Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Daftar Game Baru September 2023, Ada "Starfield" dan "EA Sports FC 24"

Kompas.com - 30/08/2023, 12:00 WIB
Mikhaangelo Fabialdi Nurhapy,
Reska K. Nistanto

Tim Redaksi

Sumber IGN

KOMPAS.com - Gamers perlu menyiapkan bujet dan waktu luang yang banyak pada September 2023. Sebab, bulan ini dipadati oleh deretan game baru dan konten tambahan (expansion) yang sangat ditunggu-tunggu.

Adapun beberapa game anyar tersebut digarap atau diterbitkan oleh berbagai studio kenamaan, mulai dari Bethesda Game Studios, Nintendo, CD Projekt Red, Electronic Arts (EA), dan masih banyak lagi.

Untuk genre, pemain bisa menikmati permainan Role-Playing Game (RPG), olahraga, fighting, dan lain sebagainya.

Baca juga: Daftar Game Baru yang Diumumkan di Gamescom 2023

Terdapat belasan game menarik yang patut dilirik pada September 2023. Berikut ini daftarnya.

1. Starfield

StarfieldSteam Starfield

Paruh pertama September 2023 diramaikan oleh "Starfield", yakni game RPG ambisius besutan Bethesda Game Studios. Studio ini sebelumnya pernah merilis berbagai game populer seperti "The Elder Scrolls V: Skyrim", "Fallout 4", dan "Doom Eternal".

"Starfield" mengajak pemain untuk bergabung dengan "Constellation", yaitu kelompok penjelajah luar angkasa terakhir, yang mencari artefak paling langka di seluruh galaksi.

Sebelum melakukan eksplorasi, pemain akan melakukan kustomisasi karakter terlebih dahulu, baik dari segi tampilan fisik, latar belakang cerita, maupun kepribadian karakter.

Latar belakang dan kepribadian ini akan berpengaruh langsung pada gameplay "Starfield". Contohnya saja latar belakang "Cyber Runner" yang meningkatkan damage pistol sebesar 10 persen.

Beralih ke kepribadian, ketika memilih sifat "Introvert", karakter pemain akan memiliki stamina yang lebih kuat ketika melakukan aktivitas seorang diri. Akan tetapi, karakter akan menjadi mudah lelah bila ada banyak orang di sekitarnya.

Sikap ini dirancang agar realistis, sehingga pengguna tidak bisa memilih sifat-sifat yang tidak cocok atau berlawanan, dengan sifat yang sudah dimiliki. Jadi, pemain tidak bisa memilih sifat "Extrovert", jika sudah mempunyai sikap "Introvert".

Setelah merancang karakter dan kapal terbang, gamers akan menjelajahi ribuan planet yang unik. Planet ini mencakup kota yang ramai, markas musuh yang berbahaya, dan lanskap liar yang dipenuhi flora serta fauna yang beragam.

Dalam planet itu, pemain bisa mengumpulkan sumber daya untuk membuat senjata, obat, dan makanan. Pemain bisa juga mendirikan markas dan memperkerjakan kru untuk mengumpulkan material.

Baca juga: 17 Game Baru di Katalog PS Plus Agustus 2023, Ada Sea of Stars dan Moving Out 2

Setelah menelusuri planet, gamers bisa mengunjungi planet lainnya, dan kemudian mengerjakan berbagai misi (quest) menarik, misalnya melakukan pertarungan dengan kapal luar angkasa.

Bila tertarik, "Starfield" dirilis pada 6 September di PC (Steam, Microsoft Store) dan Xbox Series X/S. Permainan ini dibanderol seharga Rp 759.000 di Steam dan sekitar Rp 1 juta di Xbox Series X/S.

"Starfield" juga bisa dinikmati lewat layanan Xbox Game Pass seharga 10.99 dollar AS (Rp 168.399) per bulan, dan PC Game Pass dengan banderol harga Rp 49.999 per bulan.

2. Pokemon Scarlet and Pokemon Violet - The Hidden Treasure of Area Zero Part 1

Pokemon Scarlet and Pokemon Violet - The Hidden Treasure of Area Zero Part 1: The Teal MaskPokemon Pokemon Scarlet and Pokemon Violet - The Hidden Treasure of Area Zero Part 1: The Teal Mask

Penggemar seri "Pokemon" pastinya menantikan kehadiran konten tambahan "The Hidden Treasure of Area Zero - Part 1: The Teal Mask", untuk game "Pokemon Scarlet and Pokemon Violet".

Seperti namanya, konten tambahan ini merupakan bagian pertama dari "The Hidden Treasure of Area Zero". Sementara itu, bagian kedua yang berjudul "The Indigo Disk" akan diluncurkan pada musim dingin 2023.

Dalam bab pertama alias "The Teal Mask", pemain akan mengikuti studi lapangan ke wilayah Kitakami. Wilayah ini memiliki pegunungan tinggi yang dikelilingi sawah dan kebun apel.

Studi lapangan tersebut mengharuskan pemain untuk mempelajari sejarah Kitakami yang kaya dan penuh misteri. Pemain nantinya juga bisa mengikuti "Festival of Masks" yang diramaikan oleh warga dan pedagang Kitakami.

Gamers bakal bertemu dengan banyak karakter baru di "The Teal Mask", mulai dari Carmine, Kieran, Briar, hingga Perrin.

Tak hanya karakter, terdapat pula Pokemon anyar yang hanya bisa ditemukan di Kitakami, seperti Okidogi, Munkidori, Fezandipiti, Ogerpon, dan Poltchageist.

Ratusan Pokemon yang sebelumnya tidak diperkenalkan di "Pokemon Scarlet and Violet", tetapi hadir di seri "Pokemon" sebelumnya, akhirnya menyambangi expansion "The Teal Mask".

Pokemon tersebut mencakup Snorlax, Shaymin, dan trio starter "Pokemon Diamond and Pearl", yaitu Chimchar, Piplup, serta Turtwig.

"The Teal Mask" juga memperkenalkan sejumlah fitur baru, contohnya event "Ogre Oustin" yang mengharuskan pemain menghancurkan balon dalam waktu yang cepat.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com