Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

HP Android dengan RAM 24 GB Bermunculan, Sudah Perlu atau Gimik?

Kompas.com - Diperbarui 22/08/2023, 08:18 WIB
Oik Yusuf,
Reza Wahyudi

Tim Redaksi

Sumber BGR

KOMPAS.com - Kapasitas memori utama (random access memory, RAM) 8 GB sudah menjadi hal lumrah di smartphone. Model-model menengah dan papan atas biasanya dibekali RAM berkapasitas 12-16 GB.

Angka berikutnya yang dibidik kemungkinan adalah 24 GB. Beberapa vendor Android sudah mulai meluncurkan produk dengan kapasitas RAM jumbo ini.

Baca juga: Xiaomi Redmi K60 Ultra Meluncur, Punya RAM 24 GB dan Storage 1 TB

Misalnya saja Redmi K60 Ultra di China dengan memori 24 GB. Ponsel Red Magic 8S Pro Plus yang hadir bulan lalu pun mengusung konfigurasi serupa. Begitu pula dengan OnePlus Ace 2 Pro yang teaser-nya sudah mulai disebar.

Fungsi RAM di ponsel

Apakah kapasitas RAM sebesar itu sudah benar-benar perlu? Untuk mengetahui jawabannya, kita perlu menengok kembali fungsi RAM.

Di semua jenis perangkat, baik komputer desktop, laptop, smartphone, hingga smartwatch, RAM digunakan untuk memuat program yang dijalankan. Semakin besar kapasitasnya, semakin besar/banyak pula progam yang bisa dimuat.

Kalau kapasitas RAM tidak mencukupi, sebagian program yang sudah dijalankan sebelumnya akan ditutup atau dipindahkan sementara ke media internal (virtual memory) yang lebih pelan sehingga makan waktu untuk kembali dimuat.

Baca juga: Fungsi RAM di HP dan Alasan RAM Android Harus Besar

Inilah yang menyebabkan perangkat dengan RAM minim terasa tidak responsif, lemot, atau tersendat-sendat ketika menjalankan banyak aplikasi.

Kapasitas RAM di perangkat meningkat seiring perkembangan perangkat dan aplikasi. Semakin kompleks sebuah aplikasi, ukurannya semakin besar pula sehingga kapasitas RAM meningkat untuk mengimbangi.

Sebagai contoh, ponsel Android kelas atas Samsung Galaxy S2 keluaran 2011 hanya memiliki kapasitas RAM 1 GB yang sudah termasuk besar untuk saat itu.

Sekarang, ponsel Android low-end punya kapasitas RAM dua hingga empat kali lebih besar. Itu pun kadang masih terasa tak mencukupi.

RAM 24 GB, perlu atau cuma gimik?

Kapasitas RAM Redmi K60 Ultra, Red Magic 8S Pro Plus, dan OnePlus Ace 2 Pro lebih besar dibandingkan laptop MacBook Pro 13,3 inci dengan chip Apple M2 yang sebesar 16 GB.

Komputer Windows pun banyak yang memiliki RAM 16 GB, atau kurang dari itu. RAM 24 GB pada ponsel pun terkesan overkill karena belum diperlukan dan cenderung tak terpakai, setidaknya untuk sekarang.

Berdasarkan pengujian yang dilakukan oleh situs Android Authority baru-baru ini misalnya, disimpulkan bahwa kapasitas RAM 8 GB hingga 12 GB adalah jumlah ideal.

"Sementara itu, 16 GB agaknya tak lebih dari sekadar untuk pamer saja," tulis Android Authority.

Baca juga: Android Punya Fitur Baru untuk Hemat Memori Ponsel

Sebab, aplikasi-aplikasi saat ini relatif belum memerlukan kapasitas RAM sangat besar. Game Genshin Impact hanya menempati ruang 1,4 GB di RAM. Aplikasi yang paling boros memori, browser Google Chrome, menyita 2,2 GB.

Memang, semakin besar memori, maka semakin banyak pula aplikasi yang bisa dijalankan dalam waktu bersamaan.

Halaman Berikutnya
Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com