Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

4 Keunggulan Samsung Galaxy Z Flip 5, Cover Screen Besar dan Engsel Rapat

Kompas.com - 02/08/2023, 11:02 WIB
Bill Clinten,
Yudha Pratomo

Tim Redaksi

 

KOMPAS.com - Samsung Galaxy Z Flip 5 dirilis pada 26 Juli lalu. Samsung Z Flip 5 merupakan ponsel lipat terbaru yang hadir sebagai suksesor dari Samsung Galaxy Z Flip 4. 

Lewat generasi terbaru flip phone ini, Samsung menghadirkan sejumlah fitur anyar yang diklaim bisa membuat pengalaman menggunakan ponsel lipat menjadi lebih asyik dan nyaman.

Nah, KompasTekno kali ini akan merangkum empat fitur unggulan dan kelebihan yang membuat Samsung Galaxy Z Flip 5 lebih unik dari ponsel lipat lainnya yang ada di pasaran. Apa saja?

1. Flex Window, bisa Netflix-an di layar depan

Layar bagian luar atau cover screen di Samsung Z Flip 5 kini jauh lebih besar dari generasi sebelumnya.

Ukurannya kini adalah 3,9 inci. Karena lebih besar dan nyaris memenuhi bagian punggung ponsel ketika perangkat dilipat, maka layar ini bisa dibekali dengan fitur Flex Window.

Baca juga: Mencoba Fitur Flex Mode di Samsung Galaxy Z Flip 5 yang Cocok untuk Multitasking

Fitur ini memungkinkan pengguna membuka beragam aplikasi penting seperti Netflix, Google Maps, bahkan membalas pesan WhatsApp langsung dari cover screen.

Sebelumnya, cover screen di Galaxy Z Flip 4 hanya bisa digunakan untuk menampilkan hal-hal esensial saja, seperti notifikasi.

Selain itu, fungsi layar bagian depan yang sudah ada sebelumnya juga tentunya tetap dipertahankan di Samsung Galaxy Z Flip 5. Misalnya, membuka widget kalendar, cuaca, mengakses kamera untuk foto dan video, dan lainnya.

2. Flex Hinge untuk menutup dengan rapat sempurna

Samsung Z Flip 5 dibekali dengan sistem engsel baru yang dijuluki Flex Hinge. Berkat engsel ini, layar utama Samsung Galaxy Z Flip 5 kini dapat menutup dengan rapat sempurna ketika dilipat.

Dengan begitu tidak ada celah lagi di antara kedua sisi layar utama dalam keadaan terlipat.

Hal ini berbeda dengan desain engsel di Samsung Galaxy Z Flip 4. Ketika dilipat, Galaxy Z Flip 4 tidak rapat dan masih memiliki rongga di antara dua sisi layar utamanya.

Desain lipatan yang semakin rapat ini juga semakin meminimalisir debu atau kotoran masuk ke sela-sela layar utama saat terlipat.

Selain membuat lebih tipis, Flex Hinge yang baru ini juga berperan dalam aspek daya tahan (durability) Galaxy Z Flip 5.

Samsung mengeklaim bahwa Flex Hinge terdiri dari modul engsel terintegrasi yang memiliki struktur rel ganda. Dengan desain ini, tekanan eksternal pada engsel diharapkan dapat tersebar, tak hanya terfokus pada satu rel engsel.

Baca juga: Hasil Foto Samsung Galaxy Z Flip 5 Diklaim Meningkat meski Pakai Spek Lama, Ini Rahasianya

3. FlexCam untuk selfie

Tampilan Flex Mode dan Dual Camera di Samsung Galaxy Z Flip 5.KOMPAS.com/Caroline Saskia Tampilan Flex Mode dan Dual Camera di Samsung Galaxy Z Flip 5.
Fitur Flex Mode menjadi fitur warisan yang diturunkan dari Galaxy Z Flip 4 ke Galaxy Z Flip 5. Seperti yang diketahui, fitur ini memungkinkan pengguna mengambil gambar dan merekam video tanpa harus menggunakan tripod sebagai alat untuk mendirikan ponsel.

Halaman Berikutnya
Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com