Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Cara Logout WhatsApp di HP yang Hilang, Penting agar Akun Tak Disalahgunakan

Kompas.com - 06/08/2023, 16:01 WIB
Zulfikar Hardiansyah

Penulis

KOMPAS.com - Pengguna perlu mengetahui cara logout WhatsApp di HP yang hilang. Kehilangan ponsel atau HP bukanlah kejadian yang diinginkan setiap pengguna. Akan tetapi, kejadian HP hilang bisa menimpa siapa saja, entah karena dicuri, jatuh, atau tertinggal.

Baca juga: Cara Membuat Nama WhatsApp Kosong atau Blank dengan Mudah

Saat HP hilang, selain rugi secara materi, data pribadi pengguna juga dapat disalahgunakan. Data pribadi itu tak terkecuali data yang terdapat pada akun WhatsApp. Orang lain tak menutup kemungkinan bisa mengakses data WhatsApp pengguna.

Untuk meminimalisir kerugian saat HP hilang, pengguna bisa melakukan upaya untuk mengamankan akun WhatsApp dari akses tak dikehendaki. Untuk mengamankan, pengguna dapat logout akun WhatsApp di HP yang hilang.

Lantas, bagaimana cara logout akun WhatsApp di HP yang hilang? Cara logout WhatsApp di HP yang hilang itu cukup mudah. Untuk berjaga-jaga, berikut adalah penjelasan mengenai cara logout WhatsApp di HP yang hilang.

Cara logout WhatsApp di HP yang hilang

Logout atau menonaktifkan akun WhatsApp di HP pada dasarnya dapat dilakukan dengan membuat kartu SIM baru dan login ulang. Adapun cara menonaktifkan WhatsApp di HP yang hilang adalah sebagai berikut:

1. Blokir nomor telepon di HP yang hilang

Dikutip dari laman resmi WhatsApp, cara menonaktifkan WhatsApp di HP yang hilang, yang pertama adalah pengguna bisa memblokir nomor telepon yang dipakai untuk daftar akun WhatsApp di HP yang hilang atau dicuri.

Baca juga: 3 Cara Membuat Foto Profil WhatsApp Kosong dengan Mudah

Memblokir atau mengunci nomor telepon bisa dilakukan dengan menghubungi operator seluler terkait. Saat diblokir, orang lain atau pencuri tidak bakal bisa melakukan verifikasi akun WhatsApp di HP yang dicuri menggunakan nomor telepon pengguna.

Perlu diketahui, verifikasi akun WhatsApp hanya bisa dilakukan ketika nomor telepon dapat dipakai untuk menerima SMS atau telepon.

2. Pakai kartu SIM baru untuk login ulang akun WhatsApp

Setelah memblokir nomor telepon di HP yang hilang, pengguna bisa menghubungi operator seluler terkait untuk membuat kartu SIM baru dengan nomor telepon yang sama. Kemudian, pengguna bisa memakai kartu SIM baru itu buat login ulang akun WhatsApp di HP lain.

Saat pengguna login akun WhatsApp di HP lain menggunakan kartu SIM baru dengan nomor telepon yang sama, akun WhatsApp di HP yang hilang tadi bakal dikeluarkan atau dinonaktifkan secara otomatis.

Jadi, pengguna bisa mendapatkan akunnya kembali dengan nomor telepon yang sama seperti di aplikasi WhatsApp pada HP yang hilang. WhatsApp hanya bisa diaktifkan dengan satu nomor telepon pada satu perangkat dalam satu waktu.

Baca juga: Cara Kirim Pesan Kosong di WhatsApp dengan Mudah buat Iseng ke Teman

Cukup mudah bukan cara menonaktifkan WhatsApp di HP yang hilang? Cara di atas dapat meminimalisir kerugian saat HP hilang seperti akun WhatsApp yang disalahgunakan. Demikianlah penjelasan cara logout WhatsApp di HP yang hilang, semoga bermanfaat.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com