Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Qualcomm Umumkan Snapdragon G, Chipset Khusus Konsol Game Handheld

Kompas.com - 24/08/2023, 10:35 WIB
Bill Clinten,
Reza Wahyudi

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Qualcomm resmi mengumumkan keluarga chipset terbarunya yang diberi nama Snapdragonn G Series. Qualcomm menyebut lini chipset terbaru ini hadir untuk mentenagai aneka konsol game portabel alias handheld di berbagai segmen. 

Ada tiga model Snapdragon G Series baru yang diperkenalkan Qualcomm, yaitu Snapdragon G1 Gen 1 untuk segmen bawah (entry-level), Snapdragon G2 Gen 2 untuk segmen menengah (mid-range), dan Snapdragon G3x Gen 2 untuk segmen atas (flagship)

"Perangkat yang ditenagai generasi terbaru Snapdragon G Series akan menjadi medium terbaik bagi para gamer, dengan kemampuan untuk memilih bermain melalui cloud, konsol, Android, atau PC saat mereka sedang dalam perjalanan," kata Senior Director of Product Management, Mithun Chandrasekhar Qualcomm Technologies, Inc, dalam keterangan pers yang diterima KompasTekno, Rabu (23/8/2023).

Snapdragon G1 Gen 1

Ilustrasi perangkat game handheld yang ditenagai Snapdragon G1 Gen 1.Qualcomm Ilustrasi perangkat game handheld yang ditenagai Snapdragon G1 Gen 1.

Snapdragon G1 Gen 1 ditujukan untuk konsol gaming hanheld terjangkau. Biasanya, perangkat seperti ini tidak dibekali dengan kipas di dalamnya dan ditujukan sebagai perangkat untuk  memainkan berbagai game lewat layanan cloud gaming.

Untuk menunjang kegiatan cloud gaming, chipset ini dibekali dengan prosesor (CPU) delapan inti (octa-core) berjenis Kryo, serta pengolah grafis (GPU) Adreno A11.

Fitur pendukung lainnya mencakup dukungan layar resolusi Full HD dan refresh rate 60 Hz yang mendukung gaming di kualitas 1080p dengan frame rate 60 FPS, kamera selfie, Bluetooth 5, serta Qualcomm Wi-Fi 5.

Baca juga: Inikah Smartphone Pertama dengan Chipset Snapdragon 8 Gen 3?

Snapdragon G2 Gen 1

Ilustrasi perangkat game handheld yang ditenagai Snapdragon G2 Gen 1.Qualcomm Ilustrasi perangkat game handheld yang ditenagai Snapdragon G2 Gen 1.

SnapdragonG1 Gen 1 merupakan chipset konsol game portabel untuk perangkat kelas menengah. Chipset ini dibekali dengan peningkatan spesifikasi dibanding Snapdragon G1 Gen 1, seperti GPU Adreno A21.

Chipset ini juga hadir dengan fitur yang absen di Snapdragon G1 Gen 1, yaitu chip modem Snapdragon X62 5G, serta sistem WiFi Qualcomm FastConnect 6700.

Dengan begitu, pengguna bisa memanfaatkan layanan cloud gaming dengan bantuan 5G dan WiFi berteknologi cepat dari Qualcomm.

Fitur pendukung lain di Snapdragon G2 Gen 1 mencakup WiFi 6/6E, dukungan kamera selfie, Bluetooth 5, dan layar Full HD Plus dengan refresh rate 144 Hz.

Baca juga: Qualcomm Snapdragon 4 Gen 2 Meluncur, Chip untuk Ponsel Murah

Snapdragon G3x Gen 2

Ilustrasi perangkat game handheld yang ditenagai Snapdragon G3x Gen 2.Qualcomm Ilustrasi perangkat game handheld yang ditenagai Snapdragon G3x Gen 2.

Snapdragon G3x Gen 2 merupakan penerus dari Snapdragon G3x Gen 1 yang diperkenalkan pada November 2021 lalu. Chipset ini merupakan model termumpuni dari dua model Snapdragon G Series di atas dan ditujukan untuk konsol gaming handheld kelas flagship

Karena merupakan model paling canggih, Snapdragon G3x Gen 2 tentunya dibekali dengan berbagai fitur dan teknologi terbaru dari Qualcomm.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com