Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Fitur Kirim Video Berkualitas HD Resmi Hadir di WhatsApp

Kompas.com - 22/08/2023, 07:53 WIB
Caroline Saskia,
Yudha Pratomo

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Pengguna WhatsApp (WA) kini bisa mengirim video dengan kualitas High Definition (HD). Dengan hadirnya fitur ini, kualitas video yang dikirim pengguna WA bisa lebih jernih dan jelas.

Biasanya, WhatsApp memang melakukan kompresi terhadap video yang dikirim pengguna di chatroom. Hal ini bertujuan agar ukuran file yang dikirim menjadi lebih kecil dan ringan sehingga tidak memakan banyak kuota data.

Proses kompresi inilah yang membuat kualitas video yang dikirim di WhatsApp menurun. WhatsApp biasanya mengubah video yang dikirim menjadi 480 x 864 piksel.

Dengan hadirnya fitur video HD ini, video yang dikirim di WhatsApp diubah menjadi 1.280 x 720 piksel. Sehingga, kualitas gambarnya akan lebih baik dan video tidak tampak pecah.

Namun, ukuran file-nya juga tentu akan lebih besar dibandingkan jika dikirim dengan kualitas 480 x 864 piksel.

Pantauan KompasTekno, Selasa (22/8/2023), fitur anyar ini sudah hadir untuk WhatsApp Android versi 2.23.18.81.

Saat ingin mengirimkan video di dalam ruang percakapan atau chatroom, ikon HD di kanan atas layar sudah muncul. Posisi ikon ini sama seperti saat akan mengirim foto dalam kualitas HD.

KompasTekno mencoba mengirim video singkat berdurasi enam detik. Saat pengiriman HD diaktifkan, ukuran file bertambah menjadi 2,3 MB. Sementara saat dikirim menggunakan mode standard (480p) ukurannya adalah 1,3 MB.

Baca juga: Ada Tombol Baru “HD” saat Kirim Foto di WhatsApp, Apa Itu?

Dengan adanya fitur berbagi video HD, pengguna WA tidak perlu lagi “mengakali” pengiriman foto beresolusi tinggi menggunakan format Documents (Dokumen). Dikarenakan fitur baru ini bisa dipakai sebagai solusi baru.

Cara kirim video tanpa pecah (HD) di WA

Cara mengirim video HD di WhatsAppKOMPAS.com/Caroline Saskia Tanoto Cara mengirim video HD di WhatsApp
Cara mengirim video dengan kualitas HD di WhatsApp bisa dimulai dengan memilih kontak/akun WhatsApp yang hendak dikirimkan video. Lalu, klik ikon kamera yang terletak di bawah layar, di samping kolom “Message” (Pesan).

Pilih file video yang ingin dikirim. Sebelum menekan tombol “Send”, perhatikan bagian atas tampilan, terdapat ikon HD. Klik ikon tersebut untuk mengaktifkan mode HD.

Pengguna akan disuguhkan dua pilihan mengenai kualitas video yang dikirim. Pilihan pertama ada kualitas standar, alias kualitas yang bakal otomatis diperkecil oleh sistem, dan kualitas HD. Pilih “HD Quality”.

Jika sudah aktif, ikon HD akan berubah menjadi warna putih. Layar perangkat juga akan memberikan notifikasi berupa “Video set to HD quality”. Artinya, video yang dikirim sudah diatur menjadi HD dan siap untuk dikirim.

Pengguna bisa juga menambahkan caption atau teks keterangan media terlebih dulu dengan mengeklik kolom “Add a caption” (Tambahkan teks keterangan). Jika video sudah siaop dikirim, klik tombol hijau berikon tanda panah ke samping (Send).

Penambahan ikon HD untuk video HD yang dibagikan ke ruang obrolan (Chats) WhatsAppKOMPAS.com/Caroline Saskia Tanoto Penambahan ikon HD untuk video HD yang dibagikan ke ruang obrolan (Chats) WhatsApp

Video HD yang berhasil dikirim di ruang obrolan akan dapat mudah diketahui. Sebab, video HD yang dikirimkan oleh pengguna lain atau salah seorang anggota di dalam grup WA, akan muncul ikon HD di samping durasi video.

Baca juga: Fitur Baru WhatsApp, Bisa Edit Caption di Foto dan Video yang Dikirim

Penambahan embel-embel “HD” tersebut ingin memberi tahu pengguna WhatsApp bahwa video yang dikirim sudah berkulitas HD, lebih jernih dan jelas ketimbang video “reguler”.

Namun, perlu diingat saat pengguna mengirim video dengan kualitas yang lebih tinggi seperti 4K, WhatsApp akan tetap mengubahnya menjadi 720 piksel (HD).

Jadi, untuk kasus seperti ini, alternatifnya adalah kembali mengirim video 4K/8K dalam bentuk Documents untuk mempertahankan kualitasnya.

Sebagaimana dirangkum KompasTekno dari Android Police, Selasa (22/8/2023), bagi Anda yang belum kebagian fitur ini, jangan berkecil hati dan mohon bersabar. Anda bisa melakukan pembaruan aplikasi secara berkala di Google Play Store maupun Apple App Store.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com