Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Tiktoker Bikin AI untuk Main Game "Super Mario World" di Live TikTok, Hasilnya?

Kompas.com - 01/09/2023, 15:00 WIB
Bill Clinten,
Wahyunanda Kusuma Pertiwi

Tim Redaksi

Sumber TikTok

KOMPAS.com - Teknologi kecerdasan buatan (artificial intelligence/AI) kini dimanfaatkan untuk berbagai hal, mulai dari bisnis, layanan internet, serta game.

Di dunia game, ada seorang pengguna TikTok dengan handle @_thepcmasterrace yang menggunakan AI untuk memainkan salah satu game dari seri kartun Nintendo populer di konsol Nintendo Entertainment System (NES), yaitu Super Mario World

Dalam beberapa minggu terakhir, akun TikTok tersebut gemar menggelar siaran langsung di TikTok (live TikTok) untuk memamerkan kemampuan sofware AI buatannya yang dijuluki "Rupert". 

Akun TikTok @_thepcmasterrace merancang Rupert sedemikian rupa supaya bisa belajar dari kesalahan-kesalahan yang ia perbuat ketika memainkan setiap level di game Super Mario World

Nah, di dalam game, sama seperti ketika pengguna memainkan game Super Mario World, Rupert bisa mengontrol karakter tukang ledeng ikonik Mario dengan leluasa.

Baca juga: Hacker Sebar Malware Lewat Film Bajakan The Super Mario Bros Movie

Beberapa kontrol yang dijalankan Rupert secara otomatis mencakup berlari, lompat, menginjak musuh, menyundul obyek, dan lain sebagainya. 

Pada video awal untuk level 1 di game Super Mario World, Rupert tampaknya gagal terus-menerus. Sang pembuat Rupert mengatakan bahwa kegagalan ini akan "diingat" oleh Rupert supaya ia bisa menyelesaikan tantangan yang membuatnya gagal. 

Walhasil, Rupert kini berhasil menyelesaikan level 1 di game Super Mario World, seperti dalam video TikTok yang diunggah @_thepcmasterrace di tautan berikut ini.

Pantauan KompasTekno di akun TikTok @_thepcmasterrace, Jumat (1/9/2023), software AI Rupert tampaknya terus dikembangkan oleh akun TikTok tersebut. 

Bahkan, akun TikTok ini mengeklaim teknologi AI Rupert kini bisa menyelesaikan sebuah level di game Super Mario World dengan lebih cepat dari sebelumnya. 

Nah, saat ini, Rupert tampaknya sudah bisa menyelesaikan dua level pertama di game Super Mario World.

Baca juga: Kominfo Siapkan Pedoman Etika AI untuk Lindungi Data Pribadi

Dalam video terbaru, Rupert disebut nyaris bisa menyelesaikan level 3 di game tersebut, namun gagal mendekati akhir-akhir level.

Ada kemungkinan kemampuan Rupert akan bertambah seiring berjalannya waktu, dan AI ini bisa menamatkan seluruh level di Super Mario World. Adapun jumlah level di game ini kurang lebih ada 72 level.

Tertarik melihat progres dan pencapaian Rupert menamatkan game Super Mario World versi NES? Anda bisa langsung memantau akun TikTok @_thepcmasterrace di tautan berikut ini.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com