Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Penyebab Battery Health iPhone Tidak Muncul atau Cuma Bertanda Strip

Kompas.com - 05/08/2023, 17:31 WIB
Zulfikar Hardiansyah

Penulis

KOMPAS.com - Pengguna kiranya perlu mengetahui penyebab battery health iPhone tidak muncul. Sebab, masalah battery health iPhone tidak muncul mengakibatkan pengguna tidak dapat mengetahui kondisi baterai.

Sebagai informasi, kesehatan baterai atau battery health iPhone adalah durasi baterai bisa dipakai dalam jangka waktu tertentu atau bisa juga dipahami sebagai kemampuan baterai menyimpan daya sebelum habis dan perlu dicas kembali.

Baca juga: 8 Cara agar Battery Health iPhone Tak Turun Drastis, Perhatikan

Battery health iPhone dapat menentukkan kapan pengguna harus mengganti atau servis komponen baterai. Tingkat battery health iPhone diindikasikan dengan persentase dari skala 0-100 persen.

Semakin tinggi persentase kesehatan baterai maka iPhone bisa dipakai dengan lama waktu yang optimal. Bila battery health masih tinggi, pengguna tak perlu cepat-cepat mengganti komponen baterai iPhone dengan yang baru.

Sebaliknya, jika persentase kesehatan baterai rendah maka iPhone bisa dengan cepat kehabisan baterai. Bahkan, iPhone dapat mati secara tiba-tiba. Bila tak mampu lagi menyimpan daya secara optimal, artinya pengguna perlu mengganti komponen baterainya.

Kesehatan baterai iPhone bisa dilihat lewat menu pengaturan. Caranya, buka menu pengaturan di iPhone. Selanjutnya, gulir ke bawah dan pilih menu pengaturan “Baterai”.
Kemudian, pilih opsi “Kesehatan Baterai”.

Pada opsi itu, pengguna bakal disajikan dengan informasi persentase kesehatan baterai iPhone atau kapasitas maksimum baterai menyimpan daya. Dengan melihat informasi itu, pengguna bisa mengetahui apakah baterai harus diganti atau masih bisa digunakan.

Akan tetapi, dalam kondisi tertentu, pengguna mungkin tidak bisa melihat persentase kesehatan baterai itu. Alhasil, seperti yang disebutkan di atas, pengguna jadi tidak bisa mengetahui kondisi baterai di iPhone.

Saat masalah battery health iPhone tidak muncul terjadi, pengguna bakal menjumpai indikatornya di menu pengaturan hanya bertanda strip (-). Contoh battery health iPhone strip itu bisa dilihat pada gambar di bawah ini.

Ilustrasi battery health iPhone strip atau tidak terdeteksi.Apple.com Ilustrasi battery health iPhone strip atau tidak terdeteksi.

Battery health iPhone strip itu bukan tanda yang normal. Kesehatan baterai iPhone di menu pengaturan semestinya diindikasikan dengan muncul tanda persentase, bukan strip seperti pada gambar di atas.

Baca juga: 7 Cara Cas iPhone yang Benar biar Battery Health Tak Turun Drastis

Dengan munculnya tanda strip, pengguna jadi tidak bisa melihat persentase battery health iPhone terkini. Pengguna mungkin bakal bingung karena battery health iPhone tidak muncul. Oleh karena itu, artikel ini bakal menjelaskan penyebab battery health iPhone tidak muncul.

Lantas, kenapa tidak bisa melihat kesehatan baterai iPhone? Untuk lebih lengkapnya, silakan simak penjelasan di bawah ini mengenai penyebab battery health iPhone tidak muncul atau cuma bertanda strip.

Penyebab battery health iPhone tidak muncul

Terdapat beberapa penyebab battery health iPhone tidak muncul. Secara umum, masalah kesehatan baterai iPhone tidak bisa dilihat muncul karena faktor komponen, perangkat, dan sistem operasi yang digunakan.

1. Baterai tidak orisinal

Penyebab battery health iPhone tidak muncul yang utama adalah iPhone menggunakan komponen baterai yang tidak orisinal dari Apple alias baterai KW. iPhone mungkin sebelumnya telah diservis dan diganti komponen baterainya.

Namun, baterai pengganti yang digunakan adalah baterai KW. Baterai asli dari Apple didesain agar bisa berfungsi dengan baik, termasuk melaporkan level pengisian daya dan kesehatan baterai pada sistem.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com