Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ada Tombol Baru “HD” saat Kirim Foto di WhatsApp, Apa Itu?

Kompas.com - Diperbarui 20/08/2023, 09:32 WIB
Zulfikar Hardiansyah

Penulis

KOMPAS.com - Aplikasi pesan instan WhatsApp baru saja ketambahan fitur baru lagi. Hal ini dibuktikan dengan munculnya tombol baru bertajuk “HD” yang muncul ketika pengguna hendak mengirim foto di WhatsApp.

KompasTekno telah menjumpai kehadiran tombol HD di WhatsApp. Tombol tersebut muncul pada halaman preview pengiriman foto di aplikasi WhatsApp. Untuk diketahui, di halaman preview pengiriman foto aplikasi WhatsApp, terdapat beberapa tombol utama.

Baca juga: Ramai soal Fitur Tambah Akun di WhatsApp, Bagaimana Cara Mendapatkannya?

Tombol tersebut meliputi tombol untuk crop foto, tombol stiker, tombol penambahan teks, dan tombol penambahan garis. Kini, tombolnya bukan hanya itu, melainkan ketambahan lagi tombol HD. Letak dan bentuk tombol HD di WhatsApp bisa dilihat pada gambar di bawah ini.

Ilustrasi tombol HD di WhatsApp yang baru muncul.KOMPAS.com/Wahyunanda Kusuma Pertiwi Ilustrasi tombol HD di WhatsApp yang baru muncul.

Dengan adanya tombol baru tersebut di halaman preview pengiriman foto, lantas sebenarnya apa itu tombol HD di WhatsApp? Bila tertarik untuk mengetahui lebih lanjut, berikut adalah penjelasan mengenai tombol HD di WhatsApp yang baru muncul.

Tombol HD di WhatsApp

Tombol HD di WhatsApp adalah tombol untuk mengakses fitur kirim foto berkualitas tinggi alias High Definition (HD). Dulu, saat hendak kirim foto di WhatsApp, tak terdapat pilihan untuk mengatur kualitas foto yang hendak dikirim.

Dengan hadirnya tombol HD di WhatsApp, pengguna sekarang dapat mengatur kualitas foto yang hendak dikirim. Fitur kirim foto HD memungkinkan pengguna untuk mengirim foto dengan kualitas yang tinggi dan lebih jernih.

Alhasil, pengguna dapat mengatasi masalah foto buram atau tidak jelas saat dikirim di WhatsApp. Fitur kirim foto HD WhatsApp dapat mendeteksi kualitas foto yang hendak dikirim oleh pengguna.

Jika pengguna mengirim foto berkualitas tinggi, tombol HD bakal muncul di halaman preview pengiriman foto WhatsApp. Selanjutnya, saat tombol HD di WhatsApp di klik, pengguna dapat memilih foto tersebut dikirim dengan kualitas standar atau kualitas tinggi.

Baca juga: Muncul Tombol Baru “Share Screen” di Video Call WhatsApp, Apa Fungsinya?

Bila dikirim dengan kualitas tinggi, foto bakal ditandai dengan logo HD di ruang obrolan WhatsApp. Itulah penjelasan tombol HD di WhatsApp yang memungkinkan pengguna untuk mengakses fitur kirim foto HD.

Pengguna sekarang sudah bisa mencoba untuk mengirim foto HD di WhatsApp lewat tombol tersebut. Lantas, bagaimana cara kirim foto HD di WhatsApp? Bila tertarik mencobanya, berikut adalah penjelasan cara kirim foto HD di WhatsApp.

Cara kirim foto HD di WhatsApp

  • Siapkan foto berkualitas tinggi untuk dikirim di ruang obrolan WhatsApp. Foto bisa bersumber dari galeri ponsel atau diambil langsung melalui kamera WhatsApp.
  • Setelah foto terunggah di halaman preview pengiriman foto WhatsApp, silakan ketuk tombol HD yang tersedia.
  • Pilih opsi “Kualitas HD” dan kirim foto.
  • Foto tersebut bakal dikirim dengan kualitas tinggi, yang ditandai dengan munculnya logo HD di ruang obrolan tempat foto terkirim.

Ilustrasi cara kirim foto HD di WhatsApp.KOMPAS.com/Wahyunanda Kusuma Pertiwi Ilustrasi cara kirim foto HD di WhatsApp.

Cukup mudah bukan cara kirim foto HD di WhatsApp? Sebagai informasi tambahan, KompasTekno telah mendapatkan fitur kirim foto HD WhatsApp pada aplikasi WhatsApp Beta Android versi 2.23.17.17.

Ketersediaan fitur kirim foto HD WhatsApp

Perlu diketahui, fitur kirim foto HD WhatsApp sejatinya sudah sempat muncul pada sekitar pertengahan Juni kemarin. Akan tetapi, fitur tersebut tiba-tiba hilang. Fitur kirim foto HD WhatsApp kemudian diumumkan lagi kehadirannya baru-baru ini.

Fitur kirim foto HD WhatsApp mulai digelontorkan untuk semua pengguna sejak Kamis kemarin (17/8/2023), sekitar pukul 20.58 WIB. Kedatangan fitur ini diumumkan langsung oleh Mark Zuckerberg, CEO Meta (induk perusahaan WhatsApp).

“Berbagi foto di WhatsApp baru saja mendapatkan peningkatan. Kini, Anda dapat mengirim foto dengan kualitas HD”, kata Zuckerberg melalui kanal penyiaran pesan resmi Meta atau Meta Channel di DM (Direct Message) Instagram.

Meski telah diumumkan kehadirannya, berdasarkan pantauan KompasTekno, fitur kirim foto HD WhatsApp belum tersedia secara merata di semua pengguna. Jadi, jika belum mendapatkannya, harap bersabar dulu.

Baca juga: Screen Sharing Resmi Hadir di WhatsApp, Video Call WA Mirip Zoom Meeting

Sebab, fitur kirim foto HD WhatsApp kemungkinan besar masih disebarkan ke pengguna secara bertahap. Pengguna bisa memantau secara berkala pembaruan aplikasi WhatsApp di toko aplikasi masing-masing ponsel untuk mendapatkan fitur baru kirim foto HD tersebut.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com