Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Video Galaxy Z Fold 5 dan Z Flip 5 Dibanting dan Direndam Air dalam Uji Ketahanan

Kompas.com - 31/07/2023, 14:00 WIB
Bill Clinten,
Reska K. Nistanto

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Samsung resmi meluncurkan duo ponsel lipat terbarunya Galaxy Z Fold 5 dan Galaxy Z Flip 5 pada Rabu (26/7/2023) malam lalu.

Sehari setelah meluncur, tepatnya pada Kamis (27/7/2023), vendor ponsel asal Korea Selatan tersebut mengunggah video uji ketahanan kedua ponsel lipat terbarunya itu dalam kanal Youtube resmi Korea Selatan. 

Ada beberapa aspek yang diuji coba oleh Samsung, mulai dari Folding Test, Tumble Test, IPX8 Water Resistance Test, IPX4 Water Resistance Test, Environmental Chamber Test, Drop Test, S Pen Drawing Test, hingga Steel Ball Drop Test. 

Baca juga: Pakai Chip Khusus, Ini Skor Benchmark Samsung Galaxy Z Fold 5 dan Z Flip 5

Pengujian pertama adalah Folding Test. Dalam tes ini, Galaxy Z Fold 5 dan Galaxy Z Flip 5 tampak dibuka tutup berkali-kali untuk menguji ketahanan engsel (hinge) yang menjadi struktur utama dari kedua perangkat tersebut.

Samsung mengeklaim kedua ponsel lipat ini tahan dibuka tutup hingga 200.000 kali, sehingga apabila keduanya dibuka tutup sebanyak sekitar 100 kali dalam sehari, maka perangkat tetap bisa digunakan secara normal dalam waktu sekitar lima tahun.

Ilustrasi Samsung Galaxy Z Flip 5 dibanting berkali-kali dalam Tumble Test.Youtube/Samsung Ilustrasi Samsung Galaxy Z Flip 5 dibanting berkali-kali dalam Tumble Test.

Pada pengujian selanjutnya, Samsung membanting kedua ponsel lipat ini berkali-kali dalam sebuah ruangan kecil yang berputar dengan pengujian Tumble Test. Mereka juga membanting kedua ponsel lipat tersebut dari ketinggian tertentu dalam pengujian Drop Test.

Hasilnya, Galaxy Z Fold 5 dan Galaxy Z Flip 5 tampak masih bisa beroperasi dengan normal setelah menerima benturan keras, sebagai efek dari Tumble Test dan Drop Test. Tidak diperlihatkan apakah bingkai atau perangkat mengalami efek goresan alias baret atau tidak.

Pengujian lainnya, Samsung mencoba merendam dan menyemprotkan air ke dua ponsel lipat terbarunya ini. Pengujian ini dilakukan untuk membuktikan bahwa kedua perangkat tersebut tahan terhadap air. 

Baca juga: Perbandingan Spesifikasi Samsung Galaxy Z Flip 4 dan Z Flip 5

Dalam proses pengujian, bisa dilihat bahwa Galaxy Z Fold 5 dan Galaxy Z Flip 5 ternyata kuat direndam di dalam air, serta kuat menahan cipratan air dari berbagai arah. Namun perlu dicatat, kedua ponsel lipat ini tak memiliki sertifikasi ketahanan terhadap debu.

Ilustrasi Galaxy Z Fold 5 direndam di pengujian IPX8 Water Resistance Test.Youtube/Samsung Ilustrasi Galaxy Z Fold 5 direndam di pengujian IPX8 Water Resistance Test.

Di luar pengujian-pengujian di atas, samsung turut menguji kedua ponsel lipat ini dalam beberapa metode pengujian lainnya. 

Beberapa di antaranya seperti mengoperasikan perangkat di dalam ruangan dengan kondisi dan suhu ekstrem, menguji ketahanan layar dengan menjatuhkan bola besi, serta menguji responsivitas layar dengan S Pen. 

Baca juga: Cara Pre-order Samsung Z Flip 5 dan Z Fold 5, Berikut Harga serta Bonusnya

Hasilnya, Galaxy Z Fold 5 dan Galaxy Z Flip 5 tampak masih bisa beroperasi di tengah kondisi ekstrem, layar masih berfungsi ketika dijatuhi bola besi, dan layar cukup responsif ketika "digores" S Pen berkali-kali untuk menggambar beberapa garis. 

Penasaran bagaimana ketahanan kedua ponsel lipat terbaru Samsung ini diuji dalam berbagai pengujian? Video uji ketahanan kedua perangkat lipat tersebut bisa ditonton melalui tautan berikut ini

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com