Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Muncul Tombol Baru “Share Screen” di Video Call WhatsApp, Apa Fungsinya?

Kompas.com - 09/08/2023, 10:30 WIB
Zulfikar Hardiansyah

Penulis

KOMPAS.com - Aplikasi WhatsApp atau biasa disingkat WA, baru saja kedatangan fitur baru. Jika dilihat di WhatsApp, pengguna bakal menjumpai tombol baru “Share Screen” saat melakukan panggilan video dengan kontak atau pengguna lain.

Untuk diketahui, sebelum tombol baru “Share Screen” itu muncul, saat melakukan panggilan video atau video call di WhatsApp, pengguna disajikan dengan empat tombol, yaitu tombol putar-balik kamera, tombol matikan kamera, tombol “Silent”, dan tombol tutup panggilan.

Baca juga: Arti “Memanggil” di WhatsApp Saat Telepon dan Bedanya dengan “Berdering”

Dengan kedatangan tombol “Share Screen”, artinya sekarang terdapat lima tombol yang tersedia saat video call di WA. Tombol baru “Share Screen” itu terletak tepat di sebelah kanan tombol putar-balik kamera. Lebih jelasnya bisa dilihat pada gambar di bawah ini.

Tampilan tombol baru Share Screen yang muncul saat video call di WA.KOMPAS.com/Zulfikar Hardiansyah Tampilan tombol baru Share Screen yang muncul saat video call di WA.

Lantas, sebenarnya apa fungsi tombol “Share Screen” yang muncul saat video call di WA? Bila penasaran ingin mengetahui lebih lanjut, berikut adalah penjelasan mengenai fungsi share screen di WA.

Fungsi share screen di WA

Tombol baru yang muncul saat video call seperti pada gambar di atas itu sejatinya merupakan realisasi dari fitur share screen di WA. Seperti namanya, fungsi share screen di WA adalah untuk membagikan layar yang tengah dibuka pengguna ke pengguna lain.

Lewat fitur share screen di WA, pengguna bisa membagikan layar atau konten yang tengah dibuka pada perangkatnya saat melakukan video call di WA. Dengan demikian, pengguna lain bakal bisa melihat pula layar atau konten yang tengah dibuka pengguna.

Fitur baru di WA ini memiliki fungsi mirip dengan fitur share screen di aplikasi telekonferensi seperti Zoom atau Google Meet, yang mana pengguna dapat membagikan konten yang dibuka dari perangkatnya ke pengguna lain.

Baca juga: Jangan Salah, Ini 9 Ciri Akun Resmi WhatsApp yang Ramai Disangka Hacker

Fitur share screen di aplikasi telekonferensi itu biasa dimanfaatkan untuk kegiatan presentasi. Hadirnya fitur share screen di WA berarti memungkinkan pula untuk dipakai presentasi secara online oleh pengguna.

Meski punya fungsi yang mirip, terdapat perbedaan pengoperasian fitur share screen di WA dengan di aplikasi telekonferensi macam Zoom atau Google Meet. Fitur share screen di WA belum bisa dipakai untuk membagikan layar hanya pada jendela yang dibuka.

Saat video call di WA, semua layar yang tengah terbuka langsung dibagikan. Pengoperasian ini berbeda dengan share screen di aplikasi telekonferensi yang memungkinkan pengguna memilih ingin membagikan semua layar atau hanya jendela yang dibuka.

Itulah penjelasan mengenai fungsi share screen di WA. Lalu, bagaimana cara share screen di WA? cara share screen di WA itu cukup mudah. Bila tertarik mencobanya, berikut adalah penjelasan mengenai cara share screen di WA.

Cara share screen di WA

  • Buat panggilan video seperti biasa, dengan mengetuk ikon video call pada kontak atau grup.
  • Setelah video call tersambung, ketuk tombol “Share Screen” yang berada tepat di sebelah kanan tombol putar-balik kamera.
  • Kemudian, pilih opsi “Start Broadcast”.
  • Selanjutnya, pengguna bakal disajikan pemberitahuan bahwa fitur share screen telah aktif.
  • Setelah itu, pengguna bisa mulai membagikan layar atau konten yang dibuka di perangkatnya pada pengguna lain.
  • Untuk mengakhiri sesi share screen, pengguna bisa memilih opsi “Stop Sharing” yang terdapat pada jendela video call WA.

Ilustrasi cara share screen di WA.KOMPAS.com/Zulfikar Hardiansyah Ilustrasi cara share screen di WA.

Ketersediaan fitur share screen di WA

Demikianlah penjelasan mengenai cara share screen di WA. Sebagai informasi tambahan, kabar mengenai kehadiran fitur share screen atau screen sharing di WA sudah berhembus sejak sekitar akhir Mei lalu.

Akan tetapi, fitur share screen baru digelontorkan ke pengguna secara umum mulai Selasa kemarin (8/8/2023), sekitar pukul 20.58 WIB. Kedatangan fitur baru ini diumumkan langsung oleh Mark Zuckerberg, CEO Meta (induk perusahaan WhatsApp).

“Kami menambahkan kemampuan untuk membagikan layar Anda selama video call di WhatsApp,” kata Zuckerberg melalui pesan siaran di Meta Channel pada layanan Direct Message Instagram, Selasa (8/8/2023).

Baca juga: Cara Membuat Nama WhatsApp Kosong atau Blank dengan Mudah

KompasTekno telah mendapatkan fitur share screen pada aplikasi WhatsApp versi 23.15.78 di iOS dan aplikasi WhatsApp versi 2.23.15.81 di Android. Jika belum mendapatkannya, kemungkinan besar fitur ini masih digelontorkan secara bertahap. Jadi, harap bersabar.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com