Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Keyboard Gaming Keychron Lemokey L3 Sudah Bisa Dipesan, Ini Harganya

Kompas.com - 05/08/2023, 11:29 WIB
Oik Yusuf,
Reza Wahyudi

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Lemokey L3 akhirnya mulai bisa dipesan. Keyboard mekanik gaming ini ditawarkan lewat mekanisme urunan dana di Kickstarter. Tersedia beberapa paket backing yang bisa dipilih.

Pertama adalah urunan senilai 189 dollar AS (sekitar Rp 2,9 juta) dengan reward berupa satu unit keyboard Lemokey L3 barebone alias tanpa switch ataupun keycap, tapi sudah mendapatkan kabel USB C, obeng, switch dan keycap puller, serta hex key.

Baca juga: Ini Dia Lemokey L3, Keyboard Gaming Pertama Buatan Keychron

Kedua adalah urunan 209 dollar AS (sekitar Rp 3,2 juta) yang akan memberikan reward berupa unit Lemokey L3 dalam keadaan sudah terakit dengan switch Gateron Jupiter (Red, Brown, atau Banana), serta keycap PBT bertema warna hitam, biru, atau silver.

Beberapa pilihan paket backing dan warna dari keyboard Lemokey L3 di KickstarterLemokey Beberapa pilihan paket backing dan warna dari keyboard Lemokey L3 di Kickstarter
Selain itu ditawarkan juga paket lain berupa 2 unit keyboard Lemokey L3 barebone senilai 375 dollar AS (Rp 5,7 juta) dan 2 unit keyboard Lemokey L3 fully assembled senilai 415 dollar AS (Rp 6,3) juta.

Berdasarkan pantauan KompasTekno di laman Lemokey L3 di Kickstarter, Sabtu (5/8/2023), paket 1 keyboard barebone yang merupakan opsi termurah disediakan hanya sebanyak 100 unit (US layout) dan hampir habis dipesan.

Adapun Lemokey menargetkan target pengumpulan modal sebesar 50.000 dollar AS (sekitar Rp 760 juta), tapi dana yang terkumpul sudah menembus 142.000 dollar AS (Rp 2,15 miliar) hanya dalam waktu satu hari setelah membuka crowdfunding di Kickstarter.

Sesi pengumpulan dana masih berlangsung 29 hari lagi. Namun, jika dilihat dari angka pesanan dan ketersediaan unitnya, agaknya peminat harus buru-buru memesan kalau tak mau kehabisan.

Lemokey L3 menjanjikan reward keyboard akan mulai dikirim pada September 2023 apabila tidak ada kendala material ataupun produksi. Para backers akan diinfokan apabila ada sesuatu yang penting.

Keyboard gaming pertama dari Keychron

Lemokey sendiri merupakan brand gaming dari Keychron yang selama ini beken sebagai pembuat keyboard mekanik untuk mendukung produktivitas. L3 adalah produk pertama dari Lemokey.

Selayaknya keyboard gaming, Lemokey L3 dibekali dengan fitur-fitur "wajib" seperti koneksi wireless 2,4 GHz dengan lantency rendah, polling rate 1.000 Hz, serta n-key rollover (NKRO).

Lemokey L3 menggunakan layout ala keyboard TKL, tapi dengan kolom khusus di sisi kiri yang berisi rangkaian empat tombol macro dan sebuah kenop rotary encoder.

Baca juga: Cara Membersihkan Keyboard Mekanik dan Perawatannya

Struktur keyboard Keychron Lemokey L3Keychron.com Struktur keyboard Keychron Lemokey L3
Desainnya secara keseluruhan bernuansa gaming, terlihat berbeda dari papan-papan ketik Keychron lainnya

Body keyboard ini terbuat dari aluminium, dengan double-gasket dan lapisan foam peredam suara.

Switch keyboard bisa diganti-ganti karena menggunakan hot-swap socket, kemudian keycaps (Cherry) menggunakan bahan PBT double shot. Tentu saja, ada juga fitur pencahayaan RGB.

Pengguna bisa melakukan customization dan remap fungsi-fungsi tombol, termasuk macro, dengan QMK/Via configurator yang disediakan.

Lemokey L3 menawarkan tiga varian warna, yakni putih, hitam, dan biru, masing-masing datang dengan rangkaian keycaps berwarna senada.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com