Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Tampilan WhatsApp Bakal Dirombak Besar-besaran, Seperti Apa?

Kompas.com - Diperbarui 04/09/2023, 09:01 WIB
Caroline Saskia,
Wahyunanda Kusuma Pertiwi

Tim Redaksi

Sumber WABetaInfo

KOMPAS.com - WhatsApp (WA) dikabarkan akan merombak tampilan secara besar-besaran. Informasi ini diungkap oleh WABetaInfo, situs yang kerap membocorkan bakal fitur baru WA.

Menurut WABetaInfo, perombakan tampilan baru WhatsApp sudah muncul di pembaruan WhatsApp beta untuk Android versi 2.23.13.16. Namun, hanya segelintir pengguna beta versi Android saja yang "beruntung" mendapat tampilan baru ini.

Dalam tampilan antarmuka (user interface/UI) terbaru, WhatsApp membawa elemen Material Design 3 UI. Material Design ini merupakan bahasa desain yang dirancang Google.

Di Material Design 3, ada beberapa bahasa desain baru yang dibawa, seperti tema, komponen, dan palet warna yang dinamis, sesuai gaya visual dan UI sistem operasi Android terbaru.

Nah, tampilan baru WhatsApp, akan menyesuaikan dengan bahasa desain ini. Dari segi warna, WhatsApp masih akan menggunakan nuansa hijau yang khas. Akan tetapi, warna hijau yang sebelumnya memenuhi header atau sisi atas ruang obrolan (chatroom), akan berubah menjadi putih.

Baca juga: Aplikasi WhatsApp Khusus MacOS Dirilis, Bisa Video Call 8 Orang

Hanya logo "WhatsApp" di sisi kiri saja yang akan berwarna hijau, dari sebelumnya putih. Jenis huruf (font) yang digunakan juga tampak berubah. Bentuk font terbaru agak membulat di ujung-ujung huruf, memberikan kesan yang lebih modern.

Perubahan lain adalah navigasi bar yang mencakup menu utama, yakni "Chat", "Status", "Community", dan "Calls", akan berpindah ke sisi bawah. Sebelumnya, menu tersebut terletak di sisi atas.

Sebetulnya, perubahan navigasi bar tersebut sudah muncul di update WhatsApp beta untuk Android di versi sebelumnya.

Perubahan lain juga akan muncul di sisi atas. Nantinya, akan ada kategori pesan yang akan memudahkan pengguna untuk mengelola percakapan.

Beberapa kategori tersebut adalah "All" (semua), "Unread" (belum dibaca), "Personal" (pribadi), dan "Business" (bisnis). Dengan kategori tersebut, pengguna bakal bisa lebih mudah memfilter pesan mana yang sudah dibaca, mana pesan pribadi, dan mana pesan bisnis.

Berikut adalah contoh perbandingan tampilan aplikasi Whatsapp Android saat ini dan versi baru yang masih dalam tahap uji coba.

Perbandingan tampilan WhatsApp versi uji coba (kiri) dan versi stabil (kanan)WABetaInfo Perbandingan tampilan WhatsApp versi uji coba (kiri) dan versi stabil (kanan)

Perombakan tampilan UI WhatsApp ini juga dikabarkan sedang diuji coba di WA beta untuk iOS, versi 23.17.1.77. Update ini digulirkan lewat program beta untuk iOS, TestFlight, sebagaimana dirangkum KompasTekno dari situs WABetaInfo, Sabtu (2/9/2023).

Baca juga: 5 Cara Menonaktifkan WhatsApp Sementara Tanpa Menghapus Aplikasi

Karena masih tahap diuji coba, ada kemungkinan tampilannya akan berubah, sebelum resmi dirilis ke publik.

Belum ada informasi lebih lanjut mengenai perilisan tampilan baru WhatsApp. Anda bisa rutin melakukan pembaruan aplikasi (update) di toko aplikasi resmi Apple App Store atau Google Play Store untuk mendapatkan fitur terbaru dari WhatsApp.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com