Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Xiaomi Siapkan MiOS, Pengganti MiUI?

Kompas.com - 29/08/2023, 09:31 WIB
Lely Maulida,
Wahyunanda Kusuma Pertiwi

Tim Redaksi

Sumber GizChina

KOMPAS.com - Selama ini, deretan ponsel Xiaomi menggunakan antarmuka (user interface/UI) MiUI. Namun, sebuah kabar mengindikasikan bahwa antarmuka tersebut akan segera diganti oleh vendor asal China itu.

Kabarnya, MiUI akan segera diganti dengan UI baru bernama MiOS. Rumor ini mencuat setelah perusahaan mendaftarkan merek dagang sistem operasi (OS) buatannya bernama "MiOS" di China pada 11 November 2022. 

Antarmuka MiOS kabarnya dirancang agar berjalan dengan Android Open Source Project (AOSP). Dengan begitu, MiOS bisa berjalan di berbagai perangkat, termasuk smartphone, tablet hingga perangkat wearable seperti smartwatch.

Selain beberapa produk tersebut, MiOS juga disebut bisa diaplikasikan untuk kendaraan dan lainnya.

Baca juga: Bocoran Daftar HP Xiaomi yang Bakal Kebagian MiUI 15

Konon, MiOS akan diperkenalkan sebagai pengganti MiUI 15. Kendati demikian, ada pula rumor yang berkata bahwa MiOS bakal menjadi sistem operasi alternatif Android, sebagaimana Huawei HarmonyOS.

Adapun HarmonyOS merupakan sistem operasi buatan Huawei yang digunakan setelah pabrikan tersebut dilarang menggunakan OS Android di perangkatnya.

MIUI merupakan salah satu antarmuka yang cukup populer di kalangan pengguna smartphone Android, khususnya Xiaomi dan sub-brand-nya, seperti Poco. Pasalnya, UI ini hadir dengan sejumlah opsi dan fitur yang bisa dipersonalisasi pengguna. Di sisi lain, MIUI juga banyak dikritik karena banyak menyelipkan iklan.

Hadirnya MiOS akan membuat Xiaomi kabarnya akan mengurangi ketergantungannya pada Android milik Google. Selain itu, perusahaan juga punya lebih banyak akses untuk mengembangkan fitur dan desain antarmuka sendiri.

Hal ini dimaksudkan untuk mengantisipasi kemungkinan Xiaomi akan bernasib seperti Huawei di kemudian hari.

Alasan lainnya yang membuat Xiaomi merancang MiOS kemungkinan adalah karena perusahaan ingin ekspansi ke pasar baru termasuk AS yang fokus akan masalah keamanan Android.

Nah, dengan MiOS, Xiaomi bisa mengatasi masalah itu sehingga memudahkannya menjual produk di negara tersebut, dihimpun KompasTekno dari GizChina, Selasa (29/8/2023).

Kendati demikian, belum ada konfirmasi resmi dari Xiaomi soal MiOS. Jadi, belum bisa dipastikan apakah MiOS akan menjadi kompetitor Android seperti HarmonyOS, atau akan menggantikan MiUI yag selama ini melekat di smartphone Xiaomi.

Nasib MiUI 15

Terlepas dari rumor soal MiOS, Xiaomi sudah mengembangkan antarmuka MIUI 15. Dalam sebuah acara di China yang digelar awal Agustus ini, Xiaomi memperlihatkan sebuah slide bertuliskan “MiUI 15”. Tulisan itu didominasi oleh warna merah muda (pink) sebagai latar belakang, serta angka "5" berwarna putih di atasnya.

Baca juga: Bocoran Daftar HP Xiaomi yang Bakal Kebagian MiUI 15

Slide itu seolah menegaskan bahwa Xiaomi memang tengah mengembangkan MiUI 15, setelah selama ini perusahaan menutup rapat-rapat informasi tersebut.

Kendati begitu, Xiaomi belum merinci fitur baru apa saja yang dibawa MiUI 15. Xiaomi mengatakan bahwa Redmi K60 Ultra akan menjadi salah satu ponsel pertama mendapat antarmuka MIUI 15.

Meski kehadiran MiUI 15 belum diumumkan secara resmi, sudah ada bocoran tentang model perangkat-perangkat Xiaomi yang akan kebagian software ini. Beberapa di antaranya yaitu Xiaomi 13 series, Xiaomi 12 series, Redmi Note 12 series hingga Poco F5 series.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com