Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Waspada Phising lewat PDF! Ini Ciri-ciri File Palsu untuk Menghindari Penipuan

Kompas.com - Diperbarui 04/09/2023, 10:00 WIB
Soffya Ranti

Penulis

KOMPAS.com - Kejahatan siber masih cukup meresahkan. Salah satunya yang sering terjadi di aplikasi WhatsApp. Banyak pengguna yang menerima beragam kejahatan siber berjenis phising dengan modus file PDF palsu.

Phising merupakan upaya untuk menjebak korban untuk mencuri informasi pribadi, seperti nomor rekening bank, kata sandi, hingga nomor kartu kredit. Salah satu modus yang perlu diwaspadai adalah melakukan pengecekan ulang dan mengenali perbedaan file PDF palsu dan asli.

Selain itu pengguna diharapkan berhati-hati saat menerima file dari nomor tak dikenal. Untuk membantu tetap waspada dan aman, dilansir dari Instagram Kementerian Komunikasi dan Informatika dengan handle @kemenkominfo, berikut ciri-ciri file PDF palsu berisiko phising yang perlu dikenali.

Baca juga: Interpol Tangkap Warga Indonesia Penyedia Layanan Phising 16Shop

Logo PDF tidak berwarna merah

File PDF biasanya akan memiliki logo khas PDF yaitu merah dengan tanda PDF. Namun apabila Anda menjumpai file PDF dengan logo selain merah dan cukup asing dari bentuk file PDF pada umumnya, sebaiknya hati-hati dan jangan asal mengklik file tersebut.

Nama extension mengandung huruf kapital (.Pdf/.PDF)

Nama file extension asli biasanya tidak mengandung huruf kapital sama sekali dan hanya tersemat (.pdf). Maka dari itu sebaiknya Anda cermat dalam melihat nama file ekstensi yang tersemat di file yang diterima.

Tidak ada preview

File PDF palsu umumnya tidak ada preview yang muncul di ruang obrolan. Meskipun sebagian pengguna WhatsApp memang tak jarang menonaktifkan preview link, namun Anda harus tetap berhati-hati ketika menerima file PDF mencurigakan.

Cara mengatasi jika menerima file PDF mencurigakan

Berikut ini beberapa cara yang bisa Anda lakukan apabila menerima file PDF dari kontak yang tidak dikenal

Jangan asal klik

Usahakan bijak dalam menanggapi pesan yang diterima. Jangan asal klik file PDF meskipun mengatasnamakan pihak penting. Cek ulang dan cermati ciri-ciri PDF sesuai ulasan di atas.

Lihat identitas kontak

Cek identitas kontak. Apabila Anda menerima nomor tak dikenal, Anda bisa melakukan pengecekan kontak terlebih dahulu di GetContact.

Umumnya kontak mencurigakan akan memiliki laporan dan tanda berbahaya tersendiri. Misalnya saja terindikasi dengan nama kontak "penipu" dan lainnya.

Hapus chat

Anda bisa melakukan tindakan langsung menghapus chat WhatsApp yang mencurigakan. Caranya cukup hold atau tekan beberapa detik dan pilih "Hapus chat" .

Baca juga: Sebanyak 1.900 Nomor Telepon Pengguna Signal Diduga Bocor gara-gara Phising

Demikian beberapa ciri file PDF palsu yang perlu Anda waspadai. Selain itu Anda juga dapat melakukan block dan report nomor mencurigakan pengirim file PDF palsu. Caranya cukup klik "Block" atau "Report" pada kontak pengirim. Semoga membantu.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com