Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Final Fantasy 14 Hadir di Xbox Setelah 10 Tahun Eksklusif di PlayStation

Kompas.com - 01/08/2023, 13:02 WIB
Bill Clinten,
Yudha Pratomo

Tim Redaksi

Sumber Kotaku

KOMPAS.com - Pengembang sekaligus penerbit game Square Enix merilis game Final Fantasy 14 pada Agustus 2013 secara eksklusif di konsol PlayStation 3 (PS3). Game ini kemudian hadir di PlayStation 4 (PS4) pada April 2014.

Kini, setelah sekitar 10 tahun eksklusif di konsol PS buatan Sony, Final Fantasy 14 akan hadir di Xbox.

Hal ini disampaikan pembuat sekaligus produser game Final Fantasy 14, Naoki Yoshida, dan CEO Microsoft Gaming, Phil Spencer, dalam gelaran "Final Fantasy 14 Fan Fest 2023" yang dihelat di Las Vegas, Nevada, Amerika Serikat, pada 28-29 Juli lalu. 

Lewat ajang tersebut, Naoki dan Phil kompak mengumumkan bahwa salah satu game dari seri Final Fantasy ini akan dirilis di konsol Xbox Series X/S pada musim semi (sekitar Maret-Mei) 2024 mendatang. 

Baca juga: Microsoft Umumkan Layanan Game Pass Baru, Pengganti Xbox Live Gold

Karena dirilis di konsol generasi terbaru, game Final Fantasy 14 akan bisa dimainkan dengan pengaturan grafis 4K dan akan memiliki waktu jeda (loading) yang diklaim lebih singkat.

Tidak disebutkan secara pasti tanggal berapa sebenarnya Final Fantasy 14 meluncur. Namun yang jelas, menjelang peluncurannya, pihak Xbox berjanji akan membuka akses awal (beta) terhadap Final Fantasy 14 kepada para pemilik Xbox Series X/S. 

Akses awal terhadap game ini akan tersedia pada pembaruan (patch) konsol Xbox Series X/S versi 6.5x yang kabarnya bakal dirilis beberapa bulan sebelum Final Fantasy 14 diluncurkan ke publik. 

Jalan cerita Final Fantasy 14

Ilustrasi Final Fantasy 14.Xbox Ilustrasi Final Fantasy 14.
Sekadar informasi, Final Fantasy 14 merupakan salah satu game dari seri game populer bikinan Square Enix, Final Fantasy yang sudah populer sejak tahun 1990-an. 

Di Final Fantasy 14, pemain akan disuguhi dengan dunia luas yang bernama "Hydaelyn", dan pemain bisa menyelesaikan beragam misi serta membasmi aneka monster yang ada di dunia tersebut.

Game ini sendiri memiliki fitur online, sehingga pemain bisa beraksi bersama-sama untuk "membunuh" aneka monster-monster yang sulit untuk dibasmi, atau misi-misi yang sulit diselesaikan. 

Lewat game ini pula, pemain akan bisa mengontrol karakter yang memiliki peran dan kemampuan unik, mulai dari kemampuan bertarung, kemampuan sihir, kemampuan menyembuhkan, dan lain sebagainya. 

Nantinya, peran karakter akan saling bergantung dengan karakter lainnya dalam sebuah tim, dan strategi serta komposisi tim sangat dibutuhkan supaya pengguna dan timnya bisa membasmi monster dengan mudah. 

Di Xbox Series X/S, Final Fantasy 14 juga akan dilengkapi dengan fitur Duty Support.

Fitur ini memungkinkan pemain yang bermain sendirian akan dibantu oleh karakter-karakter yang dikontrol AI (komputer). Sehingga, pengguna akan serasa bermain game ini bersama-sama dengan orang "sungguhan". 

Baca juga: Game Final Fantasy XVI Meluncur di Indonesia, Ini Harganya

Perjalanan panjang hadir di Xbox

Ilustrasi Final Fantasy 14.Xbox Ilustrasi Final Fantasy 14.
Kehadiran Final Fantasy 14 di konsol game Xbox bisa dibilang membutuhkan perjalanan yang cukup panjang. 

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com