Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

6 Fitur Baru WhatsApp dan Cara Pakainya, Ada Kirim Foto HD dan Edit Pesan

Kompas.com - Diperbarui 22/08/2023, 09:25 WIB
Lely Maulida,
Reska K. Nistanto

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Aplikasi WhatsApp (WA) terus dikembangkan dan diperbarui hingga memiliki aneka fitur yang mempermudah komunikasi pengguna. Sejumlah fitur dirilis WhatsApp hampir setiap bulan, meskipun dalam bentuk uji coba.

Hingga Agustus 2023, WhatsApp juga merilis banyak fitur baru, mulai dari fitur edit chat sampai folder chat. Fitur-fitur itu tidak hanya dirilis untuk pengguna di Amerika Serikat saja, sebagai "markas utama" perusahaan, tetapi juga di Indonesia.

Fitur edit misalnya, dirilis WhatsApp pada akhir Mei lalu. Fitur ini begitu dinanti pengguna karena mempermudah ketika terjadi kesalahan penulisan atau pengiriman pesan dan lain sebagainya.

Baca juga: 10 Ciri WhatsApp Disadap, Perhatikan untuk Menjaga Akun Tetap Aman

Nah, fitur baru WhatsApp lainnya juga tak kalah dinantikan pengguna. Apa saja fitur baru WhatsApp? Berikut rinciannya.

Edit chat

Fitur ini begitu dinantikan oleh pengguna karena bisa mengoreksi pesan yang sudah terlanjur terkirim di WhatsApp. Kehadiran fitur edit chat WhatsApp diumumkan langsung oleh CEO induk WhatsApp, Meta, Mark Zuckerberg pada akhir Mei lalu.

Melalui fitur ini, pengguna bisa mengubah pesan yang telah mereka kirimkan di WhatsApp, baik itu pesan pribadi maupun grup, ketika ada kesalahan dalam pengetikan atau typo.

Untuk mengedit pesan di WA, pengguna hanya perlu mengeklik dan menekan suatu pesan selama beberapa detik. Lalu, mereka bisa memilih menu "Edit" yang ada di menu "tiga titik vertikal" yang terletak di pojok kanan atas jendela percakapan.

Perlu dicatat bahwa pesan yang bisa diedit adalah pesan yang baru dikirim hingga 15 menit setelah dikirim. Lebih dari itu, fitur edit pesan tidak bisa dipakai lagi. Cara edit pesan WA bisa Anda simak dalam artikel "Cara Edit Chat WhatsApp di Android dan iPhone, Bisa Ubah Pesan yang Terlanjur Dikirim".

Keep in chat

Fitur "Keep in Chat" dirilis perusahaan pada bulan April tahun ini. Sederhananya fitur ini semacam bookmark, untuk menandai atau menyimpan pesan WA yang dikirimkan dengan mode Disappearing Message (Pesan Sementara).

Fitur Disappearing Message dapat menghapus pesan di ruang obrolan si penerima dan pengirim. Maka dari itu fitur “Keep in Chat” ini memungkinkan pesan bisa dibaca meskipun sudah terhapus otomatis.

Pengguna yang mengaktifkan fitur Disappearing Message, dapat mengetuk pesan lebih lama (long press) untuk menyimpannya. Setelah menahan chat tersebut, nantinya akan muncul akun “Bookmark” di sisi atas chat. Fitur ini terletak berada di antara ikon “reply” dan “trash”.

Saat menyimpan chat yang dikirim dengan mode Disapearing Message aktif, pengirim nantinya akan mendapatkan notifikasi apakah mengizinkan penerima pesan menyimpan chat tersebut atau tidak.

Cara menyimpan pesan sementara WA, bisa Anda simak pada artikel "Cara Bookmark Pesan WhatsApp Agar Tidak Hilang dan Terhapus".

Foto resolusi tinggi (HD)

Fitur baru WhatsApp lainnya yaitu kirim foto resolusi tinggi alias High Definition (HD). Fitur ini dirilis WhatsApp pada Juni lalu ke sejumlah pengguna. Dengan fitur ini, pengguna bisa berkirim foto yang lebih jernih dari sebelumnya.

Baca juga: Cara Download Video HD di Facebook lewat Aplikasi dan Web

Semula, foto yang dikirim via WhatsApp dikompres oleh sistem, sehingga kualitasnya yang setinggi kualitas aslinya. Selain itu, terkadang foto di WA juga buram bila diperbesar karena proses kompres itu tadi.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com