Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Indonesia Lolos ke Playoff Mobile Legends IESF 2023

Kompas.com - 31/08/2023, 09:29 WIB
Mikhaangelo Fabialdi Nurhapy,
Yudha Pratomo

Tim Redaksi

Sumber Liquipedia

KOMPAS.com - Timnas "Mobile Legends" (MLBB) Indonesia lolos ke babak playoff di kompetisi e-sports skala dunia, International Esports Federation (IESF) 2023.

Satu slot di playoff diamankan setelah timnas Mobile Legends Indonesia yang beranggotakan Vynnn, Xorizo, Super Kennn, Saken, Kyy, dan Morenoo, setelah mengalahkan Turki dan Kazakhstan.

Indonesia mengalahkan Turki dengan skor 2-0 pada Rabu (31/8/2023) malam waktu Indonesia. Kemudian mengalahkan Kazakhstan dengan skor akhir 2-1 pada Kamis (31/8/2023) dini hari waktu Indonesia.

Adapun kedua pertandingan tersebut mengusung format tiga game terbaik alias Best of 3 (BO3).

Indonesia mendominasi dua pertandingan

Dalam match melawan Turki, timnas Mobile Legends Indonesia tampak mendominasi dan menguasai arah permainan dengan mudah.

Hal ini dibuktikan oleh Vynnn dkk yang terus "menculik" alias mengeliminasi pemain Turki, tanpa memberikan mereka kesempatan untuk melakukan trade kill.

Skuad Vynn dkk selalu unggul dalam poin eliminasi dibanding Turki. Indonesia unggul 14-3 pada match pertama dan 10-2 pada match kedua.

Turki yang kewalahan tidak mampu membendung serangan tim Indonesia dalam kedua match yang dimainkan, sehingga Vynnn dkk mampu menghancurkan turret dalam waktu yang relatif singkat (11 menit di match pertama, 12 menit di match kedua).

Berbeda dengan Turki, Kazakhstan justru membuat timnas Indonesia cukup "ketar-ketir". Tim Mobile Legends Kazakhstan mengamankan match pertama dalam duel panjang yang berlangsung selama 31 menit.

Baca juga: Hasil Tim Indonesia di IESF 2023, Lolos ke Playoff di Tiga Cabang E-sports

Dalam setengah jam permainan itu, sebenarnya Indonesia mempunyai poin eliminasi yang unggul dibanding Kazakhstan, yakni 19-11 pada menit ke-16. Dengan kata lain, timnas Kazakhstan tidak rutin melakukan eliminasi atau trade kill.

Pada menit ke-28, Vynnn dkk juga sempat mengurung Kazakhstan dalam kandangnya sendiri, meski mereka tidak berhasil menghancurkan turret untuk memenangkan pertandingan.

Kazakhstan pun melakukan serangan balasan dan mampu menghancurkan turret Indonesia, dengan skor eliminasi akhir 21-25.

Timnas Indonesia kemudian melakukan reverse sweep atau membalikkan kedudukan, dan memenangkan dua pertandingan berikutnya. Match kedua dimenangkan dalam waktu 17 menit dan match ketiga dalam 21 menit.

Dengan kemenangan ini, timnas Indonesia memuncaki klasemen akhir grup B "Mobile Legends" IESF 2023.

Dua tim teratas yang ada di tiap grup akan melaju ke babak selanjutnya, sedangkan dua terbawah harus "pulang kampung" dari ajang IESF 2023.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com