Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Link Download serta Cara Menggunakan Aplikasi ChatGPT di HP Android dan iPhone

Kompas.com - 21/08/2023, 16:15 WIB
Zulfikar Hardiansyah

Penulis

KOMPAS.com - ChatGPT merupakan program chatbot AI (Artificial Intelligence) buatan OpenAI yang sudah cukup populer di kalangan masyarakat. Sejak dirilis pada November tahun lalu, ChatGPT telah mengalami berbagai perkembangan, termasuk dari segi format platformnya.

ChatGPT kini tersedia dalam format aplikasi mobile (HP). Sebagai informasi, ChatGPT hanya tersedia dalam versi website yang bisa diakses melalui situs https://chat.openai.com.  Sekarang, pengguna tak perlu mengakses situs itu untuk mengoperasikan ChatGPT.

Baca juga: 7 Hal yang Bisa Dilakukan di Chat GPT, Termasuk Menyusun dan Merangkum Teks

Pada sekitar Mei lalu, aplikasi ChatGPT untuk HP resmi hadir. Namun saat awal rilis, aplikasi ChatGPT masih tersedia untuk perangkat berbasis iOS seperti iPhone. Kemudian, pada sekitar akhir Juli kemarin, aplikasi ChatGPT sudah tersedia juga untuk HP Android.

Pengguna sekarang dapat mengunduh atau download aplikasi ChatGPT di HP Android dan iPhone lewat masing-masing toko aplikasi secara gratis. Jika tertarik untuk mencobanya, berikut adalah link download aplikasi ChatGPT di HP Android dan iPhone.

Link download aplikasi ChatGPT di HP Android dan iPhone

Itulah link download aplikasi ChatGPT di HP Android dan iPhone. Selain lewat tautan di atas, pengguna juga bisa mengunjungi langsung toko aplikasi App Store (iPhone) atau Google Play Store (Android) yang tersedia di HP untuk download aplikasi ChatGPT.

Setelah mengunduhnya, pengguna bisa langsung menggunakan aplikasi ChatGPT di HP.
Perlu diketahui, aplikasi ChatGPT di HP secara umum punya pengoperasian yang mirip dengan ChatGPT versi website.

Untuk mengoperasikan aplikasi ChatGPT di HP, pengguna juga tinggal memasukkan prompt atau teks perintah ke ruang obrolan dan ChatGPT bakal memberikan tanggapan. Meski punya pengoperasian yang mirip, tampilan kedua platform ChatGPT itu cukup berbeda.

Tampilan aplikasi ChatGPT di HP bisa dibilang lebih sederhana dibanding tampilan ChatGPT versi website. Pada halaman utama aplikasi ChatGPT, pengguna langsung disajikan dengan ruang obrolan dengan chatbot.

Baca juga: 7 Tips Menggunakan Chat GPT buat Menyusun Skripsi, Bisa Bantu Cari Ide Judul

Menu riwayat obrolan, menu pengaturan, dan menu obrolan baru di aplikasi ChatGPT HP tertata semua dalam tombol titik tiga. Selain tampilan yang lebih sederhana, aplikasi ChatGPT HP juga dibekali dengan fitur speech-to-text.

Fitur tersebut memungkinkan pengguna untuk mengucapkan perintah lewat suara dan bakal secara otomatis dikonversi menjadi teks. Bila tertarik untuk mencobanya, berikut adalah penjelasan cara menggunakan ChatGPT di HP Android dan iPhone.

Cara menggunakan ChatGPT di HP Android dan iPhone

  • Jika sudah mengunduh dan menginstal aplikasi ChatGPT di HP, silakan buka dan pastikan telah login akun. Login bisa menggunakan akun Google (akun Gmail).
  • Pada ruang obrolan, masukkan pertanyaan atau perintah ke ChatGPT bebas sesuai keinginan.
  • Setelah itu, ChatGPT bakal menyajikan tanggapan sesuai dengan pertanyaan atau perintah tersebut.
  • Pengguna bisa mengakses riwayat obrolan dengan ChatGPT dengan mengetuk ikon titik tiga dan klik opsi “History”.
  • Lewat opsi tersebut, pengguna bisa melanjutkan kembali percakapan yang telah dibuat sebelumnya dengan ChatGPT.

Ilustrasi cara menggunakan ChatGPT di HP.KOMPAS.com/Zulfikar Hardiansyah Ilustrasi cara menggunakan ChatGPT di HP.

Demikianlah cara menggunakan ChatGPT di HP Android dan iPhone. Sama seperti di ChatGPT versi website, aplikasi ChatGPT HP itu juga dapat dipakai untuk mengajukan aneka macam pertanyaan dan perintah.

Hal yang bisa dilakukan dengan ChatGPT

ChatGPT yang pada dasarnya dikembangkan dari program Language Model (model bahasa) buatan OpenAI, telah dilatih dengan sekumpulan data dalam jumlah besar untuk dapat memberikan tanggapan atas pertanyaan atau perintah pengguna.

Sebagai Language Model yang terlatih, ChatGPT dapat memberikan tanggapan dengan gaya yang natural atau tidak kaku seperti robot. Jadi, pengguna bisa bercakap dengan ChatGPT layaknya sedang mengobrol dengan sesama manusia.

Baca juga: 5 Tips Memanfaatkan ChatGPT untuk Membantu Menghasilkan Uang

Dengan kemampuan ChatGPT, pengguna dapat memintanya untuk melakukan berbagai aktivitas berbasis teks, seperti menyusun teks, melengkapi teks, merangkum teks, menerjemahkan teks, dan masih banyak lagi.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com