. Game PC pertama yang mengharuskan SSD sebagai syarat mutlak adalah Starfield. Game petualangan bertema luar angkasa ini rencananya akan dirilis pada 6 September 2023.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com