Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Telkomsel Rilis Paket YouTube Premium, Harga Rp 49.000 Per Bulan

Kompas.com - 21/08/2023, 14:01 WIB
Galuh Putri Riyanto,
Reska K. Nistanto

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Telkomsel bekerja sama dengan YouTube meluncurkan paket khusus, bernama "YouTube Premium" di Indonesia.

Vice President Digital Lifestyle Telkomsel, Nirwan Lesmana mengungkapkan bahwa paket YouTube Premium individual ini bisa dinikmati mulai hari in, Senin (21/8/2023) dengan harga Rp 49.000 per bulan. Harga tersebut sudah termasuk pajak alias harga nett.

Harga tersebut lebih murah jika dibandingkan dengan paket individual dari YouTube langsung, yang biaya per bulannya adalah Rp 59.000.

"Mulai hari ini, Telkomsel menawarkan paket berlangganan YouTube Premium dengan harga paling murah, dengan tambahan kuota internet 2 GB," kata Nirwan.

Menurut Nirwan, paket YouTube Premium Telkomsel yang baru ini menawarkan beberapa keunggulan. Pelanggan Telkomsel bakal bisa menikmati konten video bebas iklan di aplikasi YouTube, YouTube Music, hingga YouTube Kids selama 30 hari.

Baca juga: Harga YouTube Premium di Indonesia Naik

Pelanggan Telkomsel juga bisa menikmati fitur-fitur eksklusif lainnya yang ditawarkan oleh YouTube Premium, seperti download video untuk ditotonton secara offline serta pemutaran latar belakang video di ponsel perangkat sambil tetap mengakses aplikasi lain.

Paket YouTube Premium dari Telkomsel ini dapat digunakan untuk satu akun YouTube di dua perangkat sekaligus.

Adapun kuota internet 2 GB yang di-bundling dalam paket ini bisa digunakan pelanggan Telkomsel untuk menonton video di platform YouTube, MAXstream, dan sejumlah layanan video lainnya yang telah bekerja sama dengan Telkomsel, seperti tayangan olahraga, hiburan, dan beragam acara favorit, tanpa khawatir menghabiskan kuota utama mereka.

Lebih murah

Nirwan menambahkan, dengan paket baru ini, Telkomsel menjadi satu-satunya operator seluler di Indonesia yang menawarkan paket berlangganan YouTube Premium individual sekaligus kuota internet dengan harga paling kompetitif.

Pantauan KompasTekno, bila berlangganan YouTube Premium individual dari aplikasi YouTube langsung, pengguna perlu mengeluarkan uang Rp 59.000 per bulan.

Namun dengan paket bundling Telkomsel ini, pelanggan bisa mendapatkan akses ke seluruh layanan YouTube plus kuota 2 GB dengan harga Rp 49.000 per bulan.

Pelanggan Telkomsel bisa membeli paket YouTube Premium lewat aplikasi MyTelkomsel, kode UMB, situs resmi Telkomsel, dan outlet ritel. Di aplikasi MyTelkomsel, paket YouTube Premium ini bisa ditemui di "Beranda" > "Beli Paket" > "Hiburan" > "Lihat semua" > "YouTube Premium".

Paket YouTube Premium Telkomsel seharga Rp 49.000 per bulan nett. Pengguna mendapatkan akses premium ke YouTube, YouTube Music, dan YouTube Kids, dengan tambahan kuota 2 GB untuk 30 hari.KOMPAS.com/ Galuh Putri Riyanto Paket YouTube Premium Telkomsel seharga Rp 49.000 per bulan nett. Pengguna mendapatkan akses premium ke YouTube, YouTube Music, dan YouTube Kids, dengan tambahan kuota 2 GB untuk 30 hari.
Dorong pelanggan YouTube Premium

Country Head YouTube Indonesia Suwandi Widjaja berharap peluncuran paket khusus YouTube Premium Telkomsel ini bakal mendorong pertumbuhan pelanggan YouTube Premium secara signifikan di Indonesia.

Baca juga: 6 Cara Cek Kuota Telkomsel dengan Mudah, Bisa via Kode UMB dan Aplikasi

"Telkomsel menjadi platform yang penting bagi YouTube. Karena saat ini, pengguna harian YouTube di Indonesia itu sudah lebih dari 100 juta, di mana 80 juta datang dari Telkomsel," kata Suwandi.

Suwandi menambahkan, dari jumlah 80 juta itu, sekitar 80.000 di antaranya sudah berlangganan YouTube Premium. Dari angka ini, Suwandi optimis masih ada banyak ruang untuk meningkatkan pelanggan YouTube Premium di Tanah Air.

General Manager Video and Partnership Telkomsel Luthfi Cahya Wibisono pun berharap kolaborasi paket khusus bersama YouTube ini bisa diterima dengan baik oleh pelanggan. Pasalnya, paket ini menawarkan harga yang bagus, ada kuota internet, dan untuk mengakses YouTube pula.

"Semoga ini mencapai pertumbuhan yang baik untuk kami. Untuk angka targetnya lebih (dari 2 juta pelanggan)," kata Lutfi.

Dari sisi bisnis Telkomsel, paket khusus YouTube Premium ini diharapkan bisa mendorong pertumbuhan penggunaan kuota Telkomsel.

"Sebab, ketika pelanggan Telkomsel beralih ke Youtube Premium, rata-rata engagement-nya menjadi double alias (naik) 100 persen. Misalnya, dari hanya menggunakan 2 GB per bulan, naik menjadi hampir 4 GB per bulan," kata Nirwan.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com