Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

5 Cara Mengatasi Layar HP Hitam di Android

Kompas.com - 19/08/2023, 10:31 WIB
Soffya Ranti

Penulis

KOMPAS.com - Pengguna ponsel Android juga tak terlepas dari berbagai eror. Sistem hardware ponsel biasanya juga mengalami beberapa masalah. Salah satunya layar HP Android hitam. Eror ini biasa disebut dengan istilah The "black screen of death" (BSoD).

Masalah ini bisa terjadi karena berbagai alasan, termasuk masalah daya atau baterai, bug perangkat lunak, kegagalan fungsi perangkat keras, atau konflik dengan aplikasi pihak ketiga. Saat layar menjadi hitam, biasanya ponsel tidak merespon reaksi apa pun.Termasuk tombol daya, layar sentuh, tombol volume, atau tombol lainnya.

Sehingga perangkat bisa jadi tidak menyala atau reboot dan menunjukkan tanda-tanda ponsel hidup. Apabila Anda mengalami beberapa masalahnya cobalah untuk mengatasinya dengan beberapa cara berikut ini. 

Baca juga: 7 Tips Membuat HP Android Lama jadi Kelihatan Baru

Cek baterai ponsel

Alasan paling umum ponsel Android berubah hitam adalah bisa jadi baterai rusak atau sirkuit manajemen daya ponsel rusak. Selain itu terdapat kemungkinan lain, yaitu bisa jadi kabel dan adaptor pengisi daya rusak.

Pastikan untuk memeriksa port pengisian daya ponsel. Anda bisa membersihkannya atau mengganti kabel tersebut.

Pemeriksaan malware

Salah satu penyebab layar HP Android hitam adalah ponsel yang terkena virus/malware berbahaya. Menjalankan pemeriksaan malware terkadang dapat membantu masalah layar hitam pada perangkat Android.

Beberapa malware juga dapat mencegah perangkat melakukan booting dengan benar atau menyebabkan perangkat mengalami bug.

Layar rusak

Layar rusak menjadi salah satu penyebab layar hitam. Apabila Anda mengalami beberapa kali layar menghitam, bisa jadi karena layar ponsel baru saja jatuh, retak, atau rusak. Salah satu cara yang bisa dilakukan adalah menuju ke service center.

Rajin cek pembaruan sistem operasi HP Android Anda

Layar yang tiba-tiba hitam bisa jadi karena pengguna tidak memperhatikan pembaruan aplikasi atau sistem operasi ke versi terbaru. Maka dari itu cobalah untuk mengecek pembaruan aplikasi atau sistem operasi Anda. Cara mengecek pembaruan sistem operasi biasanya terletak di pengaturan telepon.

Reset pabrik

Reset pabrik akan mengembalikan perangkat ke pengaturan aslinya, menghapus semua data pribadi, aplikasi, dan pengaturan. Berikut adalah langkah-langkah untuk melakukan reset pabrik pada perangkat Android:

  • Buka menu pengaturan atau settings
  • Gulir ke bawah dan cari opsi "General Management"
  • Selanjutnya pilih opsi "Reset"
  • Untuk mulai menghapus semua data yang ada pada ponsel, Anda dapat memilih opsi Factory data reset
  • Halaman selanjutnya akan menampilkan seluruh data yang tersimpan serta beragam akun media sosial yang terhubung pada ponsel
  • Pilih opsi "Reset" untuk lanjut ke tahap berikutnya
  • Jika sebelumnya Anda telah memasang kode PIN atau password pada ponsel, maka Anda akan diminta untuk memasukan kode keamanan tersebut sebagai bentuk konfirmasi
  • Selanjutnya ponsel akan segera menghapus seluruh data 

Baca juga: Cara Mengganti Background Foto di HP, Mudah dan Praktis

Perlu diperhatikan bahwa factory reset akan menghapus data yang ada di ponsel. Maka dari itu pastikan Anda telah melakukan mencadangkan data-data terlebih dahulu. Itulah beberapa cara yang bis Anda lakukan saat layar HP hitam. Apabila masalah belum selesai, pengguna bisa menuju service center ponsel milik Anda. 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com