Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Instagram Punya Stiker Mention Grup, Tag Banyak Orang Lebih Rapi dan "Aesthetic"

Kompas.com - Diperbarui 16/08/2023, 06:34 WIB
Galuh Putri Riyanto,
Yudha Pratomo

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Instagram punya stiker mention grup baru. Stiker ini memungkinkan pengguna menandai (tag) atau menyebut (mention) banyak orang di Instagram Story (IG Story) dengan lebih "aesthetic", simpel, dan rapi. 

Kehadiran fitur stiker mention grup ini diumumkan langsung oleh CEO Instagram, Adam Mosseri, melalui channel IG Updates. Menurut Mosseri, saat ini, stiker mention grup ini masih diuji coba.

Pantauan KompasTekno, Selasa (15/8/2023), kami kebagian menjajal fitur stiker mention grup ini lewat aplikasi Instagram versi 295.0.0.32.109 di ponsel Android.

Sepengalaman kami, stiker mention grup ini bisa ditemukan di menu "mention" di Instagram Stories. Pengguna bisa memilih sejumlah orang yang ingin ditandai.

Baca juga: Resmi, Upload Banyak Foto di Instagram Kini Bisa Ditambah Musik

Nantinya, stiker mention grup hanya akan menampilkan foto profil beberapa pengguna yang ditandai. Nama pengguna alias username tidak ikut ditampilkan lagi. Pengguna juga bisa mengubah warna ikon "@" dan warna dasar stiker.

Ikon "@" ini bisa diganti dengan nama grup atau nama kegiatan. Dengan begitu, stiker mention grup jadi semakin unik.

Pengguna bisa menuliskan nama grup, nama kegiatan, atau lainnya di stiker mention grup di Instagram Stories.KOMPAS.com/ Galuh Putri Riyanto Pengguna bisa menuliskan nama grup, nama kegiatan, atau lainnya di stiker mention grup di Instagram Stories.
Tampilan stiker mention grup yang baru ini pun terlihat lebih aesthetic, dibandingkan fitur mention biasanya.

Pasalnya, selama ini, ketika pengguna me-mention orang, Instagram bakal menampilkan username orang yang ditandai seperti @janedoe, @johndoe, dan seterusnya. Layar pun akan terlihat penuh dengan tulisan ketika pengguna foto/video grup dan menandai banyak orang.

Beberapa orang tidak menyukai tulisan mention tersebut sehingga tak jarang menyembunyikannya. Nah, stiker mention grup yang baru ini kini bisa menjadi alternatif bagi pengguna.

Selain tampilannya lebih estetis, fitur stiker mention grup ini juga memudahkan pengguna menandai sekelompok orang dengan instan.

Menurut Mosseri, setelah membuat stiker mention grup, stiker ini bisa digunakan berulang kali oleh semua pengguna yang ditandai di stiker tersebut.

Baca juga: 3 Fitur Baru Threads, Salah Satunya Bisa Share ke DM Instagram

Fitur Use sticker di stiker grup di Instagram Stories memungkinkan pengguna menandai sekelompok orang secara langsung, tak perlu mention satu per satu setiap kali mengunggah foto/video di IG Stories.

KOMPAS.com/ Galuh Putri Riyanto Fitur Use sticker di stiker grup di Instagram Stories memungkinkan pengguna menandai sekelompok orang secara langsung, tak perlu mention satu per satu setiap kali mengunggah foto/video di IG Stories.
Sepengalaman KompasTekno, pengguna bisa mengeklik stiker mention grup, lalu menemukan menu "Use sticker" (gunakan stiker). Ketika diklik, pengguna akan otomatis dibawa ke jendela IG Story yang baru, lengkap dengan stiker mention grup yang sudah dibuat sebelumnya.

Jadi, ketika dalam perjalanan bisnis, liburan, kegiatan kantor, atau kegiatan lain dengan sekelompok orang, pengguna bisa menandai semua orang tanpa perlu menulis username satu per satu setiap kali mengunggah foto/video di IG Stories.

Karena masih dalam tahap uji coba, kemungkinan ada sebagian pengguna yang belum bisa menjajal fitur stiker mention grup ini. Belum diketahui kapan fitur ini akan dirilis secara resmi ke seluruh pengguna Instagram.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com