Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Inikah Tanda-tanda Xiaomi 13T Segera Masuk Indonesia?

Kompas.com - 19/08/2023, 08:00 WIB
Lely Maulida,
Wahyunanda Kusuma Pertiwi

Tim Redaksi

Sumber Gizmochina

KOMPAS.com - Xiaomi tampaknya tengah menyiapkan smartphone baru untuk pasar Indonesia. Hal ini terlihat dari munculnya perangkat baru yang didaftarkan perusahaan di situs Tingkat Kandungan Dalam Negeri (TKDN) Kementerian Perindustrian (Kemenperin).

Perangkat baru Xiaomi itu terdaftar dengan kode nomor 2306EPN60G di situs TKDN. Menurut keterangan di situs tersebut, perangkat ini mendukung jaringan 5G. Adapun nilai TKDN-nya mencapai 37,20 persen.

Berdasarkan penelusuran KompasTekno, kode perangkat itu merujuk pada Xiaomi 13T. Pasalnya, kode perangkat yang sama juga sudah muncul di laman sertifikasi SIRIM, Malaysia.

Kode nomor Xiaomi 13T muncul di situs TKDN KemenperinKompas.com/Lely Maulida Kode nomor Xiaomi 13T muncul di situs TKDN Kemenperin
Tidak hanya di situs TKDN Kemenperin, kode nomor 2306EPN60G juga sudah terlihat di situs sertifikasi perangkat Pos dan Telekomunikasi (Postel) Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo).

Baca juga: Bocoran Spesifikasi Xiaomi 13T dan 13T Pro, Pakai Kamera Leica Mirip Xiaomi 13 Ultra

Di situs Postel, perangkat dengan kode nomor 2306EPN60G telah mendapat sertifikasi per tanggal 25 Juli 2023. Sayangnya, tidak ada informasi lain di situs tersebut, selain model dan merek perangkat tersebut.

Kode nomor Xiaomi 13T muncul di situs sertifikasi Postel KominfoKompas.com/Lely Maulida Kode nomor Xiaomi 13T muncul di situs sertifikasi Postel Kominfo

Jadi, spesifikasi Xiaomi 13T yang bakal rilis di Indonesia juga belum diketahui pasti. Kendati demikian, lolosnya perangkat itu di situs TKDN dan Postel, bisa menjadi indikasi kuat bahwa Xiaomi 13 T bakal rilis di Indonesia dalam waktu dekat.

Sebab, sebelum perangkat elektronik dipasarkan resmi di Indonesia, harus lebih dulu mendaftar sertifikasi TKDN Kemenperin dan Postel Kominfo.

Pihak Xiaomi juga belum memberikan bocoran jadwal peluncuran perangkat baru termasuk untuk ponsel yang diduga Xiaomi 13T itu. Kita nantikan saja.

Bocoran spesifikasi Xiaomi 13T

Adapun Xiaomi 13T belum dirilis di negara mana pun, termasuk di negeri asalnya, China. Kendati demikian, rumor soal perangkat ini sudah beredar di internet.

Konon Xiaomi 13T hadir dalam dua model, meliputi Xiaomi 13T reguler dan Xiaomi 13T Pro.

Kedua smartphone itu bakal berjalan dnegan sistem operasi Android 13 dan antarmuka MIUI 14. Layarnya bakal dibekali panel CrystalRes AMOLED dengan refresh rate 144 Hz.

Menurut bocoran dari hasil benchmark Geekbench, Xiaomi 13T Pro merupakan rebrand dari Redmi K60 Ultra, sehingga diyakini memakai chipset MediaTek Dimensity 9200 Plus.

Baca juga: Xiaomi Redmi K60 Ultra Meluncur, Punya RAM 24 GB dan Storage 1 TB

Sementara itu Xiaomi 13T kabarnya bakal menawarkan RAM 8 GB dan penyimpanan 256 GB, sedangkan model Pro 12/512 GB.

Pada aspek kamera, kedua model Xiaomi 13T diduga memakai sistem kamera kolaborasi perusahaan dengan Leica.

Keduanya juga dikatakan bakal memiliki baterai 5.000 mAh, hanya saja fast charging-nya masing-masing 67 watt dan 120 watt.

Smartphone ini diyakini rilis global pada 1 September mendatang, sebagaimana dihimpun KompasTekno dari Gizmochina, Sabtu (19/8/2023).

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com