Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pengguna WhatsApp Bisa Bikin Grup tanpa Nama

Kompas.com - 28/08/2023, 12:31 WIB
Caroline Saskia,
Yudha Pratomo

Tim Redaksi

Sumber The Verge

KOMPAS.com - Pengguna WhatsApp (WA) kini bisa membuat grup tanpa menyertakan nama untuk grup tersebut. Fitur ini diumumkan langsung oleh CEO Meta, Mark Zuckerberg, dalam sebuah posting di Facebook.

Grup tanpa nama ini bukan menghilangkan seluruh nama grup sepenuhnya. Menurut penjelasan Zuckerberg, jika pengguna membuat grup yang tidak diberi nama, maka sistem akan secara otomatis menamai grup tersebut sesuai dengan nama anggota di dalamnya.

“Mempermudah memulai grup WhatsApp dengan memberi nama berdasarkan siapa saja yang ada di dalam ruang obrolan, ketika Anda merasa tidak tahu ingin menamainya (grup) apa,” tulis Zuckerberg.

Fitur baru grup WhatsApp, bisa dibuat tanpa harus menyertakan namaFacebook/Mark Zuckerberg Fitur baru grup WhatsApp, bisa dibuat tanpa harus menyertakan nama

Zuckerberg memberi contoh. Sebuah grup dibuat tanpa diberi nama dan anggota di dalam grup tersebut adalah Rocco dan Li-Chen. Secara otomatis, grup tersebut akan diberi nama Rocco & Li-Chen.

Gambar tersebut mengindikasikan bahwa nama grup tersebut merupakan gabungan dari nama peserta yang ada di dalam grup/ruang obrolan.

Perubahan ini memang terbilang sederhana, namun, bisa membantu untuk beberapa kondisi. Misalnya, pengguna ingin membuat grup yang bersifat situasional atau hanya diciptakan untuk koordinasi sementara waktu. Nah, fitur grup tanpa nama ini bisa dimanfaatkan.

Biasanya, ketika membuat sebuah grup, pengguna WA memang wajib memberi nama grup tersebut.

Banyaknya grup yang harus dibuat menggunakan nama, mungkin akan menyusahkan bagi sebagian orang. Pengguna yang merasa dirinya tidak kreatif dalam memberi nama grup bisa saja mengalam kesulitan atau kendala.

Fitur baru ini bisa menjadi solusi atas masalah tersebut. Namun, mengutip dari The Verge, Senin (28/8/2023), grup tanpa nama ini hanya berlaku untuk grup yang berisikan enam orang saja.

Jadi, fitur ini tidak tersedia untuk grup besar yang berisikan ratusan atau ribuan orang. Meski demikian, aturan ini bisa saja berubah ke depannya.

Baca juga: WhatsApp iPhone Sudah Bisa Kirim Foto HD, Begini Caranya

Tampilan nama yang muncul juga berbeda-beda di tiap perangkat. Nama yang muncul akan disesuaikan dengan nama kontak yang disimpan oleh pengguna.

Misal, Anda menamai kontak lain (misal) “Caroline”, sedangkan orang lain menulis “Oline", maka tampilan namanya akan sesuai dengan nama kontak yang disimpan.

Dalam kasus lain, jika Anda belum menyimpan nomor kontak peserta terkait, tampilan nama yang muncul berupa nomor kontak yang terdaftar di WhatsApp.

Pantauan KompasTekno, WhatsApp Android versi 2.23.16.76 sudah kedapatan fitur ini. Ketika membuat grup baru, nama grup tertulis opsional.

Membuat grup WhatsApp tanpa nama sudah hadir untuk pengguna Indonesia. Begini tampilannyaKOMPAS.com/Caroline Saskia Tanoto Membuat grup WhatsApp tanpa nama sudah hadir untuk pengguna Indonesia. Begini tampilannya
Artinya, pengguna diperbolehkan menyertakan nama grup atau tidak. Setiap peserta juga memiliki nama grup yang berbeda-beda, menyesuaikan penamaan kontak.

Baca juga: 6 Fitur Baru WhatsApp dan Cara Pakainya, Ada Kirim Foto HD dan Edit Pesan

Bila Anda belum kedapatan fitur ini, jangan khawatir. Sebab, WhatsApp dilaporkan tengah menggelontorkan fitur tersebut secara bertahap ke seluruh pengguna global dalam beberapa minggu ke depan.

WhatsApp beberapa waktu belakangan ini memang tengah rajin merilis fitur baru. Contohnya adalah dukungan untuk mengirim foto beresolusi tinggi HD (High Definition), share screen (berbagi layar) saat melakukan panggilan video, dll.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com