Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Google Rilis Asisten AI "Duet", Mudahkan Bikin Slide Presentasi dan Balas E-mail

Kompas.com - 30/08/2023, 16:00 WIB
Galuh Putri Riyanto,
Wahyunanda Kusuma Pertiwi

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Google menggelontorkan asisten virtual berbasis kecerdasan buatan (artificial intelligence/AI), yakni "Duet" ke aplikasi Workspace yang mencakup Gmail, Calendar, Drive, Docs, Sheets, Slides, Spreadsheet, dan Meet. Fitur ini digulirkan mulai 29 Agustus 2023.

Adapun Google Duet pertama kali diumumkan Google dalam konferensi pengembang tahunan Google I/O 2023 pada Mei lalu di Amerika Serikat. Sebelum bisa dinikmati pengguna lebih luas, fitur ini sudah diuji coba ke lebih dari satu juta pengguna selama beberapa waktu.

Untuk bisa menggunakan fitur Google Duet, pengguna harus berlangganan layanan Google Workspace seharga 30 dollar AS (sekitar Rp 457.000), setidaknya untuk pengguna organisasi besar.

Kepala Workspace, Parna Pappu mengatakan bahwa Google belum metapkan harga berlangganan untuk pengguna bisnis dan enterprise yang lebih kecil.

Baca juga: Google Photos Versi Web Punya Fitur Baru, Edit Foto Jadi Lebih Cepat

Bisa bikin bagan dan gambar

Tampilan gambar di Slides yang dibuat dengan asisten AI Google Duet.Google Tampilan gambar di Slides yang dibuat dengan asisten AI Google Duet.
Google Duet akan mulai muncul sebagai menu terpisah di pojok kanan atas aplikasi Workspace. Asisten AI Google Duet ini menawarkan sejumlah fitur kepada pengguna Google Workspace.

Di Google Docs, pengguna bisa memanfaatkan Duet untuk mengoreksi tata bahasa tulisan dalam bahasa Inggris, Spanyol, Perancis, Jepang, dan banyak lagi.

Pengguna juga bisa mengoreksi nada dan gaya dalam tulisan. Panel saran koreksi akan muncul untuk menulis secara ringkas, menghindari pengulangan, dan memanfaatkan kalimat yang lebih formal atau aktif.

Kemudian di Gmail, pengguna bisa menggunakan Duet untuk menulis e-mail balasan profesional, mengisi nama penerima, dan informasi relevan lainnya.

Baca juga: Google Search Bisa Rangkum Artikel Panjang di Website Menggunakan AI

Di aplikasi Google Slide, asisten virtual Google Duet ini memungkinkan pengguna menghasilkan gambar untuk dimasukkan ke slide presentasi, seperti gambar di atas.

Pengguna hanya perlu memasukkan perintah berupa deskripsi ke kolom "Help me visualize" (bantu saya memvisualisasikan). Pilih tipe gambar yang diinginkan, lalu klik "create". Tunggu sekitar 20 detik, lalu Google Duet akan menampilkan gambar sesuai perintah pengguna.

Di Spreadsheet, asisten AI Google Duet bisa membantu pengguna untuk menganalisis data dan memvisualisasikan data dengan desain yang menarik, sebagaimana dihimpun KompasTekno dari situs resmi Google Workspace, Rabu (30/8/2023).

Lalu, di Google Meet, pengguna bisa menginstruksikan asisten AI Google Duet untuk membuat gambar latar belakang (background) sesuai keinginannya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com