Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Telkomsel Juara Mobile Broadband di Ookla Speedtest Awards 2023

Kompas.com - 16/08/2023, 10:00 WIB
Mikhaangelo Fabialdi Nurhapy,
Reska K. Nistanto

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Operator seluler Telkomsel menyabet semua penghargaan dalam ajang Ookla Speedtest Awards, untuk periode Januari hingga Juni 2023.

Ada enam penghargaan yang diraih Telkomsel, yaitu Best Mobile Network (jaringan mobile terbaik), Best Mobile Coverage (cakupan internet seluler terbaik), Fastest Mobile Network (operator seluler paling cepat), dan Top-Rated Mobile Network (jaringan mobile paling diminati).

Terdapat pula penghargaan Best Mobile Video Experience (jaringan terbaik untuk menonton video) dan Best Mobile Gaming Experience (jaringan terbaik untuk bermain game). Dalam kategori Best Mobile Coverage, Telkomsel meraih skor 887 poin.

Baca juga: Daftar Lengkap Harga Paket Telkomsel One, Internet Gabungan IndiHome dan HP

Angka tersebut mencerminkan cakupan infrastruktur merata dan konektivitas andal, bahkan di daerah dengan tantangan geografis, di mana sekitar 98 persen pelanggan terlayani jaringan broadband 4G/LTE Telkomsel.

Pada kategori Fastest Mobile Network, Telkomsel mendapatkan skor kecepatan (speed score) mencapai 35,33, dengan rincian kecepatan download 26,74 MBps dan kecepatan upload 12,98 Mbps.

Bila dibandingkan dengan kuartal III-2022 dan IV-2022, skor pada kategori Best Mobile Coverage meningkat dari 882 poin, dan skor kecepatannya pun meningkat dari 27,27 poin.

Capaian terbaik pada dua kategori tersebut menempatkan Telkomsel sebagai peraih predikat di kategori Best Mobile Network, untuk ketiga kalinya.

Kemudian untuk Top-Rated Mobile Network, Telkomsel meraih rating 3,8, sehingga menjadi operator yang paling diminati oleh masyarakat Indonesia.

Baca juga: Riset Ookla: Telkomsel Operator Seluler Paling Ngebut di Indonesia

Selanjutnya pada kategori Best Mobile Video Experience, Telkomsel unggul dengan skor video (video score) mencapai 69,92 poin. Sementara itu, kategori Best Mobile Gaming Experience mendapat skor game (game score) mencapai 76,45 poin.

Tingkatkan kapabilitas jaringan

Menurut Direktur Marketing Telkomsel, Derrick Heng, pencapaian ini merupakan hasil nyata dari kerja keras dan dedikasi Telkomsel.

BTS Telkomsel di Labuan Bajo.Dok Telkomsel BTS Telkomsel di Labuan Bajo.

"Pengakuan ini merupakan hasil nyata dari kerja keras dan dedikasi Telkomsel, dalam menghadirkan pengalaman konektivitas digital terbaik bagi seluruh pelanggan," ujar Derrick dalam keterangan resmi yang diterima KompasTekno, Rabu (16/8/2023).

Adapun kerja keras yang dimaksud mencakup komitmen Telkomsel dalam merampungkan peningkatan teknologi layanan dan jaringan 3G ke 4G/LTE, di 504 kota/kabupaten wilayah Indonesia pada pertengahan tahun ini.

Selain itu, Telkomsel juga telah menggelar 402 BTS berteknologi broadband 5G yang akan diperluas secara bertahap di seluruh wilayah Indonesia.

Kini, Telkomsel memiliki sekitar 228.000 BTS yang mencakup lebih dari 96 persen wilayah populasi Indonesia.

Baca juga: Cara dan Syarat Berlangganan Telkomsel One

Keberhasilan tersebut disebut mendorong peningkatan konsumsi payload layanan data tiap pelanggan hingga 11 persen dari tahun ke tahun (year-over-year/YoY), dan menumbuhkan bisnis digital Telkomsel mencapai lebih dari 7 persen YoY.

Ke depannya, Telkomsel akan terus berkomitmen untuk meningkatkan kapabilitas jaringan broadband yang merata dan setara di Indonesia.

"Kami berkomitmen untuk terus berinovasi dan meningkatkan kapabilitas jaringan broadband yang merata dan setara, guna makin membuka lebih banyak peluang kemudahan bagi masyarakat, dalam menikmati pengalaman gaya hidup digital terdepan," tutup Derrick.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com