Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

5 Ponsel Jadul Samsung yang Bawa Inovasi Unik

Kompas.com - Diperbarui 02/08/2023, 11:23 WIB
Caroline Saskia,
Wahyunanda Kusuma Pertiwi

Tim Redaksi

SEOUL, KOMPAS.com - Samsung menjadi salah satu produsen ponsel populer dunia saat ini. Pabrikan asal Korea Selatan ini sudah menelurkan aneka jenis ponsel sejak tahun 90-an.

Pada Selasa (25/7/2023), Samsung mengundang sejumlah awak media dari Indonesia untuk berkunjung ke Samsung Innovation Museum (SIM), berlokasi di dekat dengan Samsung Digital City, kantor pusat Samsung di Suwon, Korea Selatan.

Jurnalis KompasTekno, Caroline Saskia Tanoto yang berkesempatan hadir ke SIM pun melihat sejarah kelahiran beberapa wujud inovasi Samsung di beberapa ponsel awalnya, yang dirilis tahun 1994 hingga tahun 2000.

Baca juga: Cerita Desainer Samsung Rancang Galaxy Z Flip 5/Fold 5 dan Perubahannya

Samsung Anycall SH-770, ponsel jadul dengan desain ramping pada masanya

Tampilan dan bentuk bodi Samsung Anycall SH-770 yang meluncur pada 1994KOMPAS.com/Caroline Saskia Tanoto Tampilan dan bentuk bodi Samsung Anycall SH-770 yang meluncur pada 1994

Pada 1994, Samsung meluncurkan Anycall SH-770. Ponsel ini dirilis lima tahun setelah ponsel pertama Samsung, yakni SH-100 dirilis.

Ini juga menjadi ponsel pertama Samsung yang dijual dengan merek "Anycall". Salah satu keunggulan ponsel jadul ini adalah desainnya yang lebih ramping dan bobot lebih ringan, dibanding pendahulunya.

Perangkat ini mampu melakukan panggilan suara dengan ketinggian 1.915 meter di atas permukaan laut.

Dari keterangan yang diberikan, Samsung mengungkapkan bahwa SH-770 memiliki spesialisasi untuk melakukan panggilan di atas pegunungan, atau pengguna yang tinggal di tempat tinggi, perbukitan, dan sebagainya.

Meskipun desainnya disebut lebih "ramping" dibanding pendahulunya, ponsel ini tetap memiliki bentuk bodi yang masih tebal, persegi panjang, kokoh, dan disertai antena di sisi kanannya.

Desain ponsel lama ini juga dilengkapi dengan keyboard fisik mode T9, di mana angka 1 hingga 9 diletakkan berurutan. Terdapat pula tombol bintang (*) dan tanda pagar (tagar).

Di bagian atas nomor terdapat dua tombol bertuliskan “End” dan “Send”. sedangkan bagian bawahnya terdapat beberapa tombol perintah lainnya.

Baca juga: Samsung Targetkan Jual 15 Juta Unit Smartphone Layar Lipat Tahun Ini

1. Samsung SCH-3500, ponsel "flip" awal Samsung

Samsung SCH-3500, ponsel lipat pertamanya yang meluncur pada 1999KOMPAS.com/Caroline Saskia Tanoto Samsung SCH-3500, ponsel lipat pertamanya yang meluncur pada 1999

Pada 1999, Samsung mulai meramaikan pasar ponsel lipat, salah satunya dengan merilis Samsung SCH-3500. Namun, ponsel lipat yang dimaksud bukan seperti Samsung Z Fold atau Z Flip.

Ponsel lipat yang dimaksud memang mengadopsi model clamshell, lipatan vertikal dari atas ke bawah. Namun, model lipatan tersebut ditujukan untuk menutup bodi perangkat yang berisikan tombol angka dan huruf.

Jadi, ketika pengguna ingin melakukan panggilan atau mengirim pesan teks, harus terlebih dahulu membuka cangkang penutup ponsel. Supaya bisa memencet tombol atau melakukan panggilan.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com