Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pengguna WhatsApp Bakal Bisa Kirim Foto dan Video dengan Kualitas Asli?

Kompas.com - 28/08/2023, 11:30 WIB
Lely Maulida,
Wahyunanda Kusuma Pertiwi

Tim Redaksi

Sumber WABetaInfo

KOMPAS.com - WhatsApp tampaknya belum puas dengan update (pembaruan) fitur pengiriman foto dan video di platformnya. Setelah merilis fitur kirim foto dan video beresolusi tinggi alias kualitas High Definition (HD), WhatsApp disebut ingin meningkatkannya.

Aplikasi pesan instan itu dikabarkan tengan menyiapkan fitur kirim foto dan video dengan resolusi orisinal atau asli.

Hal ini diketahui dari pembaruan yang dirilis WhatsApp di Play Store. Pembaruan itu hadir dalam versi beta 2.23.18.12.

Nah, di pembaruan itu, WhatsApp tampak sedang menguji fitur kirim foto dengan kualitas yang sama seperti kualitas aslinya. Perusahaan menyebutnya kualitas orisinal.

Tidak hanya foto, tangkapan gambar yang dibagikan situs yang kerap membocorkan fitur WhatsApp, WABetaInfo, menunjukkan bahwa fitur itu juga mendukung opsi kirim video dengan kualitas seperti aslinya.

Baca juga: Resmi, Pengguna WhatsApp Kini Bisa Kirim Foto Kualitas HD

Dengan dukungan itu, pengguna bisa saling berkirim foto maupun video dengan kualitas yang lebih jernih.

Namun, dari temuan WABetaInfo, kemungkinan foto dan video yang dikirim dengan opsi orisinal, masih tetap mengalami sedikit penurunan kualitas alias kompresi. Kendati demikian, kualitasnya akan terlihat lebih baik dibanding opsi yang sudah ada sebelumnya.

Berbeda dengan fitur kirim foto dan video HD, opsi orisinal nantinya akan muncul di lampiran dokumen. Mekanismenya hampir sama, seperti ketika pengguna hendak melampirkan file dokumen di WhatsApp.

Setelah mengeklik ikon lampiran (klip kertas), pilih opsi "dokumen". Nantinya, opsi galeri foto dan video akan langsung muncul secara terpisah dari file format lain. Hal ini sedikit berbeda dengan mekanisme pengiriman foto dan video dengan format dokumen saat ini, di mana file dari galeri akan tercampur dengan tempat penyimpanan lain.

Di menu itu pula terlihat keterangan "pilih foto atau video kualitas orisinal".

Tangkapan gambar fitur kirim foto dan video kualitas orisinal di WhatsAppKompas.com/Lely Maulida Tangkapan gambar fitur kirim foto dan video kualitas orisinal di WhatsApp

Dengan hadirnya opsi khusus untuk foto dan video, pengguna nantinya akan lebih mudah memilih konten untuk dikirimkan via WhatsApp. Dukungan ini juga mempersingkat waktu pemilihan konten yang hendak dikirim pengguna.

Fitur kirim foto dan video sesuai kualitas aslinya ini baru tersedia untuk pengguna beta WhatsApp Android. Belum diketahui kapan fitur ini digulirkan WhatsApp ke semua pengguna dalam versi stabil.

Baca juga: 6 Fitur Baru WhatsApp dan Cara Pakainya, Ada Kirim Foto HD dan Edit Pesan

Rilis fitur kirim foto dan video HD

Ilustrasi cara kirim foto HD di WhatsApp.KOMPAS.com/Wahyunanda Kusuma Pertiwi Ilustrasi cara kirim foto HD di WhatsApp.

Sebelumnya, WhatsApp sudah menghadirkan opsi kirim foto HD ke pengguna. Fitur ini awalnya diuji ke sejumlah pengguna hingga akhirnya dirilis ke semua pengguna pada 8 Agustus.

Dengan fitur ini, pengguna bisa mengirim foto kualitas HD dengan resolusi maksimal 2304 x 4096.

Dengan fitur itu pula, pengguna kini tak perlu lagi "mengakali" pengiriman foto beresolusi tinggi via fitur pengiriman "Documents/Dokumen". Sebab, fitur foto HD kini bisa dipakai sebagai solusi akan "masalah" tersebut.

Sebelum ada fitur upload foto HD, WhatsApp otomatis akan memperkecil atau melakukan compress terhadap semua gambar yang diunggah ke sebuah percakapan WhatsApp. Artinya, ukuran dan besaran file gambar akan lebih kecil dan kualitasnya akan menurun.

Cara mengirim foto kualitas HD di WhatsApp bisa disimak di artikel "WhatsApp iPhone Sudah Bisa Kirim Foto HD, Begini Caranya".

WhatsApp juga sudah resmi merilis fitur kirim video berkualitas HD beberapa waktu lalu ke seluruh pengguna. Cara mengirim video kualitas HD di WhatsApp, bisa disimak di artikel "Cara Kirim Video Kualitas HD di WhatsApp tanpa Fitur Dokumen".

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com