Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Xiaomi Mix Fold 3 Resmi, Ponsel Lipat dengan Kamera "Periskop"

Kompas.com - 15/08/2023, 07:30 WIB
Bill Clinten,
Wahyunanda Kusuma Pertiwi

Tim Redaksi

Sumber GSM Arena

KOMPAS.com - Xiaomi akhirnya resmi meluncurkan ponsel lipat terbarunya, yakni Mix Fold 3 di China pada Senin (14/8/2023) waktu setempat. Xiaomi Mix Fold 3 merupakan suksesor dari Mix Fold 2 yang dirilis Xiaomi tahun lalu.

Ponsel lipat ini hadir dengan sejumlah peningkatan, salah satunya ada di aspek kamera.

Kini, Xiaomi menghadirkan satu kamera tambahan berupa kamera telefoto "periskop" yang bisa dipakai untuk memotret obyek dari jarak yang lebih jauh dari kamera telefoto "reguler". 

Kamera periskop di Xiaomi Mix Fold 3 ini memiliki resolusi 10 MP (f/2.9) yang memiliki kemampuan pembesaran optis (optical zoom) sebesar 5x.

Untuk meredam getaran ketika memotret obyek jauh, Xiaomi turut melengkapi kamera periskop tersebut dengan sensor penstabil gambar optis (optical image stabilizer/OIS).

Masih soal kamera, ponsel lipat terbaru Xiaomi ini juga turut di bekali dengan tiga kamera belakang lainnya. 

Ketiga kamera tersebut terdiri dari kamera utama 50 MP (f/1.8, OIS), kamera telefoto 10 MP (f/2.0, 3,2 optical zoom, OIS), dan kamera ultrawide 12 MP (f/2.2, bidang pandang 120 derajat).

Baca juga: Xiaomi Mix Fold 2 Meluncur, Ponsel Lipat dengan Kamera Leica

Adapun ketiga kamera belakang ini, bersama kamera periskop tadi, disusun secara rapi dalam sebuah modul persegi yang memanjang secara horizontal.

Konfigurasi kamera di ponsel lipat ini juga sudah diracik menggunakan lensa dan software dari pabrikan lensa kamera kenamaan asal Jerman, Leica. 

Spesifikasi dan harga Xiaomi Mix Fold 3

Xiaomi Mix Fold 3.Xiaomi Xiaomi Mix Fold 3.

Secara desain, Xiaomi Mix Fold 3 masih mengusung lipatan bak "buku" seperti pendahulunya, namun kini diklaim lebih tipis. Ponsel lipat ini memiliki dimensi ketebalan sekitar 5,3 mm ketika dibentangkan dan 10,9 mm ketika dilipat. 

Dimensi ketebalan ini lebih tipis dibanding Galaxy Z Fold 5 dengan 6,1 mm ketika dibentangkan, dan 13,4 mm ketika dilipat. 

Xiaomi menyebut desain yang tipis ini dikontribusi oleh sistem engsel (hinge) terbaru yang terdiri dari 198 komponen. Desain seperti ini diklaim bisa menghemat ruang ponsel sebesar 17 persen. 

Pada aspek layar, Xiaomi Mix Fold 3 mengadopsi layar utama E6 OLED berukuran 8 inci (resolusi 1.960 x 2.160 piksel, refresh rate 120 Hz), serta layar sekunder 6,5 inci yang mengusung panel LTPO OLED. 

Di aspek hardware, ponsel lipat ini ditenagai dengan chipset Snapdragon 8 Gen 2 yang dipadukan dengan RAM hingga 16 GB dan media penyimpanan dengan kapasitas hingga 1 TB.

Ilustrasi pengisian daya di Xiaomi Mix Fold 3.Xiaomi Ilustrasi pengisian daya di Xiaomi Mix Fold 3.

Sementara untuk aspek software, perangkat terbaru Xiaomi ini menjalankan sistem operasi Android 13 yang dipoles dengan tampilan antarmuka MiUI 14, sebagaimana dirangkum KompasTekno dari GSMArena, Selasa (15/8/2023).

Baca juga: Xiaomi Pad 6: Spesifikasi dan Harga di Indonesia

Fitur pendukung lainnya yang ada di ponsel lipat ini mencakup baterai 4.800 mAh yang mendukung pengisian cepat via kabel berdaya 67W, pengisian cepat nirkabel dengan daya 50W, dan masih banyak lagi. 

Di pasar China, Xiaomi Mix Fold 3 bisa dipesan mulai tanggal 16 Agustus dengan harga sebagai berikut:

  • Harga Mix Fold 3 RAM 12 GB/256 GB: 9000 yuan (sekitar Rp 19 juta)
  • Harga Mix Fold 3 RAM 16 GB/512 GB: 10.000 yuan (sekitar Rp 21 juta)
  • Harga Mix Fold 3 RAM 16 GB/1 TB: 11.000 yuan (sekitar Rp 23 juta)

Belum ada informasi apakah ponsel lipat ini akan turut dipasarkan di Indonesia atau tidak. Namun yang jelas, Xiaomi belum pernah memboyong ponsel lipat mereka ke Tanah Air sejak generasi pertama Xiaomi Mi Mix Fold yang dirilis pada 2021 lalu.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com