Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ciri-ciri Akun TikTok yang Terkena Shadow Banned dan Cara Mengatasinya

Kompas.com - 14/08/2023, 17:15 WIB
Soffya Ranti

Penulis

KOMPAS.com - Shadow banned TikTok merupakan kondisi akun TikTok yang ditangguhkan dan dibatasi dari pengguna lain tanpa pemberitahuan. Akun yang terkena shadows ban akan sulit ditemukan, konten juga tidak akan muncul di beranda atau For Your Page (FYP) TikTok.

Saat pengguna TikTok terkena shadow banned biasanya interaksi dan engagement atau keterlibatan pengguna menurun. Penyebab masalah ini biasanya disebabkan karena pengguna telah melanggar Panduan Komunitas TikTok.

Salah satunya akun terdeteksi spam maupun yang mengandung unsur kekerasan hingga ketidaksengajaan shadow banned karena algoritme platform. TikTok sendiri biasanya tidak memberitahu secara eksplisit kesalahan pengguna mengapa akunnya terkena shadow banned. Namun Anda bisa mengenali beberapa ciri-ciri akun yang terkena shadow ban di bawah ini.

Baca juga: Cara Berlangganan TikTok Music dan Daftar Harganya

Penurunan visibilitas konten

Ciri-ciri akun yang terkena shadow ban tampak jelas pada penurunan visibilitas konten. Jumlah penonton, pengguna yang menyukai, dan membagikan konten akan menurun drastis. Bagi kreator konten hal ini tentu dapat menurunkan engagement akunnya.

Konten tidak muncul di FYP

Ciri-ciri selanjutnya adalah konten Anda tidak muncul di halaman beranda For Your Page (FYP) TikTok. Sehingga keterlibatan atas konten Anda juga menurun.

Video tidak dapat diunggah

Saat akun terkena shadow banned, pengguna akan kesulitan mengunggah video. Saat pengunggahan video yang di-upload biasanya akan memerlukan waktu lama dalam pemrosesan dan tak jarang akan munjul notifikasi "Video dalam peninjauan".

Baca juga: Cara Berlangganan TikTok Music dan Daftar Harganya

Cara mengatasi akun TikTok yang terkena shadow banned

Berikut ini beberapa cara yang bisa Anda coba untuk mengatasi akun TikTok yang terkena shadow banned.

Cek panduan komunitas

Anda bisa mengecek Panduan Komunitas TikTok, poin-poin apa saja yang dilarang dalam memposting video. Bisa jadi terdapat video yang mengandung unsur kekerasan, seksual, maupun spam.

Hapus konten video yang melanggar

Setelah mengecek dan mendapatkan video yang dirasa melanggar Panduan Komunitas TikTok, maka pastikan untuk menghapus konten video atau gambar tersebut.  

Menghentikan aktivitas spam

Salah satu penyebab shadow banned TikTok bisa jadi karena pengguna terdeteksi melakukan aktivitas spam. Misalnya saja Anda terdeteksi terlalu sering memposting video untuk tujuan konten Anda. Maka dari itu Anda bisa menghentikan aktivitas spam tersebut.

Hapus aplikasi dan instal ulang

Cara lain yang bisa Anda coba adalah menghapus aplikasi TikTok dari ponsel Anda dan kemudian instal ulang. Dengan cara ini, aplikasi akan bersih dari data sementara (cache) sekaligus melakukan pembaruan. Setelah melakukan ini, bisa jadi akun Anda akan kembali normal.

Menunggu 1-2 minggu

Shadow ban biasanya berlangsung 1-2 minggu. Cara terakhir yang bisa Anda lakukan adalah dengan menunggu penangguhan TikTok selama kurang lebih dua minggu. Setelah terlepas dari penangguhan, Anda bisa kembali memposting konten-konten video di TikTok.

Baca juga: Cara Buat Konten Teks Mirip Instagram Story di TikTok

Itulah beberapa ciri-ciri akun TikTok terkena shadow banned dan cara mengatasinya. Semoga membantu.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com