Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Hoyoverse Perbaiki Bug "Genshin Impact" yang Bisa Merusak Game

Kompas.com - 31/08/2023, 09:01 WIB
Bill Clinten,
Yudha Pratomo

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Kamis (24/8/2023) lalu, ditemukan masalah alias bug berbahaya di game Genshin Impact versi PC. Bug ini bisa merusak game Genshin Impact yang terinstal di perangkat.

Bug ini memungkinkan pemain lain yang berkunjung ke dunia kita melalui mode Co-op, menghancurkan beragam obyek fisik di dalam arena milik kita.

Objek yang bisa dihancurkan tersebut sangat vital. Sebab, beberapa objek atau item biasanya berkaitan dengan jalan cerita atau misi tertentu di dalam game Genshin Impact.

Jika dihancurkan, maka pemain tak bisa menyelesaikan misi atau jalan cerita tertentu yang tengah mereka jalani. Akibatnya, pemain akan terjebak (stuck) dan tidak bisa melanjutkan alur cerita.

Kabarnya, bug ini juga dieksploitasi oleh pihak yang tidak bertanggung jawab menggunakan aplikasi pihak ketiga.

Mendengar adanya bug ini, Hoyoverse, selaku pengembang dan penerbit Genshin Impact, angkat bicara pada Senin (28/8/2023).

Dalam sebuah posting di X Twitter melalui akun@GenshinImpact, mereka mengatakan telah memperbaiki bug tersebut sejak 25 Agustus.

Dengan begitu, oknum yang tak bertanggung jawab dipastikan tidak bisa lagi memanfaatkan bug Genshin Impact yang menggunakan aplikasi pihak ketiga tadi, dan pengguna kini bisa memainkan fitur Co-op dengan aman seperti biasanya.  

Selain itu, Hoyoverse juga mengatakan pihaknya sudah memulihkan sejumlah akun-akun yang terdampak bug tersebut per 26 Agustus kemarin. 

Meski demikian, pemulihan tersebut hanya berlaku pada beberapa akun-akun yang telah melaporkan masalah terkait bug tadi melalui layanan pelanggan alias Customer Service di dalam game.

Artinya, pemain yang terdampak bug penghapusan item ini bisa mengunjungi menu "Feedback" di dalam game untuk melaporkan masalah yang sedang dialami mereka terkait bug tersebut. 

Baca juga: NetEase Umumkan Project Mugen, Game Mirip Genshin Impact dan GTA

"Jika Anda terkena bug ini, Anda bisa melaporkannya ke layanan Customer Service. Apabila kami mendeteksi bahwa bug tersebut memang merupakan bug yang disebabkan oleh penghapusan item oleh aplikasi pihak ketiga tadi, maka kami akan membantu pengguna supaya akun mereka diperbaiki," jelas Hoyoverse.

"Setelah itu, kami akan memantau dan terus melaporkan hasil dari perbaikan akun kepada para pengguna yang terdampak via kotak surat di dalam game, hingga bug tersebut berhasil diperbaiki sepenuhnya," imbuh Hoyoverse. 

Bagi pengguna yang sudah melaporkan bug penghapusan item ini namun belum ada perbaikan, mereka tampaknya harus bersabar sedikit. 

Sebab, Hoyoverse mengatakan item-item pengguna yang sudah dihapus akan dipulihkan secara berkala, dan akan diperbaiki secara penuh dalam pembaruan (update) selanjutnya.

Halaman Berikutnya
Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com