Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Cara Mengetahui Kapasitas RAM di HP Android

Kompas.com - 26/08/2023, 10:01 WIB
Oik Yusuf,
Reza Wahyudi

Tim Redaksi

Sumber Lifewire

KOMPAS.com - Seperti di perangkat PC desktop atau laptop, smartphone juga dibekali dengan memori utama alias RAM (Random Access Memory) untuk memuat aplikasi yang dijalankan.

Semakin besar kapasitas RAM, semakin banyak pula aplikasi yang bisa dijalankan secara bersamaan. Karena itu aspek spesifikasi tersebut penting untuk mereka yang sering melakukan multitasking, terutama di ponsel Android.

Baca juga: Fungsi RAM di HP dan Alasan RAM Android Harus Besar

Apabila belum diketahui sebelumnya, bagaimana mencari tahu kapasitas RAM yang dimiliki oleh perangkat Android? Ada beberapa cara yang bisa Anda lakukan. Berikut ini penjelasannya, sebagaimana dihimpun KompasTekno dari LifeWire.

Cara mengetahui RAM Android dengan aplikasi Settings di ponsel

Vendor ponsel Android menggunakan antarmuka masing-masing untuk perangkatnya. Tampilannya pun berbeda-beda, tapi biasanya keterangan kapasitas RAM dicantumkan di menu "About" di aplikasi Settings.

Jadi, pengguna tinggal membuka Settings, kemudian mencari opsi "About" dan membukanya untuk mengakses keterangan tentang spesifikasi perangkat, termasuk RAM.

Baca juga: HP Android dengan RAM 24 GB Bermunculan, Sudah Perlu atau Gimik?

Beberapa antarmuka mungkin menyembunyikan informasi spesifkasi hardware lebih dalam di menu lain. Misalnya, di MIUI Xiaomi, pengguna harus memilih opsi "Detailed info and specs" di dalam "About" untuk melihatnya.

Keterangan kapasitas RAM di ponsel dengan antarmuka ColorOS (kiri) dan MIUI. KOMPAS.com/ OIK YUSUF Keterangan kapasitas RAM di ponsel dengan antarmuka ColorOS (kiri) dan MIUI.
Vendor Android lain ada yang menyediakan aplikasi maintenance untuk melakukan perawatan perangkat dan turut menampilkan keterangan kapasitas RAM, misalnya aplikasi Device Care dari Samsung seperti tampak dalam foto di awal artikel ini.

Ponsel Android modern umumnya juga dibekali fitur virtual RAM. Ini sebenarnya bagian dari media internal (storage) yang dialokasikan untuk menampung kelebihan data program apabila tidak cukup dimuat di memori utama.

Cara kerjanya mirip dengan page file atau virtual memory di komputer. Kecepatan virtual RAM jelas lebih pelan dari memori utama sehingga tidak bisa menggantikan RAM dalam hal kinerja.

Virtual RAM biasanya ditandai dengan simbol "+" setelah keterangan kapasitas RAM. Misalnya tercantum keterangan "12 GB + 3 GB", maka ponsel tersebut memiliki memori utama sebesar 12 GB, ditambah virtual RAM 3 GB.

Cara mengetahui RAM Android dengan Developer options

Apabila tidak tercantum di menu "About" di perangkat, Anda bisa coba mencari tahu kapasitas RAM dengan mengaktifkan Developer options.

Caranya adalah dengan melakukan tapping beberapa kali di keterangan build number sistem operasi di menu "About" sampai muncul notifikasi yang lebih kurang berbunyi "Congratulations, you are now a developer!"

Baca juga: 2 Cara Cek Kecepatan RAM Laptop Windows 10

Keterangan kapasitas RAM dan penggunaannya oleh aplikasi di Developer options ponsel dengan antarmuka EMUIKOMPAS.com/ OIK YUSUF Keterangan kapasitas RAM dan penggunaannya oleh aplikasi di Developer options ponsel dengan antarmuka EMUI
Aplikasi Settings ponsel akan menampilkan menu baru bernama Developer options. Anda bisa mencarinya dengan mudah lewat kolom search di Settings.

Tampilan dan opsi yang tersedia di Developer options bervariasi antar merek dan tipe ponsel. Anda bisa coba mencari opsi bernama "Memory" atau sejenisnya, misalnya dalam contoh di samping yang menggunakan ponsel berantarmuka EMUI.

Di sini akan ditampilkan informasi kapasitas RAM, berikut jumlah memori yang dipakai oleh aplikasi dan yang masih tersisa.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com