Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ramai soal Fitur Tambah Akun WhatsApp, Kenapa Ada yang Belum Dapat?

Kompas.com - Diperbarui 15/08/2023, 10:56 WIB
Zulfikar Hardiansyah

Penulis

KOMPAS.com - Belakangan ini, di media sosial (medsos) seperti X (dulu Twitter), pengguna ramai membicarakan mengenai salah satu fitur yang baru hadir di WhatsApp, yaitu fitur tambah akun WhatsApp.

Keramaian pembicaraan soal fitur tambah akun WhatsApp itu salah satunya bisa dilihat melalui twit dari akun dengan handle @tanyarlfes, sebagaimana tertera di bawah ini.

Baca juga: Muncul Tombol Baru “Share Screen” di Video Call WhatsApp, Apa Fungsinya?

Pada twit tersebut, pengirim mengatakan WhatsApp sekarang sudah bisa dipakai untuk menambahkan akun dalam satu aplikasi. Dengan demikian, pengguna yang ingin memakai beberapa akun WhatsApp tak perlu menggunakan aplikasi pengganda (clone) WhatsApp.

Sebagai informasi, aplikasi clone WhatsApp biasanya dibutuhkan ketika pengguna ingin menggunakan dua akun WA yang berbeda di satu handphone (HP). Pada twit yang tertera di atas, pengirim juga menyertakan tangkapan layar bentuk fitur tambah akun WhatsApp.

Melalui tangkapan layar itu, fitur tambah akun WhatsApp diketahui berada dalam tombol panah di sebelah kanan tombol kode QR profil WA. Ketika tombol panah itu ditekan, fitur tambah akun WhatsApp akan muncul.

Twit di atas mendapatkan berbagai respon dari banyak pengguna. Beberapa di antaranya, ada yang mengatakan tidak bisa mengakses fitur tambah akun WhatsApp seperti yang disampaikan oleh pengirim di twit tersebut.

Lantas, kenapa ada pengguna yang belum bisa mengakses fitur tambah akun WhatsApp? Jika belum mendapatkannya, silakan simak penjelasan mengenai ketersediaan fitur tambah akun WhatsApp di bawah ini.

Ketersediaan fitur tambah akun WhatsApp

Fitur tambah akun WhatsApp saat ini belum tersedia untuk semua pengguna. Fitur baru ini masih tersedia secara terbatas hanya untuk pengguna aplikasi WhatsApp Beta versi Android (WhatsApp Beta Android).

Jadi, fitur tambah akun WhatsApp belum dirilis secara resmi untuk semua pengguna. Itulah sebabnya mengapa ada beberapa pengguna yang belum bisa mengakses fitur tambah akun WhatsApp, seperti yang lagi ramai dibicarakan.

Dikutip dari WABetaInfo, laman pembocor fitur-fitur baru WhatsApp, fitur tambah tambah akun WhatsApp atau fitur multi-account sejatinya sudah muncul pada WhatsApp Bisnis Beta Android versi 2.23.13.5 yang dirilis pada Juni lalu.

Baca juga: 10 Ciri WhatsApp Disadap, Perhatikan untuk Menjaga Akun Tetap Aman

Namun, untuk versi yang non-Bisnis, fitur tambah akun WhatsApp baru hadir di aplikasi WhatsApp Beta Android versi 2.23.17.8 yang mulai digulirkan sekitar 10 Agustus kemarin.

Perlu diketahui, WhatsApp Beta merupakan aplikasi yang dibuat untuk pengguna dalam kapasitas sebagai pengembang, supaya dapat menguji coba dan membantu menyempurnakan fitur baru yang hendak dirilis WhatsApp.

Akses ke aplikasi WhatsApp Beta tidak dibuka secara luas. Tidak semua pengguna dapat mengakses aplikasi WhatsApp Beta. Jika ingin mengakses, pengguna perlu registrasi terlebih dulu sebagai pengembang.

Akan tetapi, registrasi untuk mengakses WhatsApp Beta sekarang telah ditutup karena jumlah pengembang yang terdaftar sudah memenuhi batas. Keuntungan memakai WhatsApp Beta adalah akses fitur baru yang belum resmi dirilis.

Salah satunya seperti fitur tambah akun WhatsApp yang lagi ramai dibicarakan. Sementara pengguna umum atau non-beta belum dapat mengakses, pengguna WhatsApp Beta Android kini sudah bisa menjajal fitur tambah akun WhatsApp.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com