Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

5 Cara Cek Nomor XL Sendiri dengan Mudah, Bisa via Kode UMB dan Aplikasi

Kompas.com - 06/08/2023, 17:07 WIB
Zulfikar Hardiansyah

Penulis

KOMPAS.com - Cek nomor XL merupakan tindakan yang bakal butuh dilakukan pengguna dalam kondisi tertentu. Dengan demikian, pengguna kiranya penting untuk mengetahui cara cek nomor Xl yang dipakai sendiri.

Cek nomor XL biasanya dibutuhkan ketika pengguna lupa komposisi nomor teleponnya sendiri. Lupa nomor XL bisa disebabkan karena beberapa kemungkinan. Misal, pengguna jarang menggunakan nomor XL itu, sehingga lupa dengan komposisinya.

Baca juga: 2 Cara Mengganti Kartu XL yang Rusak atau Hilang dengan Mudah, Bisa Offline dan Online

Kemudian, lupa nomor XL juga bisa disebabkan karena nomor tersebut merupakan nomor yang benar-benar baru dipakai, sehingga pengguna belum terlalu mengingat komposisinya. Lupa nomor XL sendiri ini bisa menjadi persoalan.

Saat lupa nomor XL sendiri, pengguna mungkin bakal kesulitan untuk mengakses layanan seperti membeli pulsa atau membeli paket internet , yang biasanya dalam metode pembelian tertentu butuh untuk mencantumkan nomor telepon.

Pada kondisi seperti itu, pengguna memerlukan tindakan cek nomor XL sendiri yang lupa. Akan tetapi, tak semua pengguna mungkin telah memahami cara cek nomor XL sendiri. Oleh karena itu, artikel ini bakal menjelaskan cara cek nomor XL sendiri.

Lantas, bagaimana cara mengecek nomor XL? Cara cek nomor XL sendiri yang lupa itu mudah. Untuk lebih lengkapnya, silakan simak penjelasan di bawah ini mengenai cara cek nomor XL sendiri yang lupa.

Cara cek nomor XL

Seperti yang disebut di atas, cek nomor XL itu mudah. Ada banyak cara cek nomor XL yang bisa dilakukan pengguna. Contohnya, pengguna bisa cek nomor XL via kode UMB, aplikasi MyXL, dan masih banyak lagi. Penjabaran masing-masing caranya adalah sebagai berikut.

1. Cek nomor XL via kode UMB

Cara cek nomor XL yang pertama dan yang cukup umum adalah dengan menghubungi kode UMB *808#. Adapun cara cek nomor XL via kode UMB *808# adalah sebagai berikut:

  • Buka aplikasi panggilan atau telepon di ponsel.
  • Pada aplikasi panggilan, ketik kode UMB *808#.
  • Selanjutnya, tekan “Call/Panggil”.
  • Jika menu layanan telah muncul, pilih menu “INFO”.
  • Kemudian, pilih menu “Info Kartu”.
  • Lalu, pilih menu “Detail Nomor XL Anda”.
  • Setelah itu, pilih menu “Cek Profil” dan “Info Nomor”.
  • Terakhir, pengguna bakal disajikan dengan menu yang memuat informasi mengenai nomor XL terkait.

Baca juga: 3 Cara Registrasi Kartu XL via Online dan Offline dengan Mudah

2. Cek nomor Xl via aplikasi MyXL

Cara cek nomor XL sendiri yang kedua adalah melalui aplikasi MyXL. Cara yang satu ini bisa dibilang sangat mudah untuk dilakukan. Pengguna bisa cek nomor XL lewat aplikasi MyXL dengan cara sebagai berikut:

  • Buka aplikasi MyXL yang telah terinstal di ponsel. Pastikan telah login akun di aplikasi MyXL itu.
  • Setelah aplikasi terbuka, pengguna bakal langsung bisa melihat nomor XL miliknya sendiri
  • Informasi nomor XL milik pengguna bakal langsung tersaji pada halaman awal aplikasi MyXL.

Meski cara ini cukup mudah, pengguna harus memastikan telah login akun sebelumnya. Login akun di aplikasi MyXL sendiri menggunakan nomor XL pengguna. Jika sudah lupa sebelum pernah login MyXL, cara ini sulit untuk dilakukan.

3. Cek nomor XL dengan menghubungi Customer Service

Ketiga, untuk cek nomor XL sendiri yang lupa, pengguna bisa menghubungi Customer Service di nomor “817” (tanpa tanda kutip). Cara cek nomor XL dengan menghubungi Customer Service adalah sebagai berikut:

  • Buka aplikasi panggilan di ponsel.
  • Ketik nomor 817
  • Lalu, tekan “Call/Panggil” untuk menghubungi Customer Service XL.
  • Setelah panggilan diterima, silakan sampaikan permohonan cek nomor XL ke petugas.

4. Cek nomor XL dengan SMS ke kontak lain

Cara cek nomor XL yang keempat adalah pengguna bisa mengirim SMS ke kontak atau pengguna lain. Setelah SMS diterima kontak lain, pengguna bisa meminta informasi nomor XL miliknya. Untuk melakukan cara ini, pengguna perlu memiliki cukup pulsa.

5. Cek nomor XL dengan missed call

Kelima, pengguna bisa cek nomor XL miliknya yang lupa dengan cara melakukan panggilan tak terjawab atau missed call pada kontak lain. Saat panggilan sudah diterima kontak lain, pengguna bisa meminta informasi nomor XL miliknya.

Baca juga: Cara Cek Umur Kartu XL dengan Mudah via Live Chat Maya

Cukup mudah bukan cara cek nomor XL sendiri yang lupa? Dengan cara di atas, pengguna tak perlu bingung lagi karena bisa cek nomor XL sendiri kapan pun dengan mudah. Itulah beberapa cara cek nomor XL sendiri yang mungkin lupa, semoga bermanfaat.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com