Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Cara Mengetahui Baterai iPhone Sudah Diganti atau Belum, Perhatikan

Kompas.com - 06/08/2023, 12:15 WIB
Zulfikar Hardiansyah

Penulis

KOMPAS.com - Cara mengetahui baterai iPhone sudah diganti atau belum kiranya penting dipahami oleh pengguna, terutama pengguna yang hendak membeli iPhone bekas pemakaian. Sebab, penggantian komponen termasuk baterai bisa mempengaruhi performa iPhone.

iPhone bekas harganya lebih murah ketimbang iPhone baru. Akan tetapi, kondisi iPhone bekas itu tak menentu. Pengguna perlu memeriksa dengan teliti kondisi iPhone bekas sebelum membeli, termasuk memastikan komponen baterainya masih bagus.

Baca juga: 8 Cara agar Battery Health iPhone Tak Turun Drastis, Perhatikan

Oleh karena itu, pengguna perlu memahami cara mengetahui baterai iPhone sudah diganti atau masih bawaan aslinya. Lantas, bagaimana cara mengetahui baterai iPhone sudah diganti atau belum?

Cek baterai iPhone sudah diganti atau belum itu cukup mudah. Pengguna bisa melakukan pemeriksaan kondisi baterai iPhone secara cepat. Untuk lebih lengkapnya, berikut adalah penjelasan cara mengetahui baterai iPhone sudah diganti atau belum.

Cara mengetahui baterai iPhone sudah diganti atau belum

Apple telah membekali iPhone dengan fitur yang memungkinkan pengguna untuk melihat status riwayat komponen dan servis perangkat. Fitur tersebut sudah hadir mulai iOS 15.2 dan yang lebih baru.

Lewat fitur status riwayat komponen dan servis perangkat itu, pengguna dapat mengetahui beberapa komponen iPhone telah diganti atau masih bawaan asli pabrik. Salah satu komponen iPhone yang bisa ditampilkan status kondisinya adalah baterai.

Fitur status riwayat komponen dan servis perangkat sayangnya tidak tersedia untuk semua model iPhone. Pengguna bisa cek baterai iPhone sudah diganti atau belum lewat fitur itu hanya pada model iPhone XR dan yang lebih baru.

Untuk cek baterai iPhone sudah diganti atau belum lewat fitur status riwayat komponen dan servis perangkat, caranya adalah sebagai berikut:

  • Buka menu pengaturan di iPhone.
  • Selanjutnya, pilih menu “Umum” dan klik opsi “Mengenai”.
  • Pada opsi tersebut, jika tak muncul status riwayat komponen dan servis perangkat, berarti iPhone belum pernah diservis atau belum ada komponen yang diganti, termasuk dalam hal baterainya.
  • Sebaliknya, jika muncul status riwayat komponen dan servis perangkat untuk komponen baterai, berarti baterai di iPhone terkait telah diganti.

Kemudian, bila sudah mengalami pergantian, terdapat beberapa ciri yang bisa dilihat di sistem iPhone. Adapun ciri-ciri baterai iPhone sudah diganti adalah sebagai berikut

Ciri-ciri baterai iPhone sudah diganti

1. Muncul status “Komponen Asli Apple”

Ilustrasi status Komponen Asli Apple pada komponen baterai sebagai penunjuk bahwa komponen baterai pengganti asli dari Apple.Apple.com Ilustrasi status Komponen Asli Apple pada komponen baterai sebagai penunjuk bahwa komponen baterai pengganti asli dari Apple.

Bila baterai iPhone sudah diganti, tetapi komponen penggantinya adalah asli dari Apple, maka pada status riwayat komponen dan servis perangkat di menu pengaturan bakal muncul status baterai sebagai “Komponen Asli Apple” atau “Genuine Apple Part”.

Jika status tersebut diklik, pengguna bakal bisa mengetahui juga tanggal servis atau tanggal penggantian komponen baterai. Penggantian baterai iPhone dengan komponen asli biasa dilakukan di Authorized Apple Service Provider.

Baca juga: 7 Cara Menghemat Baterai iPhone agar Tidak Cepat Habis atau Boros

2. Muncul status “Komponen Tidak Dikenal”

Ilustrasi status Komponen Tak Dikenal pada komponen baterai sebagai penunjuk bahwa komponen baterai pengganti bukan asli dari Apple.Apple.com Ilustrasi status Komponen Tak Dikenal pada komponen baterai sebagai penunjuk bahwa komponen baterai pengganti bukan asli dari Apple.

Ciri-ciri baterai iPhone sudah diganti yang berikutnya adalah muncul status baterai sebagai “Komponen Tidak Dikenal” atau “Unknown Part” pada status riwayat komponen dan servis perangkat di menu pengaturan.

Status “Komponen Tidak Dikenal” atau “Unknown Part” itu muncul untuk menunjukkan baterai iPhone sudah diganti, tetapi komponen penggantinya bukanlah asli dari Apple alias KW atau diproduksi oleh pihak ketiga.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com