Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Google Rilis Logo Baru Android, Kepala Robot 3D dan Karakter Warna-warni

Kompas.com - 06/09/2023, 08:26 WIB
Galuh Putri Riyanto,
Yudha Pratomo

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Google akhirnya mulai menggunakan logo baru dari Android setelah diperkenalkan pada Mei lalu. Kini, maskot robot hijau Android "Bugdroid" mengadopsi gaya tiga dimensi yang lebih modern.

Sistem operasi (operating system/OS) smartphone besutan Google ini semula mengadopsi logo berbentuk kepala robot hijau dengan gaya desain datar alias flat.

Penulisan nama Android juga resmi berubah, dari "android" menjadi "Android". Perubahan penulisan dan logo Android sudah bisa dilihat lewat nama saluran YouTube Android.

Ke depannya, pengguna akan melihat logo baru Android di lebih banyak tempat seperti ketika ponsel menyala alias boot screen, tampilan sejumlah aplikasi dan layanan Google, dan lain sebagainya.

Google pertama kali mengumumkan format penulisan baru dan logo Bugdroid 3D pada ajang kumpul-kumpul pengembang (developer) "Google I/O 2023" pada Mei lalu.

Baca juga: Daftar 10 HP Android Kelas Menengah Paling Kencang Agustus 2023 Versi AnTuTu

Karakter Bugdroid yang warna-warni

Logo baru Android.  maskot Bugdroid tampil dengan lebih dinamis. Hal ini ditandai dengan hadirnya karakter Bugdroid dalam varian warna baru yang unik, tak hanya hijau saja. Misalnya, ada karakter Bugdroid berwarna kuning, biru, pelangi, hitam, hingga karakter Bugdroid berbulu dan memiliki tanduk.Blog Google Logo baru Android. maskot Bugdroid tampil dengan lebih dinamis. Hal ini ditandai dengan hadirnya karakter Bugdroid dalam varian warna baru yang unik, tak hanya hijau saja. Misalnya, ada karakter Bugdroid berwarna kuning, biru, pelangi, hitam, hingga karakter Bugdroid berbulu dan memiliki tanduk.
Dalam sebuah posting di blog resmi, Direktur Manajemen Merek Konsumen Android, Jason Fournier mengatakan, maskot "Bugdroid" tampil dengan lebih dinamis.

Hal ini ditandai dengan hadirnya karakter Bugdroid dalam varian warna baru yang unik, tak hanya hijau saja. Misalnya, ada karakter Bugdroid berwarna kuning, biru, pelangi, hitam, hingga karakter Bugdroid berbulu, bertanduk, dan menggunakan topi.

Masing-masing karakter Bugdroid diharapkan bisa menjadi penanda visual dan digunakan sesuai kebutuhan di lingkungan digital.

Baca juga: Jadi HP Android Terlaris di Dunia, Ini Harga Samsung Galaxy A14 Terbaru

"Kami memperbarui tampilan seluruh tubuh robot untuk memastikannya dapat dengan mudah bertransisi antara lingkungan digital dan kehidupan nyata, menjadikannya pendamping yang serbaguna dan andal di seluruh saluran, platform, dan konteks," tulis Fournier di Blog Google, sebagaimana dikutip KompasTekno, Rabu (6/9/2023).

Fournier mengungkapkan, format penulisan baru hingga logo dan karakter Android yang baru bakal muncul di perangkat Android dan di lebih banyak tempat mulai tahun ini.

Pengguna diyakini akan melihat desain baru Android setelah peluncuran versi stabil dari Android 14 dalam waktu dekat.

Google dijadwalkan menggelar acara peluncuran "Made by Google" pada 4 Oktober 2023, di New York City.

Panggung tersebut diyakini disiapkan untuk peluncuran ponsel Pixel 8 series terbaru. Selain itu, Google juga diyakini akan meluncurkan Android 14 versi stabil dalam acara yang sama.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com