Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Fitur Close Friends Instagram Akan Diperluas ke Luar Stories?

Kompas.com - 07/09/2023, 08:01 WIB
Caroline Saskia,
Reska K. Nistanto

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Instagram (IG) tampaknya bakal memperluas fitur Close Friends ke luar Stories, yakni ke timeline Feed.

Fitur tersebut memungkinkan pengguna meng-upload foto/video di lini masa, dan bisa diatur agar hanya bisa dilihat teman-teman terdekat, alias “Close Friends”.

Pembaruan ini diketahui oleh salah seorang kreator dari newsletter ICYMI, Lia Habermen. Merujuk pada unggahannya di Twitter, ia mengumumkan bahwa Instagram menghadirkan fitur berbagi konten dengan cara yang baru.

“Meluncur di Instagram, (mengunggah) kontem feed ke Close Friends. Hal ini diketahui dari unggahan seseorang yang berada di Inggris. Hal ini menjadi cara baru bagi pengguna, selain di Stories ataupun DM (Direct Message), menciptakan pengalaman feed Close Friends,” tulis Haberman (@liahaberman).

Baca juga: Instagram dan Facebook Bakal Ada Versi Berbayar?

Sejumlah pengguna akan menemukan kolom “Audience” yang baru saat ingin mengunggah konten Feeds di Instagram. Kolom tersebut terdapat di bawah menu caption (takarir) sebelum pengguna mengunggah konten Feeds.

Tampilan dari fitur Audience yang baru di InstagramTwitter/Lia Haberman Tampilan dari fitur Audience yang baru di Instagram

Tepatnya, kolom “Audience” akan berada di menu “Add Location” dan “Add paid partnership label” (menu ini hanya muncul khusus untuk akun kreator atau akun bisnis). Jika menu tersebut diklik, pengguna dapat memilih siapa saja yang boleh melihat unggahan tersebut.

Pilihan yang tersedia antara lain “Everyone” (semua orang atau publik) dan “Close Friends”. Ketika pilihan kedua dipilih, pengguna dapat memilih siapa saja akun yang boleh melihat unggahan tersebut. Cara kerjanya mirip seperti Instagram Stories.

Baca juga: Twitter Circle Meluncur ke Semua Pengguna, Fitur Mirip Instagram Close Friends

Instagram memberitahu bahwa pengaturan fitur Audience ini tidak akan memengaruhi privasi akun Instagram seseorang, atau mengubah preferensi berbagi konten di Facebook.

“Ini (fitur Audience) tidak akan memengaruhi privasi konten Anda, yang bersifat publik ataupun mengubah preferensi berbagi (konten) apapun di Facebook,” tulis Instagram.

Sebagai informasi, fitur Close Friends hanya tersedia di Instagram Stories. Dengan mengaktifkan fitur tersebut, pengguna bisa memilah mana saja akun mana saja yang bisa melihat unggahan Instagram Stories milik Anda.

Perbedaan Stories biasa dengan Close Friends dapat dilihat dari warna garis lingkaran yang muncul di luar foto profil pengguna.

Garis lingkaran berwarna gradasi ungu dan kuning mengindikasikan Stories dibagikan secara umum (publik) atau ke seluruh pengguna, sedangkan lingkaran hijau berarti Stories dibagikan hanya ke Close Friends.

Bereksperimen dengan fitur baru

Sejauh ini, Instagram sudah bereksperimen dengan sejumlah fitur baru untuk meningkatkan pengalaman penggunanya. Mulai menghadirkan fitur Close Friends di IG Stories, memperbolehkan pengguna menggembok akunnya (private account), dan sebagainya.

Dilansir dari Social Media Today, seperti yang dikutip KompasTekno, Kamis (7/9/2023), CEO Instagram Adam Mosseri menyebut bahwa pengguna Instagram kini lebih banyak berbagi konten melalui DM Instagram ketimbang Feeds ataupun Stories.

Baca juga: 2 Trik Menyembunyikan Followers di Instagram agar Lebih Privat

Melihat data yang tersedia, tim Instagram pun mencoba mengembangkan fitur-fitur baru, termasuk konten kolaborasi bersama akun lain (Add Collaboration), menyimpan konten bersama dengan teman (Saved Collections), dan sebagainya.

Kini, pengguna dapat membatasi akses konten Feeds yang dibagikan. Hal ini menunjukkan bahwa Instagram ingin berfokus untuk meningkatkan kenyamanan dan keamanan penggunanya di dalam platform.

Semakin tinggi tingkat keamanan dan kenyamanan yang ada, pengguna disebut lebih "pede", alias terdorong untuk saling berbagi konten. Apalagi konten yang dibagikan hanya dapat dilihat oleh orang-orang terdekat atau orang yang dipercaya.

Kendati begitu, pantauan KompasTekno, fitur ini masih belum tersedia di Indonesia. Namun, sepertinya Instagram tengah menggelontorkan fitur ini secara berkala ke seluruh pengguna.

Anda bisa melakukan pembaruan Instagram secara berkala di toko aplikasi resmi Google Play Store ataupun Apple App Store.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com