Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Samsung Siapkan SSD 990 Pro 4 TB, Ada Dua Versi

Kompas.com - 30/08/2023, 15:35 WIB
Oik Yusuf,
Reza Wahyudi

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Produk media penyimpanan solid state drive (SSD) PC dari Samsung dikenal berkualitas tinggi dan kencang, tak terkecuali 990 Pro. Satu kekurangannya adalah keterbatasan kapasitas yang paling tinggi 2 TB.

Limitasi tersebut tak lama lagi bakal berubah karena Samsung sedang menyiapkan SSD 990 Pro dengan kapasitas 4 TB. Hal itu diungkapkan oleh akun Samsung Semiconductor dalam sebuah tweet.

"Anda sangat menginginkannya, jadi kami mesti mewujudkannya. Model 4 TB dari 990 Pro oleh #SamsungSSD akan tiba," kicau Samsung.

Baca juga: Murah Tapi Kencang, Ini Rekomendasi SSD yang Sedang Turun Harga

Nantinya, SSD Samsung 990 Pro 4 TB bakal hadir dalam dua versi, yakni drive saja dengan nomor model MZ-V9P4T0BW dan drive berikut pendingin (heatsink) dengan nomor model MZ-V9P4T0CW.

Sebelumnya, Samsung 990 Pro 2/1 TB juga tersedia dalam varian dengan dan tanpa heatsink. Begitu juga dengan flagship terdahulu, 980 Pro.

Varian dengan heatsink menyertakan pendingin untuk mendukung kinerja SSD di PC desktop atau konsol game seperti PS5. Sementara, varian tanpa heatsink bisa digunakan di laptop atau PC yang memiliki heatsink M.2 bawaan dari motherboard.

Sebagaimana dihimpun KompasTekno dari Tom's Hardware, Rabu (30/8/2023), Samsung 990 Pro merupakan SSD consumer terkencang dari Samsung.

Dengan controller Pascal buatan Samsung, cache DRAM LPDDR4, dan interface PCIe 4.0 x4, SSD ini memiliki kecepatan baca hingga 7.450 MB per detik dan kecepatan tulis hingga 6.900 MB per detik.

Baca juga: Awas, Ada SSD Samsung Palsu yang Lebih Pelan dari Flashdisk

Angka kecepatan ini sama untuk versi 1 TB, 2 TB, maupun 4 TB yang akan datang. Satu hal lain di luar kapasitas yang membedakan varian 4 TB dari lainnya adalah rating ketahanan, yakni 2.400 terabytes written (TBW) atau dua kali lebih besar dari versi 2 TB.

Sayangnya, meski sudah tercantum dalam brosur Samsung, SSD 990 Pro versi 4 TB masih belum memiliki keterangan harga atau jadwal ketersediaan.

Sekadar acuan saja, di Indonesia, SSD Samsung 990 Pro 1 TB (tanpa heatsink) dijual seharga Rp 2 juta. Sementara, versi 2 TB dihargai Rp 3,6 juta.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com