Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Penyebab dan Cara Mengatasi Layar Laptop Muncul Garis Horizontal

Kompas.com - 21/08/2023, 17:30 WIB
Soffya Ranti

Penulis

KOMPAS.com - Laptop menjadi perangkat utama yang digunakan dalam kegiatan sehari-hari. Bagi sebagian pengguna laptop biasanya cukup masif digunakan dan seringkali kurang memperhatikan aspek hardware laptop yang dimiliki.

Tak jarang laptop pun mengalami sedikit kerusakaan. Salah satunya munculnya garis horizontal pada monitor laptop. Munculnya garis pada layar tentu sangat menganggu pengguna dalam beraktivitas. Khususnya untuk bekerja.

Dilansir dari laman Lifewire, garis horizontal yang muncul di layar biasanya disebabkan oleh beberapa hal. Mulai dari laptop yang overheating, konflik pada resolusi layar, layar yang tertekan atau terbentur,atau driver perangkat yang kadaluwarsa. Maka dari itu berikut ini beberapa cara memperbaiki layar laptop yang muncul garis.

Baca juga: 2 Cara Melihat Sandi E-mail yang Lupa dengan Mudah di HP dan Laptop

Matikan laptop dan nyalakan kembali

Apabila pengguna mendapati baru saja layar muncul garis, cobalah untuk mengatasinya dengan melakukan shutdown laptop. Setelah beberapa menit laptop dalam keadaan off, kemudian Anda bisa menyalakan kembali dan cek apakah garis horizontal tersebut sudah hilang.

Letakkan laptop di permukaan datar

Salah satu penyebab layar bergaris bisa jadi dikarenakan perangkat mengalami overheating. Maka dari itu cobalah untuk meletakkan laptop di permukaan datar untuk mengurangi panas di laptop.

Hindari menggunakan laptop di kasur, selimut, atau alas bantal. Pengguna juga bisa menggunakan kipas pendingin khusus laptop agar panas berkurang. Setelah itu cek kembali apakah garis horizontal pada monitor sudah hilang.

Memperbarui sistem operasi

Munculnya garis horizontal pada laptop bisa jadi karena terjadi bug di area software laptop. Maka dari itu cobalah untuk melakukan pembaruan sistem operasi. Lakukan update dan cek kembali layar laptop Anda. Cara memperbarui sistem operasi Windows dapat Anda ikuti di tautan berikut ini.

Memperbarui driver display laptop

Salah satu penyebab garis muncul di layar bisa jadi karena driver yang usang. Maka dari itu cobalah untuk memperbarui driver display laptop untuk mengatasi garis yang muncul di layar. Berikut ini cara memperbaruinya:

  • Buka "Device Manager"
  • Klik "Display adapters"
  • Klik kanan pada jenis grafik Anda misal "AMD Radeon":
  • Pilih "Update driver"

Baca juga: Cara Menggunakan Komputer-Laptop Windows Tanpa Mouse atau Touchpad

Membawanya ke service center

Apabila beberapa cara di atas tidak berhasil, pengguna bisa membawa laptop kepada yang ahli. Anda bisa mengonsultasikan kepada yang ahli atau bahkan memutuskan untuk mengganti layar laptop.

Demikian cara mengatasi layar laptop yang muncul garis horizontal. Semoga bermanfaat.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com